Thursday, September 08, 2005

Liburan ke Bandung

Lucu juga, akhirnya aku menulis ttg LIBURAN KE BANDUNG. Selama kuliah, aku suka sebel sama orang2 Jakarta yang ke Bandung sebagai tujuan wisata (wisata belanja, wisata boga). Menuh-menuhin ajah, bikin macet, kalo belanja kan bisa ke Mangdu, lebih murah pula. Kalo aku... biasanya lebih banyak nongkrong di PSM, atau diem aja di rumah. Kalopun jalan-jalan, paling ke tempat2 langganan saja, seperti waktu aku dinas 2 minggu lalu. Itupun lebih banyak bareng anak PSM.

Weekend ini adalah China Kedua buat aku: Keliling Bandung, dengan alat transportasi utama KAKI dan ANGKOT. Aku jadi mengalami THE BANDUNG EXPERIENCE dari kacamata orang2 Jakarta yang datang ke Bandung sebagai tujuan wisata.

Yang unik... waktu aku hampir menyelesaikan the experience itu, seorang teman, si WENK, bilang begini: ”Gue jadi ngerti kenapa orang2 Jakarta itu pada berbondong-bondong ke Bandung kalo libur 3 hari... ternyata hidup di Jakarta itu keras.” Wenk ini baru saja pindah ke Jakarta, setelah dari lahir sampai 1 bulan lalu tinggal di Bandung. Hmm... mungkin memang itu sebabnya aku menikmati sekali menjadi salah satu dari orang2 yang dulu aku sebeli.

Ttg Kereta Api
Kereta Api ke Bandung, sekarang tiketnya mudah didapat. Setelah mencari-cari travel sejak hari Selasa dan gak dapet-dapet (Dian Travel dan Xtrans yang lagi ngetop), akhirnya hari Rabu aku mencoba ke stasiun Gambir. Biasanya sih... kalo mau libur 3 hari gitu, sejak seminggu sebelumnya tiket sudah habis. Harapan terakhir adalah ngantre pada hari-H. Tapi... kali ini... aku bisa dengan mudahnya dapat tiket KA Parahyangan Executive, masih dapat di gerbong 1, nomor 9A. Aku bingung, garuk2 kepala jadinya... Sampe konfirm lagi ke mbak-mbak di loket:

Aku: Ini beneran buat hari Kamis sore? Kok gampang banget sih dapetnya?
Si Mbak: Bener mbak, sekarang emang kereta ke Bandung udah gak penuh lagi.

Besoknya... keretaku berangkat tepat waktu jam 16.30. Tapi sayang, agak jorok keretanya.... ah tapi yang penting selamet sampe di Bandung sih. Awalnya keretanya berasa lambat banget. Udah 1 ½ jam baru nyampe Cikampek. Setelah lewat Cikampek, baru deh dia agak ngebut. Sampe Bandung lumayan tepat waktu.

Yang menyebalkan adalah sinyal HP-ku... seperti biasa kalo lewat di terowongan Sasaksaat, langsung hilang sejenak, syuutt... ntar kira-kira sebelum di Padalarang tuh sinyal penuh lagi. Kali ini tidak begitu... Udah sampe padalarang... tetep gak naek, HP-nya aku reset sampe 4-5 kali gak ngaruh. Sampe di stasiun Bandung masih belum naik. Aku naik angkot dan berhenti di Jl. Sangkuriang, masih belum. Bahkan aku belok ke Jl. Cisitu Baru, masih belum juga. Baru setelah aku belok ke Jl. Cisitu Baru Dalam (kira-kira 100 meter dari rumah jreng), baru deh muncul sinyal yang kutunggu-tunggu.... Uuugghhh... gimana seehh....

Ttg kampus
Kampusku tercinta, tempat aku menghabiskan jaman-jaman jahiliyah... BTW, agak2 kuper aku ternyata... masa’ setelah bertahun-tahun hidup disitu, aku baru tauk dari Dedy (anak ITS gitu loh...), bahwa ubin di koridor antara Labtek TK dan Bio itu bentuknya double helix dan sengaja dibuat memantul ke rumah kacanya Biologi. Apalagi ya? Oya... spot resonansi yang ada di pinggir taman Oktagon-TVST. Hehe... kalo spot itu sih... di sore hari dikuasai sama anak-anak yang maen skateboard.

Wajah kampus sudah berubah, sejak boulevard dan Student Centre berubah wujud jadi Campus Centre yang desainnya kayak Mall itu... sejak Gedung Bengkok dirubuhkan dan berubah wujud jadi kantin. Huhuhuhu.... Gedung Bengkok-ku... tempat aku kebanjiran, tempat aku tidur siang di sela-sela jadwal kuliah, tempat aku nongkrong sambil nyanyi dangdut sampe serak pake kendang Aqua Galon, tempat aku sering curhat, tempat aku sering bikin konser (just piano dan anak-anak PSM, menyanyikan lagu-lagu The Sound of Music, soundtracknya film Disney, atau bahkan lagu-lagu Westlife), tempat aku maen truf dan capsa, tempat seminar hari Rabu.

Hari itu (2 Sept 2005) kampus sepi sekali... hanya ada 1 himpunan yang lagi OS, mungkin karena libur nasional. Waktu nungguin sholat Jum’at, aku sempet duduk diam di dekat Gerbang Ganesha... menikmati sepinya kampus. Hey...I’ve never done that before... Di saat damai di kampus gitu, jadi malah terbayang saat2 ramai di Gerbang Ganesha: Waktu Megawati datang dan orang2 pada demo di situ, waktu Pasar Seni ITB, waktu Bazaar IMG, waktu OSKM 98, dan tentu saja... gak ketinggalan: waktu Festival Paduan Suara ITB.

Kita keliling kampus, jalan kaki... ke Gerbang.... ngintip Aula Barat dari kejauhan, Aula Timur, lewat selasarnya LFM (yang baru direnov pake gaya Jepang), terus lewat di jalan penggantinya Boulevard (yang di sebelah Plaza Planologi), ke IF, lewat kantin borju, terus ke FT, abis itu balik ke tengah lagi, mengunjungi spot resonansi ajaib itu... entahlah itu efek resonansi, atau pemantulan...yang jelas, suara kita jadi stereo kalo bicara di situ. Terus ke ex-Gedung Bengkok, ke GKU Baru (foto-foto dulu), lewat TPB, ke Labtek Bio-TK, terus ke sekre Menwa (trying to say hello to Acong), lewat Perpus, dan keluar dari pintu belakang. Btw, ucapan selamat lulus buat Acong ternyata ditempel dimana-mana sama anak-anak Menwa, wah... celeb banget dia....

Ttg outlet2 di dago
Aku iseng-iseng melihat mobil-mobil yang parkir di depan outlet yang aku lewati, hmm... ternyata awalannya B semua... gila ini orang2 Jakarta (hihihi... speak for yourself, Git!!).
Mantan kost-annya Aan dan Iin, sekarang udah jadi outlet gede banget. Tapi ya gitu sih... rata-rata barangnya sama semua... itu lagi... itu lagi.... dan ternyata ketika aku membeli tas komik Star Trek, mm... Ndulo bilang pernah liat di Klapa Gading, meskipun memang di outlet Bandung harganya lebih murah.

Ttg Columbia
Salah satu tempat yang gak asik, tapi aku suka... karena dia jual yoghurt yang benar-benar yoghurt. Viskositasnya tuh cukup tinggi... After all these years, kok harganya masih Rp3500 juga ya? Belum ada penyesuaian harga....

Ttg Lomie Imam Bonjol
Tempat makan lomie di Imam Bonjol, sekarang udah jadi food court dengan berbagai macam jajanan.Tapi kemarin itu, si pak lomie-nya gak jualan, mungkin karena libur. Aku makan ini aja: es kelapa susu, meskipun kelapanya gak selembut dulu lagi, tapi tetep aja sih... kalo dibandingin es kelapa di tempat lain, kelapa di tempat lomie itu memang tergolong lembut banget, muda banget.

Ttg BIP & Johnny Antrean Training Centre
BIP mau berubah wajah juga (kayak ITB)... lagi direnovasi bagian depannya. Tadinya mau krembong di training centre-nya Johnny Andrean, tapi ternyata training centre itu namanya sekarang Johnny Antrean... yang antre di depan kita ada 9 orang!! Jadi gagal deh...

