Saturday, July 16, 2011

Bumbu K*kita Seri Pedas

Jaman dulu juru masak terkenal Rudi Hadisu... eh...maksudnya Rudi Choiruddin pernah jadi bintang iklan bumbu K*kita A-B-C. Kalo di dunia perdokumenan, mungkin bumbu K*kita itu sama halnya dengan template. Kalo di dunia IT, dia sama dengan "function" yang udah jadi, kalo mau pake tinggal comot dan pasang di coding kita (halah...).

Nah, kalo di dunia masak-memasak... bumbu K*kita ini nama generiknya adalah BUMBU DASAR. Bermodal dua buku masak yang isinya resep-resep bumbu dasar, akhirnya aku mencoba membuat bumbu dasar yang rasa pedas. Kegunaannya untuk membuat balado, bumbu bali, nasi goreng, sambel goreng, rendang, pokoknya yang pedas-pedas.

bahan:
100 gram cabe merah keriting, kalo seneng pedes gak usah dibuang bijinya
15 biji bawang merah
10 siung bawang putih
1 buah tomat
20 gram gula pasir
garam secukupnya
minyak secukupnya

-Pertama, untuk yang gak doyan pedas, buang dulu biji cabenya. Aku dan Omla sebenernya senang pedas, tapi karena ini bumbu dasar... dia akan dipakai berulang-ulang, tingkat kepedesannya harus dalam taraf nyaman, gak boleh lebay, jadi akhirnya kuputuskan untuk membuang biji sebagian cabe. => perbuatan ini bakalan jadi bikin cerita baru deh...

-Kemudian blender semua bahan (kecuali minyak tentunya)

-Tumis sampe harum, eh sebenernya sih aku juga gak bisa bedain udah harum apa belum, perasaan dari tadi juga wangi-wangi aja tuh... jadi waktu perasaanku mengatakan kayak udah mateng... nah berarti udah mateng tuh, angkat.

-Setelah dingin, masukkan ke toples, simpan di kulkas, tahan sampe 3 minggu *kayaknya*.

Setelah itu langsung dipake buat bikin balado terong. Sangat mudah: terong 1 biji dipotong-potong sesuai selera, kemudian goreng di api kecil. Panaskan 2 sendok makan bumbu dasar pedas, tambah air dikit, kemudian masukkan terong yang sudah digoreng, aduk-aduk. Setelah air meresap, angkat.

Keesokan harinya buat bikin nasgor pedas. 1 sendok makan bumbu ditumis bersama sedikit terasi. Kemudian masukkan rombongan pemanis (aku pake jamur shiitake, ebi, dan frozen vegetable), masak beberapa saat, kemudian masukkan nasi. Tambahkan kecap manis, kecap asin, dan minyak wijen secukupnya. Aduk-aduk heboh. Setelah merata, nasgor siap diangkat dan disantap.

Pembuatan bumbu dasar pedasnya SUKSES, tapi setelah itu ada kejadian menghebohkan: tanganku kepedesan. Gara-gara mbuangin biji cabe, mungkin SOP-nya kurang begitu tepat kali ya... setelah selesai masak dan cuci piring, tanganku rasanya seperti terbakar... padahal penampakannya biasa aja... gak merah... gak bau lombok... bahkan dipake ngucek mata pun gak pedes. Aneh juga... kalo megang cabe... biasanya dengan cuci tangan saja sudah beres.

Duilee... itu panas gak ilang-ilang... kalo dikasi air enakan... tapi lama-lama abis dunk air di bak penampungan?! Berdasarkan saran Omla di sebrang sana, aku mengambil sarung tangan kuning pembagian dari kantor Omla, cemplungan di baskom, terus dipake deh... pertamanya enak emang, tapi tak lama si tangan itu sakit lagi. Olala...

Terus berdasarkan saran Ndulo, akhirnya ngambil handuk kecil, dibasahin lagi, terus digunakan untuk membungkus tangan. Karena sakitnya tinggal di ujung-ujung jari, akhirnya aku gak mbungkus tanganku, melainkan cukup dengan meremas-remas handuk basah itu...

Sampe akhirnya aku tertidur rasa terbakarnya belum hilang, untungnya ketika bangun pagi sudah gak terasa panas lagi. Huhuhu... makanan yang dimasak gak sebrapa pedas, malah tangannya yang kepedesan... tapi aku gak kapok kok, lain kali kita coba buat bumbu dasar tipe lainnya ya...

No comments: