Thursday, September 29, 2005

Not an Ordinary Day: Ancaman Bom

Sesampainya dari makan siang di Babe Lili, aku leyeh-leyeh sebentar… sebelum mengerjakan kuesioner kepuasan user dan front-end SAP lagi… Tiba-tiba, pak Penceng dkk (dari div. Usaha Baru) jalan ke arah lift bawa tas sambil bilang: “Ayo beres-beres!! Pada turun!! Ini ada ancaman bom di lantai 3…” Tampangnya serius banget…

Kita orang-orang MTI yang baru pulang makan siang gak langsung percaya… pak Meinur bahkan berkomentar: “Wah orang pada mau dinas ke Bogor, bilang-bilang ada ancaman bom segala…”

Loh..loh.. tapi kok orang-orang Usaha Baru semuanya pada kukutan, kecuali pak Bambang, yang malah bikin joke tentang ancaman bom itu.

Rupanya tadi di lantai 10 ada telepon masuk yang mengatakan bahwa di lantai 3 ada bom. Nah pak Bambang bilang: “Bukan di lantai 3 ada bom, tapi di lantai 3 ada BOKS… kan di lantai 3 emang tempatnya kantin, wajar lah kalo ada boks makanan…” GUBRAK…

Aku dan Adji malah ikut ngetawain pak Bambang, sampai ada pengumuman via pengeras suara yang memerintahkan semua penghuni gedung Kwarnas untuk turun melalui tangga darurat, karena adanya ancaman bom itu… seluruh gedung akan disisir.

Kita semua yang tadinya ketawa, langsung diam semua. Saling berpandang-pandangan. Ini… kok ternyata serius?? Oh, sungguh tak dapat dipercaya!!

Aku dan Adji langsung bebenah laptop masing-masing, memasukkannya ke lemari laptop, beberes tas dan meja (dengan makanan berserakan di atas meja)… hmm… ternyata memakan waktu gak sebentar… Bahkan Adji sempet membungkus Brownies Kukus dari pak Bambang… buat oleh-oleh… kemudian pada saat pengumuman dibacakan kedua kalinya, baru lah kita pergi meninggalkan lantai 10, lewat tangga darurat.

Oh nnooo…. Tangga darurat, let’s say… Mini Huangshan… lumayan juga jadi agak pegel-pegel dengkulnya. Untung hanya dari lantai 10.

Setelah turun, kita bergerombol di jalan di depan lobby. Gak lama, diusir pake halo-halo, katanya mesti pindah ke pintu utama yang berada di balik auditorium gedung Kwarnas. Iya juga sih… kalo emang ada bom beneran di lantai 3, orang yang ada di pintu utama peluang selamatnya lebih besar daripada orang yang ada depan lobby.

3 mobil dari tim Gegana pun berdatangan, begitu juga tim pemadam kebakaran (punya Pertamina sendiri), juga Ambulans (dari klinik Pertamina Gambir), dan yang agak menyebalkan: wartawan… oh yeah… Kwarnas jadi sensasi…

Aku tadinya berdiri menunggu di dekat pos satpam, sampai waktu tim Gegana datang, si Adji ngajak pindah ke dekat pintu masuk Auditorium. Kemudian aku duduk di pinggiran taman… Hmm… antara sebel (aku ngerasa ini gak beneran, ada yang iseng doang), tegang (eh kalo ternyata beneran, gimana?), excited (wah… jarang-jarang nih dapet pengalaman kayak hari ini…), semuanya campur jadi satu… Yang jelas sih… capek banget…

Sekitar jam 2 lebih sedikit, gedung dinyatakan aman… yah… syukurlah ternyata gak ada bom… Kita harus kembali lagi ke atas, lewat lift-lift yang ngantrenya luar biasa itu. Dan herannya… kok lift direksi gak diaktifkan sih buat ngangkut orang-orang. Sekali-sekali doang… biar lebih cepet…

Yang pasti, sampai di atas sudah gak bisa kerja lagi… akhirnya aku leyeh-leyeh saja di tempat mbak Ray (lantai 11)… si Adji malah nonton tipi di tempat Helpdesk… hehehe… Jam ½ 4, kita pulang… tumben-tumbenan Jl. Medan Merdeka Timur lengang. Biasanya kalo ada demo, jalan itu pasti macet, pernah juga sampai orang-orang di kantor terpaksa meninggalkan mobilnya di parkiran, pulang naik kendaraan umum.

Oh yeah… definitely not an ordinary day…

No comments: