Wednesday, June 28, 2006

Nyasar nih yee...

Dalam Perjalanan Yang Aneh ke Bandung sebulan lalu, kita sempet 2 kali nyasar, waktu nyari Lela, dan waktu nyari rumah Mahe. Terus sempet muter-muter gak jelas karena 3 kali kecele waktu nyari makan pagi... Menyebalkan sih emang... aku jadi ingat kalo dulu sering banget nyasar bareng anak-anak PSM... kesimpulannya nyasar bisa juga jadi kenangan...

Pernah dalam sehari nyasar sampe 2-3 kali... Waktu keliling Jakarta mengunjungi calon-calon juri FPS 2000. Waktu itu aku jalan bareng si Rama, Eldi, dan Nia. Awalnya rombongan terdiri dari aku dan Rama. Setelah siang, Eldi dan Nia bergabung. Mereka minta dijemput di Kampung Rambutan. Kita bilang, tunggu aja di wartel. Nah... mulai deh...
Waktu melintas di depan pintu terminal, ada sekelompok preman berteriak-teriak ke mobil Rama. Kita hanya geleng-geleng kepala aja: Duh, ngapain sih preman-preman itu... cuekin ajah...
Kemudian kita nyelonong masuk ke terminal, masuk ke tengah-tengah bis-bis dan angkot. Sampe terlihat tulisan ”WARTEL”. Terus kita turun dari mobil, dan masuk ke Wartel itu. Jreng-jreng... gak ada tanda-tanda Eldi dan Nia... malahan si orang wartel bilang kalo lagi mati listrik, jadi gak bisa dipake nelpon. Woalaahh.. Terus mereka dimana duonk?

Kita naik mobil lagi, menyusuri jalanan terminal, dan tak ada tanda-tanda keduanya... wuuaaa... sampe akhirnya keluar terminal, dan berhenti di dekat wartel di pintu keluar terminal. Tapi gak ada juga...

Rasanya nyaris putus asa tuch... mana mobilnya Rama lagi sauna pula, AC-nya gak dingin... Bingung... mau nyari kemana lagi... mau ninggalin, gak mungkin juga, kasian mereka... Duh... gimana nih... kehilangan temen di terminal... di tengah-tengah bis-bis antar kota... Pas lagi kebingungan, keringetan, dan penuh daki gitu, tiba-tiba di kaca spion terlihat ada yang melambai-lambaikan tangan dan berlari ke arah mobil Rama. Itu mereka!!

Ternyata... COBA YA!!!... mereka itu... dari tadi ada di tengah-tengah preman yang menyoraki mobil si Rama. Preman-preman itu memang sengaja berteriak-teriak ke arah mobil kita untuk membantu Eldi dan Nia... ya ampyuuunnn.... guyz... kalian ternyata punya pekerjaan sampingan jadi Preman Kampung Rambutan!!

Trus... setelah terjadi family reunion yang mengharukan, kita pun melanjutkan perjalanan. Tujuan selanjutnya adalah rumah pak Lilik Sugiarto dan Yamuger, dua-duanya di daerah Utan Kayu, rumahku jaman kecil. Waktu nyari Yamuger, nyasar lagi... karena jalan yang kita cari ternyata kecil banget gak bisa dimasuki mobilnya Rama. Tapi untung ketemu, setelah muter nyari jalan lain.

Dari Yamuger, kita nyari rumah pak Lilik Sugiarto... nah lo... yang ini... ternyata... yang tercantum di peta dengan kondisi sebenarnya berbeda... ada jalan-jalan kecil yang gak tercantum di peta... wualah... kita sampe muter-muter di daerah situ... dan gak ketemu-ketemu... Akhirnya nanya dua orang ibu-ibu yang lewat... Tauk gak... ibu yang satu nunjuk ke kanan, yang satu lagi ke arah kiri. Kita hanya bisa bengong... Gubrak... gimandang sih... orang daerah situ aja bingung, gimana kita... tapi setelah menggunakan insting, akhirnya ketemu juga rumahnya.

Kejadian lain pernah dialami oleh Ann, Elson, dan kawan-kawan. Mereka pernah nyariin RS International, mau ketemu juri juga... menurut si juri, RS itu ada di Jl. Thamrin. Dan mereka muter berkali-kali di sekitar Bunderan HI sampe ditangkap polisi... gak ketemu juga itu RS... setelah menelpon si juri, ternyata maksudnya adalah Jl.Thamrin, Bintaro.

Gak hanya di Jakarta, di Bandung pun pernah nyasar. Waktu nyariin rumah salah alumni PSM buat nganter undangan FPS. Sama Rama dan Ntine, kalo ini sih modal nekat, gak bawa peta, hanya bermodal keterangan si empunya rumah via telpon. Alhasil kita muter-muter sampe gelap di daerah Cimindi, mana lampu mobilnya Rama lagi error pula... hiiiyyy... tapi akhirnya sukses ditemukan juga. Pulangnya malah mampir ke toko sepatu (gak ada hubungannya ya?)

Dalam minggu yang sama, aku nyasar lagi, kali ini bareng Ira dan Jonny pas ke rumah Prof.Sudjoko, salah satu pelatih PSM jaman dahulu. Jaman Ibu masih anggota PSM kayaknya...

Ini juga hanya modal alamat yang diberikan oleh Fakultas Seni Rupa dan Desain (tempatnya
Prof Sudjoko), terus sama tanya-tanya orang. Berapa kali salah masuk gang di daerah Arcamanik sana. Pas udah nyampe rumahnya... ternyata rumahnya agak gelap, di depannya ada kebun bambu. Wueleh... agak-agak horor jadinya... Kita langsung berkecil hati, udah sejauh ini... kok gak meyakinkan gini... Untung aja ada sodaranya Prof Sudjoko yang tinggal di rumah sebelahnya, jadi kita yakin bahwa telah menemukan rumah yang benar.

Yah.. waktu kejadian nyasarnya sih nyebelin banget, tapi setelah itu... kita bisa mentertawakan pengalaman itu... Justru pada saat-saat itulah kita dituntut untuk kerja sama dengan teman-teman kita. Rasanya di saat-saat seperti itu penasaran, tertantang untuk menemukan tempat-tempat tujuan kita yang sebenarnya. Gemes pengen cepet nemuin tapi tetep santai, tetep aja ketawa-ketiwi gak jelas, lengkap dengan komentar-komentar gak penting, karena kalo nyasar pun, nyasarnya bareng sama temen-temen. Lagian, jadi nambah pengalaman kaann... Buktinya... 2 tahun kemudian, aku ke rumah Prof.Sudjoko lagi, hanya memakan waktu sebentar, gak pake nyasar lagi!!

No comments: