Wednesday, September 28, 2005

Seperti Star Trek...

Tadi siang di kantor ada presentasi ttg hardware untuk video conference. Emang keren abis sih...

Selama ini di kantor lebih banyak menggunakan Net Meeting untuk video conference, maklum deh... murah meriah, perlengkapan standar Windows. Tapi, Net Meeting itu kompresinya kurang baik, jadi kalo manajemen bandwidth-nya gak bagus, videonya jadi patah-patah, yaa... kayak annisa bahar lah...

Para presenter ini, dari Telkom dan dari agen-nya Tandberg (produsen hardware video conference), bilang bahwa biasanya tim Manajemen gak mau tauk yang namanya bandwidth liliput dan disharing dengan aplikasi SAP dan lain-lain (SAP yang diprioritaskan, begitu ada yang pake SAP, maka lain-lainnya langsung tersingkir) , buat mereka kalo videonya patah-patah itu artinya sambungannya jelek, ujung2nya yang disalahin: Telkom (ini kata mereka loh...).
Setelah itu keluarlah kalimat yang aku tunggu-tunggu: Mereka maunya video yang bersih, real-time, seperti... seperti... Star Trek!!!

That's it!! Aku juga berpikir seperti itu beberapa minggu yang lalu, waktu pertama kali bisa video conference point-to-point via Net Meeting (dan menghabiskan seluruh bandwidth, menurut MRTG). Hmm... kok jadi seperti Star Trek yah... bisa saling melihat lawan bicaraku di ujung Net Meeting sebelah sana.

Biasanya kan seperti ini:
Picard : "Open a channel, Mr.Worf"
Worf : "Opening hailing frequencies.... Channel open, Sir"
Picard : "On screen..."
Dan TUING!! Di viewscreen-nya USS Enterprise terlihat alien lagi meringis siap mengucapkan salamnya...

Jaman hobi banget nonton Star Trek dulu (SMP-SMA), sama sekali gak kepikir loh bahwa kita bisa menikmati hal seperti itu secepat ini. Oke lah... gak bener-bener seperti Star Trek, ada beberapa perbedaan:
1. Layarnya netmeeting liliput kalo dibandingin viewscreen-nya Enterprise.
2. resolusi gambarnya gak sebagus di Enterprise, kadang2 kotak-kotak... ya tapi lumayan sih... paling enggak kalo lawan bicara di sebrang ngupil secara illegal, kita bisa lihat.
3. Kita gak open hailing frequencies, karena "channel"-nya sudah pasti... tinggal call nomor IP sajah. KRRRIIINNGG...

Kembali ke presentasi tadi... dari contoh yang mereka tunjukkan, memang seperti Star Trek, gambarnya bersih, lumayan real-time, dan bisa digedein gambarnya (NetMeeting bisa juga sih, tapi ntar jadi kotak-kotak)... salah satu penggunanya adalah pak Polisi, alias Mabes Polri. Keren juga...

Yah begitulah, namanya juga teknologi, kadang2 gak terduga... sesuatu yang kita pikir: "Aahh... masih lama..." ternyata tiba-tiba sudah di depan mata. Selain video conference... mungkin ada contoh lain yang cukup menarik perhatianku: PADD. Di Star Trek: The Next Generation, ada yang namanya PADD, komputer kecil yang digunakan untuk bekerja, kira-kira sebesar buku block note. Nah... jaman sekarang ini, PADD itu sudah ada, wujudnya adalah barang yang biasa kita sebut PDA... Jadi, kapan ya transporter ada? Huekekekekek... mimpi kali yee...

No comments: