Monday, June 19, 2006

Online Shopping

Sabtu pagi… mau ngerjain tugas kuliah malesssss banget… dari kemaren ngutak-ngatik, hanya dapat 2 halaman aja. Padahal disuruhnya bikin paper besar…hihihi… ntar diprint di kertas A0 aja kali, biar jadi BESAR… [garing]… Akhirnya malah nulis blog… :-P Hari ini mau bahas tentang online shopping. Entah gimana awal mulanya, akhir-akhir ini di rumah lagi menjamur “online shopping”…

Bapak udah nyoba glodokshop.com, kalo Ndoro seringnya beli di inibuku.com, terus sebelum sempet kucoba, Ndoro udah nyoba duluan www.bukumusik.com, kalo aku baru saja nyoba disctarra.com.

Semula aku sendiri gak begitu seneng online shopping, pernah nyoba jaman kuliah dulu, beli partitur di sheetmusicplus.com, walah… repot banget… partiturnya hanya 6 halaman kalo gak salah, kalo dipikir-pikir gak sebanding sama usahanya. Tapi memang lagu itu (18th variation of Paganini-nya Rachmaninoff) sudah kita cari kemana-mana sih.

Prosesnya gini nih… karena kita gak punya kartu kredit, dan kalopun punya kita menghindari penggunaan kartu kredit via internet, jadi kita mesti sedikit repot. Setelah apply pesanannya di website sheetmusicplus.com dan mendapatkan harga total (harga barang + shipping & handling), kita pergi ke Citibank Jl.Dago untuk membeli Bankdraft. Ternyata di Citibank kena charge pembuatan Bankdraft, kena chargenya hampir 80% dari harga total belanjaan kita. Mereka tidak menentukan rate berdasarkan persen-persenan sih, kebetulan aja belanjaan kita emang gak mahal, sehingga begitu dikenakan charge, jadi kerasa banget… hikss…

Dah gitu… kita mengirimkan si bankdraft tadi via pos ke alamatnya sheetmusicplus.com. Biaya prangkonya juga mayan… abisnya keluar negri sih… Abis itu beberapa bulan kemudian (waktu itu udah agak lupa kalo pernah mesen partitur), tiba-tiba ada telepon dari kantor pos Juanda, katanya ada kiriman dari luar buat kita. Jadilah Ndoro ke kantor pos deket terminal itu untuk menjemput partitur tersebut.

Nah, kalo online shopping yang akhir-akhir ini… jauh lebih simple dari sheetmusicplus.com. Mungkin karena mereka vendor lokal kali ya… jadi untuk proses pengiriman misalnya, jauh lebih cepat, lewat Tiki yang regular service aja maksimal 5 hari (itu karena aku di Jakarta kali ya…), malahan kalo glodokshop.com dan inibuku.com bisa delivery, diantar sendiri sama pegawai mereka. Untuk pembayarannya juga simple, mereka menerima transfer lewat banklokal (BCA kebanyakan sih…), atau untuk barang-barang yang diantar melalui delivery malah bisa dibayar cash.

Terus… biasanya harganya didiskon. Misalnya di inibuku.com bisa dapet diskon sampe 30% dari harga buku kalo beli di toko biasa. Trus harga CD musik yang aslinya di toko Rp.30rb, di disctarra.com didiskon jadi Rp28500. Katanya sih karena gak ada ongkos showroom. Terus cocok juga untuk nyari barang-barang langka, misalnya aku lagi nyari CD Soundtrack-nya Rumah Ketujuh. Barang itu adalah keluaran tahun 2002 akhir. Nanya di Duta Suara katanya udah abis, nyari2 di Disc Tarra juga gak pernah dapat. Kemaren iseng-iseng liat di disctarra.com, katanya available. Nah udah nyampe dengan selamat nih barangnya… Masukin order hari selasa, hari sabtu sudah tiba di rumah.

Tapi… dengan adanya online shopping yang semakin mudah ini, kita jadi semakin konsumtif dunk? Artinya gak usah susah-susah jalan keluar rumah untuk beli barang kan? Trus mungkin cara shopping seperti ini lebih cocok untuk barang yang emang langka, atau untuk pembeli yang bukan tukang jual pesona. Kalo udah online shopping, gak perlu lagi ke mall, jadinya gak bisa jual pesona di mall dunk… :-D

1 comment:

Spedaman said...

wuih klo saya mo bli peralatan sepeda pasti ragu2 klo lwt online shop.
coz mahal bgt sih:p hehehe...