Wednesday, July 13, 2011

Sup Krim Ayam

Habis migren, terus perut gak enak, pengen makan Chicken Cream Soup. Lari ke KFC Saga, ternyata mereka lagi gak jualan cream soup. Waks! Bahkan udah ngubek2 Saga, gak ada pula bubuk cream soup Knorr ataupun Maggi.

Tapi tenang saja, kita kan MacGyver... tak ada rotan, akar pun jadi...

Sorenya... dengan bermodal bahan-bahan yang ada di rumah, aku pun membuat krim sup jadi-jadian...
Bahannya:
Air 1 liter
Ayam 1 ons (kurang malah kali ye)
Jamur Shiitake 4 buah, iris tipis-tipis
Susu UHT 200 ml
Pala bubuk 1/2 sdt
Merica bubuk 1/2 sdt
Bawang bombay 1/4 buah
Bawang putih 2 siung
Mentega/minyak goreng sedikit untuk menumis
Garam secukupnya
2 sendok makan tepung terigu + air 100 ml

-Pertama, bikin kaldu dulu pake air dan ayam-nya. Godok sampe mendidih. Terus matikan, angkat daging ayam-nya, potong kotak-kotak kecil.
-Bawang bombay dan bawang putih diiris tipis-tipis. Kemudian bawang2an itu ditumis dulu di wajan 24 cm kesayangan kami, setelah wangi tambahkan merica dan pala bubuk.
-Kemudian masukan ramuan ajaib itu ke kaldu ayam. Rebus lagi deh sampe mendidih. Jangan lupa masukkan ayam dan jamurnya. Dan garam sesuai selera.
-Setelah mendidih, masukkan susu UHT. Tunggu mendidih lagi.
-Kemudian masukkan tepung terigu yang sudah dilarutkan ke air 100 ml.
-Aduk-aduk sampai mengental.
-Sajikan hangat-hangat.

Review:
Taste-nya sih sudah ke jalan yang benar, meskipun rasa ayamnya masih kurang mantab. Kalau yang gak anti kaldu bubuk, silakan tambah kaldu blok rasa ayam. Sedangkan kalo yang anti, mungkin dalam pembuatan kaldu bisa menggunakan ceker/tulang ayam, daging ayam-nya dipisah saja, sehingga penggodokan bisa lebih lama tanpa khawatir daging ayam-nya hancur.

Jamur shiitake-nya gak nyambung dengan supnya ternyata, kalau mau pakai jamur, mending pakai jamur merang alias champignon (yang suka ada kalengannya itu loh).

Eniwei, setelah leftover-nya menginap 1 malam di dalam kulkas, ketika dipanaskan... supnya jadi lebih mantab rasa ayam-nya, jadi mirip beneran sama sup knorr atau maggi. Whhhuuaaa... we made it!!   

No comments: