Monday, March 12, 2007

Robot dan Musik

Ini sequel-nya tulisan Robot dan Kehidupan Sehari-hari. Kali ini aku mau cerita tentang pengalamanku dengan musik dikaitkan dengan robot sebagai suatu entity yang tanpa emosi.

Tau gak... ini tak kasih tauk rahasia kecilku... dulu itu aku bisa dibilang hampir emotionless kalo nyanyi, main atau dengerin musik. Buat aku (dulu) musik itu yaa urutan nada-nada saja. Kalo ada liriknya ya dinyanyiin, ada dinamika ya dimainkan sesuai dinamika keras lembutnya. Mirip robot? Atau mirip kayak MIDI ya?

Dulu itu... aku menyukai suatu lagu, karena melodinya enak didenger (ini sih pakek emosi... sedikit), karena aransemennya keren, tapi jarang bener-bener terbawa emosi dari suatu lagu. Seringkali cuek bebek sama lirik lagunya. Kalo pun terbawa emosi, biasanya karena memori yang menyertai lagu itu. Misalnya lagu "Inikah Cinta"-nya ME, aku gak begitu peduli sama liriknya, tapi terkenang terus lagu itu hanya karena lagu itu adalah lagu kebangsaan waktu prom night.

Thanks to temen-temen di PSM-ITB, yang sudah ngajarin untuk "nyanyi dari hati". Apapun lirik yang dinyanyikan, aku harus mengerti, dan dari lubuk hati yang paling dalam berniat untuk menyampaikan hal itu (Kira-kira sih: "Everything I sing or say, I really mean them...").

Sedikit demi sedikit... aku mulai memperhatikan lirik lagu yang aku denger dan nyanyikan. Akhirnya... sekarang ini aku suka ter-"glodak!!" sendiri ketika dengerin lagu yang "dalem" alias bercerita tentang kehidupan aku dan orang-orang sekitarku. Ternyata musik jauh lebih indah ketika dinikmati secara menyeluruh...

Nah... aku jadi mikir tentang Mr.Data, dia kan emotionless (waktu di TV Series), padahal dia main musik, melukis, dan bikin puisi. Dia mungkin bisa menciptakan musik, karena musik itu kan sebenernya urutan nada-nada yang punya pola matematisnya sendiri, tapi apakah orang yang mendengarkan musik tersebut emosinya bisa tergugah ya? Misalkan dibuat robot penyanyi dengan suara seperti Ella Fitzgerald, apakah akan menimbulkan suasana hangat yang sama dengan Ella Fitzgerald yang asli? Haha... itu bisa jadi topik tugas akhir yang menarik untuk para mahasiswa cybernetic di Daystrom Institute...

No comments: