Monday, March 12, 2007

Ngebahas Balonku

Gara-gara album terbarunya Tompi, jadi pada ngebahas lagu Balonku. Liriknya yang selama ini AKU YAKINI BENAR adalah seperti ini:

BALONKU ADA LIMA
RUPA-RUPA WARNANYA
HIJAU KUNING KELABU
MERAH MUDA DAN BIRU

MELETUS BALON HIJAU
HATIKU SANGAT KACAU
BALONKU TINGGAL EMPAT
KUPEGANG ERAT-ERAT

Menurut si Tompi, lirik lagu Balonku agak aneh... mananya yang aneh ya? Ternyata... versi yang benar menurut si Tompi adalah:

MERAH KUNING KELABU
MERAH MUDA DAN BIRU

Pastinya Tompi men-claim bahwa versi dia adalah versi yang asli berdasarkan bukti-bukti konkrit ya, bukan berdasarkan ingatan belaka.

Jadi mari kita asumsikan bahwa versi Tompi adalah versi yang asli. Rima-nya memang lebih enak untuk dilafalkan atau dinyanyikan. Tapi... tentunya isi lagunya jadi gak logis: Balon HIJAU yang meletus itu balonnya siapa dunk?

Hmm... let's assume lagi bahwa balon hijau yang meletus itu adalah ngembat balon milik teman, bukan milik sendiri: Tetep aja jadi gak logis, kalo yang meletus balon teman, artinya balonku masih ada LIMA, bukan tinggal EMPAT. Kemana larinya balon yang 1 lagi?? Mencurigakan...

Kalopun versi itu adalah versi yang asli, artinya lagu itu aslinya memang gak logis dan mencurigakan, kemungkinan sengaja dibuat demikian untuk mempertahankan rima yang enak, sehingga lagunya jadi lebih indah. Modifikasi dilakukan oleh guru-guru TK dan orang tua kita-kita dengan mengganti MERAH dengan HIJAU, supaya lagunya jadi lebih benar secara matematis.

Mungkin memang versi yang paling asli adalah versi Tompi, sekarang para orang tua dan guru tinggal milih mau pakai yang mana: yang rimanya indah atau yang mathematically correct. Yang perlu diingat adalah ini lagu anak-anak, yang diajari adalah anak-anak, jadi mau ngajarin something beautiful atau something correct?

2 comments:

Bie said...

Git, dulu gue sama anak2 indo di Hamburg juga pernah ngebahas..

Kalo yang diingatan gue justru ..

MERAH KUNING KELABU
HIJAU MUDA dan BIRU

Nah beberapa mahasiswa, ada yang kayak elo, ada yang kayak Tompi.

Tapi gue pribadi, ijo sama ijo muda kan juga beda ...

Kalo balon ijonya itu punya temen, ya itung2 temen itu cuman punya satu balon, kalee, jadinya balon sang penyanyi musti dikasihin satu ke temennya, jadi deh balonnya tinggal empat..

Moral of the story, mari saling berbagi .. (loh?)

Indra said...

Biar ada kata sepakat, yang meletus balon kuning aja...