Aku jadi inget waktu jamannya KP tahun 2001. Ceritanya baru 2 minggu KP di Jakarta, lagi agak2 bete gitu. Begitu balik ke Bandung.... langsung masuk Johnny Antrean Training Centre itu. Nge-highlight rambut jadi blondie... huekekekekek... dikerjainnya dari jam 11 sampe jam 4... huekekekek.... lama betul... Dari mulai dikeramas... terus dikeringin, abis itu dibungkus satu2 pake aluminium foil, dah gitu bagian yang mau dicat dibleaching. Nah... pem-bleachingan ini juga bermasalah... karena 6 bulan sebelumnya aku habis dicat warna Blue Black... jadi lama banget tuh si bleaching... ngilangin warna cat-nya dulu, baru dah itu ngilangin warna rambut aslinya. Abis dibleach, masih dicat lagi pake blondie tadi... terus disteam, biar meresap katanya.... dah gitu dikeramas lagi, terus di-blow... dan...TUING-TUING!! Jadilah bule kampung.... :-D

Ttg BEC
Gak ngerti ya... aku kok gak pernah berhasil mendapatkan sesuatu di BEC ini, kecuali makan tentu sajah... hehehe... Tahun lalu pernah tertarik sama webcam, tapi... akhirnya gak jadi, malah beli webcam di Mangdu. Terus pernah juga nyari wireless adapter, tapi gak nemu yang sesuai, akhirnya beli di Mangdu juga.

Ttg Istana Plaza
Kalo IP, dari awal dia baru buka, aku sudah cocok... Mesti aja kalo ke situ dapet yang aku cari. Kemaren itu, pas di foodcourt, akhirnya (setelah bertahun-tahun), aku dapet duduk tepat di sebelah kacanya arena Ice Skating.

Buat aku, IP punya cerita tersendiri. Judulnya: Ndorong Angkot... Di tengah tahun 2002, waktu lagi persiapan Festival Paduan Suara ITB, aku, NDC, dan Dhanie pergi ke IP untuk menemui mas Indra Listiyanto (salah satu juri di FPS ITB waktu itu). Pulangnya sudah malam, kita naik angkot Cicaheum-Ciroyom. Gak jauh dari IP, di perempatan Pasir Kaliki-Pasteur, angkotnya mogok!! Para penumpang yang nggak banyak itu (Cuma kita bertiga, sama 2 orang lagi rasanya) akhirnya turun dan kemudian mendorong angkot... kecuali aku. Hihihi... tadinya aku sudah mau turun, tapi terus baru nyadar kalo aku lagi pake sepatu dengan hak 5 cm, dan rok. Jadi salting sendiri gitu akhirnya... sebelum aku sempat memutuskan mau ikut turun dan mendorong atau enggak, para penumpang pria itu udah keburu on action. Jadilah aku tetap di dalam angkot yang didorong itu. Huehehehehe...Setelah beberapa kali percobaan, angkotnya gak mau nyala juga... akhirnya kita pindah angkot... Keesokan harinya, aku menulis lagu based on Encore! – Lagu yang dinyanyikan di Konser 2002. Liriknya yang ”Sing an Encore! Encore! One More Time!!” aku ubah jadi ”Ndorong Angkot! Angkot! One More Time!”. Khusus aku persembahkan buat Dhanie dan NDC.... ya itu salah satu suka duka jadi panitia festival.

Ttg Café-nya hotel Geulis
Cafe Geulis, masih seperti yang dulu.... remang-remang (sebenernya hemat listrik apa gimana?), tapi pemandangan keluar cafe: ya jalanan macet. Hehehe...
Di sini, mataku sempet kepedesan gara-gara kena asap dari lilin cair yang ditaroh di setiap meja. Gak tauk ya... lilin begituan kan ditaroh di situ untuk menambah suasana romantis, tapi aku selalu terganggu... abisnya takut tumpah lah, takut kesenggol lah, yang sekarang: kelilipan... hihihihi...
Sebenernya, specialty dari cafe itu adalah Pizza-nya yang dipanggang pake kayu... dulu Erik yang pertama kali memperkenalkannya. Oya, aku baru sadar... ternyata tempat duduk yang aku pilih kemaren letaknya persis di sebelah tempat duduk yang kupakai waktu ditraktir Erik.

Ttg Jalan Veteran
Di jalan Veteran, banyak atraksi belanja dan makan. Edward Forrer misalnya... yang di Jl.Veteran itu adalah outlet pertamanya Edward Forrer. Di seberangnya ada Purimas, tempat beli kue mini-mini, terus ada Batagor Kingsley, ada juga Siomay Bungsu (dan es sekoteng-nya). Juga beberapa hotel cihuy....hehehe....

Ttg Pasar Buku Palasari
Pasar buku Palasari, kalo di Jakarta.... sama dengan kaki lima Kwitang kali ya? Setiap kios menjual buku-buku jenis tertentu saja... ada yang jual novel-novel saja, buku-buku teks saja, buku-buku kedokteran saja, buku-buku komputer saja, dan seterusnya.

Ttg Bandung Super Mall
Aku masih sebel sama bioskop 21-nya BSM... abis rese’ banget sih, gak boleh bawa makanan dari luar. Untungnya kemaren gak nonton... tapi lumayan juga, ketemu orang2 tak terduga di situ. Terus juga menemukan barang2 tak terduga. Kunjungan kita akhiri dengan nyalon. Huihihihihihi....

Ttg Happening
Kiki yang pertama kali ngajak aku ke Happening. Dulu suasananya enak banget. Sepi (kebetulan hari biasa), musiknya jazzy, meskipun dari CD, terus di sekeliling bar ada air terjunnya. Tapi kenapa sekarang jadi gak se-asik itu ya? Cafenya jadi rame (mungkin karena malam minggu), terus musiknya bukan Jazz lagi, air terjunnya sudah gak nyala... aku malah menyebut kolam di sekeliling bar itu sebagai sarang nyamuk demam berdarah. Hehehehe....

Ttg Pizza Hut Dago
Yang aku ingat dulu, Pizza Hut Dago selalu memutar lagu-lagu Westlife. Beberapa kali aku ke sana, lagunya selalu Westlife, album terbarunya tepatnya. Tapi sekarang sih enggak lagi. Pizza Hut Dago salah satu tempat curhat, tempat buat celebrate something, atau kongkow2 aja ngomongin masa depan PSM seperti yang dilakukan Ntine, Genus, Geget, Set, dan Mamih malam minggu kemaren. Aku mampir sebentar saja, untuk foto-foto dengan mereka.

Ttg Jagung, Pisang bakar, dan Susu Jeruk
Kalau menghabiskan malam di Jl.Dago, rasanya gak komplit kalo gak mampir ke warung-warung tenda yang jual roti bakar, pisang bakar, jagung bakar, indomie dan segala jenis minuman sederhana. Tips khusus buat makan di warung2 tenda itu: sedia recehan banyak-banyak, karena bakalan banyak pengamen...

My fave beverage: Susu Jeruk Dingin. Eh ya... aku pernah ada accident susu jeruk yang justru menguntungkan. Waktu FPS 2002, aku dalam keadaan radang tenggorokan. Setiap malam aku selalu menyempatkan keluar sebentar dari Aula Barat untuk mampir ke Dwi Lingga, minum susu jeruk panas, dengan harapan itu membantu penyembuhan. Kira-kira H-2... aku ke Dwi Lingga juga. Tapi entah gimana... mas-masnya salah dengar, bukannya susu jeruk panas, malah susu jeruk dingin dia bikin buat aku. Walah... misalkan aku pesan dingin tapi dia bikin panas, masih bisa dikasih es, tapi sebaliknya kan kagak bisa...
Karena gak mau ribut, aku minum aja itu susu jeruk dingin. And guess what... besok paginya... radang tenggorokanku jadi much better... yaahh... tauk gitu dari kemaren-kemaren aku minum yang dingin!!

Ttg Xtrans & Cipularang
Sekarang travel Xtrans lagi naik daun (begitulah kata si Wenk). Tapi emang enak banget sih... Dia mirip kayak kereta (karena point-to-point, gak mesti jemput para peserta dulu), dan hanya 2 jam. Akhirnya kemarin aku melihat jalan tol Cipularang sampai habis. Pertama lewat situ, hujan lebat, gak liat apa-apa. Waktu kedua kali, aku dalam keadaan ngantuk berat, jadi tidur sepanjang perjalanan. Nah... kali ini... aku sudah tidur begitu keluar Bandung, dan terbangun tepat sebelum Padalarang. Jadinya aku bisa lihat jalan sampe ke Cikampek... abis itu tidur lagi... hihihihiyy... Sampe di km 10 dari Cawang, macet... wah... ini gimana sih... gak hari Minggu gak hari biasa... tetep aja macet, percuma dunk bayar tol.

Yah begitu deh liburan ke Bandung, sampe di Jakarta, bener-bener China kedua, paaannnaaassss banget... padahal di Bandung lagi dingin... jadi agak kaget juga. Hihihi...