Thursday, September 22, 2005

Jakarta: Traffic Jam on Your Doorstep

8 tahun yang lalu, pulang dari les balet (jam 5-6 sore), biasanya jl.Kuningan macettapi setelah melewati perempatan Mampangbebas deh dari kemacetan. Jarang sekali Jl.Buncit itu macet. Sekarang? Di sore hari, jam pulang kantor, kita baru terbebas dari kemacetan setelah belok di jl.Amil, kira-kira 250m dari rumah. Kalo pagi jam ½ 7... kira-kira 150m dari rumah, di jl.Amil pun sudah disuruh antri. Bener-bener „traffic jam on my doorstep“, tapi sebenernya bukan traffic jam kali ya... melainkan traffic chaos… Semakin lama semakin amit-amit lalu lintas di Jakarta, semakin gak sopan, semakin nggilani, semakin ruwet, semakin gak tauk yang namanya toleransi dan saling menghargai (sesama pengendara). Perjalanan dari kantor-rumah seringkali jadi menyebalkan dan melelahkan (padahal cuma 12 km loh, bandingkan dengan yang rumahnya di Depok atau Cinere, wuahpasti lebih parah lagi). Yeah… emang hanya 12 km, tapi kalo diitung-itung point of kemacetan-nya banyak juga. Misalnya kantorku di Kwarnas nihmari kita hitung point of kemacetan dari Kwarnas sampe ke Buncit Indah…

  1. Lapangan Banteng.

Keluar dari Kwarnas kita harus muter dulu lewat Jl.Perwira, terus lewat Lapangan Banteng, baru masuk ke Jl.Pejambon. Sejak ada pameran Flora dan Fauna di lapangan Banteng (Agustus 2005), jl. Perwira dan lapangan Banteng selalu macet. Entah kenapa… sekarang pameran Flona-nya sudah selesai, tapi jalan itu tetap ngantre.

  1. Jl. Medan Merdeka Timur-Patung Tani-Jl.Menteng Raya

Sebenernya ini 3 point of kemacetan, tapi berhubung sambung-menyambung dan tak terpisahkan... jadi aku jadikan 1 saja. Dari jl. Pejambon, belok ke Medan Merdeka Timur. Biasanya di situ ngantre, sampe ke Patung Tani. Nanti di Patung Tani kita rebutan ada yang mau ke Senen, ada yang mau ke arah Cikini, saling silang gak karu-karuan, yah... ujung-ujungnya ya ngantre. Tapi masih bagus lah, asal gak deadlock... kalo udah deadlock, ya sudah... mobilnya ditinggal saja di kantor… 3 point of kemacetan ini bisa bersambung ke macetnya Lapangan Banteng, dan akhirnya membuat lingkaran kemacetan. Biasanya itu terjadi kalo ada demo, padahal demonya paling di istana, atau di suatu tempat yang gak terlalu dekat dari daerah situ. Dari patung tani, kita belok ke Menteng Raya, yang ini sih gak jelas kenapa selalu padat kalo sore hari, mungkin simply karena debit kendaraannya terlalu tinggi.

  1. Jembatan Kuningan

Yang ini sih gak selalu macet... kalo cukup siang (jam ½ 4 udah cabs dari kantor), biasanya masih kosong... tapi kalo lagi kumat, macetnya bisa sampe ke masjid Sunda Kelapa.

  1. Kedutaan Australia

Yang ini juga heran... sebenarnya sudah lama jalur lambat di depan kedutaan Australia dibuka untuk umum, tapi tetep aja di depan kedutaan Australia selalu ngantre. Mungkin juga karena pembangunan monorail.

  1. U-Turn di depan DepKes

Yang ini sih karena orang ngantre mau muter.

  1. Perempatan Kuningan-Gatot Subroto

Yang ini mah dari dulu-dulu pas jaman aku SMA, sudah macet, terutama di atas jam 5. Kalo sekarang sih tergantung mood-nya Kedutaan Australia. Kalo di kedutaan udah macet, biasanya perempatan Kuningan-Gatsu gak terlalu macet. Kalo kedutaan lancar, perempatan Kuningan-Gatsu lumayan macet. Tergantung debit mobil tertahan di mana...

  1. Perempatan Mampang-Tendean

Mulai dari sini... kita masuk ke Jl.Buncit yang setiap perempatannya adalah point of kemacetan.

  1. Perempatan Wilma
  2. Perempatan Duren Tiga
  3. Perempatan Duren Tiga 8

Sekitar satu tahun yang lalu, selepas lampu lalu lintas Duren Tiga, biasanya sudah tidak macet. Di depan Kantor Imigrasi Jakarta Selatan tuh jarang macet kalo sore. Tapi sekarang tidak lagi... bahkan sampe jam 11 malam pun kadang masih macet.

  1. Mau masuk jl.Amil... (aslinya: perempatan Republika)

Kalo lagi kurang beruntung, Macetnya perempatan republika itu bisa sampai ke depannya Papa Ron. Kalo dari jauh udah keliatan macet gitu, biasanya langsung belok ke Jl.Warung Jati, masuk Buncit Indah dari arah lain... tapppii... bukan berarti terbebas dari kemacetan... Di jl. Siaga pun penuh dengan macet. Mau belok ke jl.Amil aja ruwet... kadang-kadang deadlock juga.


Yah begitu lah jreng, JAKARTA.... kayaknya udah gak sanggup lagi menampung para penghuninya beserta kendaraannya.... konon kabarnya di downtown-nya Jakarta (bukan Jabotabek atau the Greater Jakarta loh), populasi bisa mencapai 20jt kalo siang hari. Andaikan public transport di Jakarta lebih memadai, pasti orang-orang lebih memilih public transport. Btw, busway tuh merupakan inovasi yang lumayan siph loh...duile... rasanya seeennnneeeennnggg banget kalo lagi naik busway trus memandang ke jalan biasa yang lagi macet.

Hayuk kita rame-rame pindah aja ke kota lain...

No comments: