Friday, September 23, 2005

Lagu-lagu Sunda PSM-ITB

Di posting sebelumnya, aku bilang bahwa aku pernah mengira lagu Leleng itu berasal dari Sunda, padahal ternyata dari Batak. Nah... hal serupa terjadi lagi, tapi sebaliknya...

Kemaren itu, pas lagi bongkar-bongkar tumpukan CD, aku nemu bundle CD PSM-ITB Dari Masa Ke Masa... album itu terdiri dari 3 CD, isinya rekamannya PSM-ITB dari tahun 1975 sampai dengan 2003. Dari mulai yang direkam pake tape recorder biasa, sampe pake sound system canggih. Ada yang diambil mentah-mentah, ada yang di-mixing sampe keliatannya bagus banget padahal aslinya biasa ajah.

Berhubung lagi mengasimilasi kebudayaan Sunda. Aku cobain tuh lagu-lagu Sunda-nya. Ada Batminton, dinyanyikan tahun 1989, rekamannya jelek banget. Trus ada lagi Pileleuyan, direkam tahun 1990, dari lomba Vokal Grup di Semarang. Terakhir ada Cing Cangkeling, yang ini tahun 1997, sudah pake peralatan canggih, dan aslinya sudah dijual dalam bentuk CD.

Komentarku ttg lagu2 itu:
- BATMINTON...
Yaa... seperti layaknya lagu Batminton yang pernah aku nyanyikan. Suasana pertandingan batminton di kampung terasa sekali di lagu itu. Iringan piano-nya juga seperti yang pernah aku bawakan (sebenernya aku nyontoh partiturnya Aan Anita sih, sedangkan Aan sendiri nyontoh rekaman itu).
- CINGCANGKELING
Rekamannya bersih... suasananya pasar burung kali ya... karena terlalu banyak siulan liar di intronya (hampir semua penyanyi cowok yang tidak lagi nyanyi berlomba-lomba bersiul menirukan burung).
-PILELEUYAN
Nah ini dia... intronya jazzy banget, tapi gak kehilangan nuansa Sunda (tangga nada-nya tangga nada pentatonis Sunda). Pasti pianis-nya beraliran jazz deh...
Sayangnya rekamannya juga jelek. Pasti source-nya dari kaset biasa, dan ngerekamnya jangan-jangan juga pake tape recorder.

Karena unik, aku kirimkan file Pileleuyan itu ke salah satu sparing partner bahasa Sunda-ku. Tapi aku gak bilang kalo itu lagu Pileleuyan. Komentarnya agak bikin terkejut... Kira-kira percakapannya seperti ini:

"Lagu apa sih Git?"
"Duh, masa' sih gak kenal... Intronya udah denger? Keren kan pianonya... yang main pianis jazz kayaknya tuh..."
"Iya intro-nya bagus. Jazzy gitu ya... itu lagu apa git? Paduan suara apaan sih? Gak jelas gitu..."
"Hehe... paduan suara apa ya... hehehehe...." (karena katanya gak jelas, gak mau langsung ngaku dunk!)
"Dari Bandung ya?"
"Hehehehe... iya... paduan suara dari bandung..."
"Oo... pasti paduan suara ITB ya..."
"Hehehehehehehee.... iya itu tahun 1990 loh, bukan di atas tahun 1998. lagian ngerekamnya pake tape recorder, jadi gak jelas... tapi intronya keren kan?" (yah, kok aku nanya intro lagi, ketauan banget, abis melakukan pembelaan diri...)
"Tapi lagu apa sih Git?"
"Justru itu, tugasmu untuk menebaknya..."
"Lagu apa donk?...Hmm... kedengerannya sih kayak Lagu Batak..."
GUBRAK!!!

Jadi, karena Leleng = Lagu Sunda, Pileleuyan = Lagu Batak: Kesimpulannya lagu Sunda emang mirip lagu Batak dunk!!

Duh, kok jadi garuk-garuk kepala nih...

3 comments:

Credo said...

quote: "ada yang di-mixing sampe keliatannya bagus banget padahal aslinya biasa ajah."
[mode:Anak Bandel ON]
--> keliatannya? "kedengengarannya" kali :p
-->Batminton? Badminton kali :p

Hwahaha.. itu lagu Leleng-nya Batak, klo versi Sundanya pasti jadi berjudul "Leuleung" ^0^

jukie said...

Huahahahahahaha --> ngetawain credo bukan kak gita (kalo amrita laksgi dipanggilnya mita yah?)

Mike said...

well, should be heard what they sing it in live.