Friday, June 30, 2006

Ribet Amat Hari Ini...

Hari ini… aku menemukan jawaban atas pertanyaanku kemarin. Tentang angkot. Tadi kebetulan pas berangkat ke Savoy, aku dapat angkot Kalapa-Dago yang supirnya gak ngoyo... heran juga aku... supir ini kok beda dengan rekan-rekannya yang kemaren. Dari Pasar Simpang, aku hanya berdua dengan penumpang lain. Terus mas-mas penumpang lain itu turun di ITHB, Dipati Ukur. Jadi aku sendirian.

Gak lama... di depan Unpad, dua orang mahasiswa menyetop angkot itu. Ih sebelnya... setelah angkot itu berhenti, mereka bukannya lari menghampiri, malah jalan santai... duh, gak liat apa yaa... ada penumpang di dalam angkot. Jadi lama kaann...

Ternyata mereka bukan mau naik angkot, malah nawarin si supir angkot, apakah dia mau dicarter buat ke Lembang nanti sore... Si supir bilang oke, tapi minta 200 rb. Katanya si mahasiswa, kemahalan, soalnya hanya sekali jalan, gak bolak-balik, abis dari Lembang si supir boleh narik lagi. Tapi si supir gak mau... alasannya... kalo ke Lembang sekali jalan doang, artinya pas balik ke Bandung, dia kan kosong... mana mungkin dia narik di sepanjang jalan Setiabudi, jelas-jelas dia angkot Kalapa-Dago... bukan rutenya lewat situ... mana macet pula kalo sore... dia bakalan tekor di bensin...

Aneh juga sih mereka itu... udah tauk tujuannya ke Lembang, harusnya mereka nyarter St.Hall-Lembang ajah... jangan Kalapa-Dago... Kalo nyarter St.Hall-Lembang kan... si supirnya pasti mau-mau aja sekali jalan. Karena balik dari Lembang dia bisa narik penumpang.

Akhirnya si supir gak mau kalo gak dibayar 200 rb. Terus aku tanya, memangnya berapa sih setorannya... dia bilang sekitar 130rb per hari... bersih... kalo lagi sepi begini itu udah susah... Sepi? Aku langsung nyambung: kenapa bisa sepi ya pak?
Ternyata... aku baru ingat... sekarang ini kan liburan sekolah... mahasiswa juga libur, jadi pada pulang kampung.... peminat angkot (yang mayoritas adalah mahasiswa dan pelajar) jadi jarang. Makanya sepi...

Tapi aku heran, si pak supir ini kok gak ngoyo... sepanjang jalan dia gak ngetem sama sekali, padahal penumpangnya cuma aku... di deket SMA 3 ada mas-mas naik sih... terus aku turun di Asia-Afrika, tinggal mas-mas itu sendiri. Hmm... mungkin dia pikir kalo ngetem juga percuma, kalo memang lagi sepi, mau ngetem juga gak penuh-penuh...

Trus tadi siang... dengerin ceramah sembari ngantuk-ngantuk, tapi bagus juga materinya... ttg tugasnya Ditjen Postel dalam melakukan manajemen frekuensi... abis itu dapat kabar dari Jakarta, tentang dinas hari Senin. Ternyata pak boss langsung menyetujui, aku heran juga... tumben-tumbenan... biasanya rese’. Masalahnya dinas ini ke tempat yang jauh, gak tauk mesti naik pesawat apa. Udah gitu aku belum bikin SPD, terus tambah lagi... Jumat malam aku ada ujian International Finance. Dan Sabtu malam ada konser PSM. Duh-duh... ribet amat yah... kayak benang kusyut...

Akhirnya... pas sore boleh istirahat, aku pulang, dan berencana gak balik lagi malamnya... abis katanya malam nanti itu hanya acara makan malam... duh, mendingan aku coba memilah-milah apa yang harus dilakukan kali ya. Try to find some useful information gitu... terutama tentang perjalanan ke tempat jauh itu. Terus coba cerita ke siapa gitu… tentang things to do yang kemaren masih kosong dan sekarang sudah menumpuk gak jelas… meskipun gak bisa bantu, tapi dengan kuceritain pake caraku yang gak sekuensial, pasti pada ikut bingung juga… hehehe…

Terus, karena malas menempuh ruteku yang biasa (jalan menyusuri Asia-Afrika ke arah Simpang 5, terus naik Kalapa-Dago), jadi naik taksi… sesuatu yang jarang aku lakukan di Bandung. Nyampe di rumah… setelah bersih-bersih, makan malam ronde 1. Terus keluar ke Simpang, janjian ama si NDC. Ceritanya sih… ya kalo-kalo sampe gak bisa nonton konser PSM, paling enggak aku sudah memberi tahu ke salah satu penyanyinya. Sekalian diajak ngegossip. Ya sudah… akhirnya makan malam ronde 2 di Steak n Shake…

Pulangnya mau mampir Mandiri yang di Jl.Siliwangi dulu. Waktu masih di angkot Caheum-Ledeng, NDC sudah nawarin apa aku mau ditemani, karena di pojokan jalan Siliwangi-Taman Sari itu gelap banget. Aku bilang: Haha.. tenang aja… gue berani kok, lagian di situ gak gelap-gelap amat… kan ada Café Halaman, ada salon Leidya…

Begitu turun angkot… jreng-jreng… ternyata bouw… emang gelap!!! Perasaan biasanya gak gelap gini deh… Wuah… piye iki rek… Hehe… tapi pede aja deh… maka aku pun berjalan ke Mandiri. Dari Mandiri, aku jalan ke Pasar Simpang. Di perempatan Simpang, kok banyak anak-anak kecil berkeliaran malam-malam gini… ternyata mereka itu pengamen-pengamen kecil yang lagi pada “nyetor” ke induk semangnya. Wah… jam ½ 10 malam gitu, anak-anak seumur mereka sudah pada bobok, sedangkan mereka masih berkeliaran di Pasar Simpang.

Kalo siang hari, mereka sekolah gak ya? Aku jadi teringat pembicaraan dengan beraneka ragam ibu-ibu dan bapak-bapak terkait dengan biaya sekolah yang semakin mahal. Terus juga sekolah yang semakin membuat anak-anak stress, iya kan? mau lulus ujian aja susahnya bukan main… udah gitu pake dibilang “bodoh dan males” pula. Teganya… Terus denger-denger ada pula perguruan tinggi negeri yang ngasih statement (meskipun gak resmi, harusnya): kalo gak punya uang, ya gak usah sekolah..., artinya hanya orang kaya saja yang boleh sekolah. Duh, kasian anak Indonesia…

Kembali ke Bandung, setelah melintas Pasar Simpang, aku pun belok di Cisitu Baru… Meskipun sudah pake jaket, tapi tetap kedinginan… hmm…jadi ingat, bulan-bulan inilah yang biasanya paling aku senangi sepanjang tahun selama di Bandung. Dingin, langit bersih, matahari bersinar cerah (kalo pagi). Dan biasanya, di bulan-bulan ini aku gak perlu mikirin tugas-tugas, gak perlu mikirin ujian, gak perlu lari-lari ngejar kuliah, karena memang kampus lagi libur. Berhubung sekarang masih sama seperti dulu, jadi sekarang aku gak mikirin tugas dan ujian dulu… besok ajah… mau bobok dulu… hari ini udah cukup ribet gak jelas…

No comments: