Monday, July 11, 2011

Cerita Sorong

Wah, login ke active directory lagi heng-hong, jadi mari kita ngeblog sembari menunggu sang admin datang ke kantor. Maklumlah... usernya di kawasan WIT, admin-nya di kawasan WIB, jadi usernya dah gedebak-gedebuk di kantor, admin-nya masih on the way ke kantor.

Di Sorong ini banyak hal baru yang aku pelajari, dari mulai hal-hal yang baru ditemui di sini, belajar bawa mobil sendiri (bukan belajar nyetir loh, kalo itu mah udah dari umur 18, hihi.. payah yee), belajar snorkling, sampe belajar jadi istri Omla (ini kan hal baru, wong selama ini hidup suka-suka sendiri yahaha...).

Dari banyak hal baru yang dipelajari, pastinya ada yang bisa dishare, dan ada juga yang enggak (ihihi). Salah satu yang pengen kami share adalah pelajaran memasak. Yaya.. Aku kan anak metropolitan yang gak pernah masuk dapur. Mbedain laos ama jahe aja susah kalo gak pake mengendus-endus dulu. Dari dulu mengandalkan para Mbok kalo urusan masak. Bahkan pindah ke Prabu pun di sana ada si Bibik yang masakin.

Pas baru datang di sini sih lebih banyak jajan di luar, tapi lama-lama jajan mahal euy, lagipula banyak makanan kesukaan yang gak dijual di sini. Jadi dengan segala keterbatasan, kami pun belajar masak dengan referensi terbesar: Internet. Terbatas? Apanya yang terbatas? Ya macem2, misalnya waktu: kami kan cuma bisa belanja after office hours, jadi susah mau belanja di pasar atau nyegat tukang sayur, satu-satunya pilihan yang nyaman adalah belanja di supermarket. Terus di sini juga barang2 gak segampang di Jawa (meskipun masih lebih mending dari Prabumulih sih), nyari santan kara aja ternyata gak semua supermarket punya stock, begitu juga cabe ijo. Dan tentu saja ada juga keterbatasan perangkat. Bukan berarti di sini susah cari alat masak loh, tapi karena kami gak mau banyak numpuk alat masak jadi kami menggunakan yang basic saja. Yeeaaa, itu pan teflon 24cm ya kita pake goreng ikan asin, bikin bihun goreng, numis, bikin saus pasta, bikin steak, bikin pisang panggang, masi untung gak sekalian masak indomie pake pan itu juga. Ini Sorong jendral, kalo pindah tempat lagi nanti ongkirnya mahal, makanya males mau numpuk barang.

Okelah, selamat menikmati resep-resep kami... semoga bermanfaat terutama buat para newbies...

No comments: