Monday, March 12, 2007

Shopaholic Antidote

Apakah kalian para single guys/girls suka banget shopping? Kalo dah ke mall atau bahkan pasar, gak bisa menahan keinginan untuk beli barang? Apalagi kalo ada excuse-excuse seperti: "Hmm... aku kan abis dapat bonus" atau "Aku belum punya sepatu yang model ini kok". Tanpa kita sadari, SREKKK... dah kegesek aja credit card kita.

Di saat mengalami situasi seperti itu, aku biasanya mengajukan pertanyaan-pertanyaan tertentu pada diriku untuk mengalahkan keinginan berbelanja tersebut. Seringkali berhasil, tapi ada gagalnya juga sih... ah tapi lumayan kan, banyakan berhasilnya...

1) Pertanyaan yang berhubungan dengan finansial
Yang ini sih cukup standar, dimana-mana orang kalo mau beli barang pasti bertanya seperti ini: Mampu gak sih aku membeli barang itu? Kemahalan gak sih? Kalo posisinya kita lagi ada di tengah-tengah diskonan Matahari, biasanya pertanyaan semacam ini gak berhasil mengalahkan keinginan berbelanja.

2) Pertanyaan yang berhubungan dengan kebutuhan akan barang itu sendiri
Ini juga standar: Sebenernya aku bener-bener membutuhkan barang itu gak sih? Kalo obyeknya barang elektronik, masih bisa berhasil, tapi kalo baju dan sepatu, biasanya juga gak berhasil.

3) Pertanyaan yang berhubungan dengan tempat
Ini yang gak standar: Kalo misalkan aku beli sepatu lagi, rak sepatuku penuh gak ya? Beli baju lagi, lemarinya cukup gak ya? Nah... ini dia yang biasanya berhasil menggagalkan aku untuk berbelanja!! Baik itu sepatu, baju, bahkan buku (gile yaa... padahal buku gak boleh diperlakukan seperti itu...). Sepertinya cara ini gak bakalan berhasil untuk orang-orang yang gak punya masalah dengan tempat penyimpanan.

4) Pertanyaan yang berhubungan dengan barang lainnya yang sejenis
Terakhir kali aku beli barang seperti ini, rasanya belum sempat dipakai deh? Barang ini ada substitusinya yang lebih ekonomis gak ya? Kalo beli baju ini, aku punya matching-annya gak ya? Misalnya mau beli piano Steinway (gak mungkin banget ya? jalan-jalan ke mall kok tiba-tiba pengen piano Steinway), yah... ngapain beli Steinway kalo Sammick aja misalnya sudah mencukupi. Beli 1 Steinway udah dapet 15 Sammick, dah bisa bikin sekolah musik ukuran gede tuh.

5) Pertanyaan yang berhubungan dengan "alternatif lain selain berbelanja"
Nah, kalo ini sih, sering berhasil buat pencegahan belanja CD dan buku. Hmm... CD Tompi yang baru yaa... keliatannya bagus, tapi... si XX kan pasti beli, minjem aja aaahh...

6) Pertanyaan yang berhubungan dengan efek samping (terhadap diri sendiri dan terhadap orang lain)
Kalo aku beli barang ini, akibatnya apa ya? Misalnya beli CD yang brisik dan heboh banget lagunya, ntar berakibat diprotes tetangga. Atau beli Saxophone tanpa punya ruang kedap suara, itu juga bisa diprotes tetangga.

7) Pertanyaan yang berhubungan dengan portability dari barang tersebut
Aku bakal kerepotan gak ya kalo bawa barang ini? Tasku masih cukup gak untuk menampung barang ini? Yang ini sih pertanyaan yang membuatku gak pernah beli oleh-oleh berupa kerupuk mateng. Menurut aku, kerupuk itu meskipun ringan tapi portability-nya rendah, menuh-menuhin ruang, ngerepotin deh bawanya. Aku pernah dinas ke Balikpapan. Mendengar cerita tentang pasar Kebun Sayur, aku memang sudah berniat beli barang-barang tertentu, termasuk lampito yang tentunya dikirim lewat ekspedisi saja. Sengaja bawa koper 1/2 kosong. Sampai di sana... ternyata ada titipan dari orang sana, terus ada titipan dari pak bos. Wuah... akhirnya aku terpaksa menenteng-nenteng sebagian ol-ol masuk ke cabin pesawat, karena koperku gak cukup lagi. Repot...

8) Pertanyaan yang berhubungan dengan kecepatan konsumsi barang itu
Ini sangat berguna untuk mencegah pembelian makanan/minuman. Kalo aku beli makanan itu, aku mampu menghabiskannya gak ya?

9) Satu lagi, ini bukan pertanyaan, tapi tips: jangan pernah masuk supermarket atau department store dalam keadaan lapar. Ketika lapar, kita cenderung bat-bet-bat-bet ingin membeli ini-itu tanpa mempertimbangkannya terlebih dahulu.

1 comment:

infogue said...

artikel anda ada di:
http://belanja.infogue.com
http://belanja.infogue.com/shopaholic_antidote

anda bisa promosikan artikel anda di www.infogue.com yang akan berguna untuk semua pembaca. Telah tersedia plugin/ widget vote & kirim berita yang ter-integrasi dengan sekali instalasi mudah bagi pengguna. Salam!