Thursday, March 08, 2007

Laporan dari Java Jazz 2007

Sebelum bahas artis-artis yang sempet aku tonton, aku mau cerita tentang hal-hal lain di Java Jazz, selain show-nya sendiri.

The Ticket
Tiket Java Jazz ini, belinya dah pake perhitungan dari jauh-jauh hari. Pake kartu kreditnya si Bul-bul, biar dapet diskonan bok. Giliran ngambil, pakek acara berantem dulu sama petugas Disc Tarra. Yang diributin adalah definisi “H-1” yang tertera di bukti pembelian. Menurut aku (dan juga konsumen lain yang datang ke Disc Tarra pada tanggal 1 Maret), H-1 itu adalah H-1-nya Java Jazz, tapi pas ke Disc Tarra, kok tiket kami belum ada. Sedangkan menurut mbak-mbak Disc Tarra, H-1 itu adalah H-1 sebelum tanggal tiket yang kami beli (kalo tiketnya tanggal 3, artinya H-1-nya adalah tanggal 2). Namun bagaimanapun jalannya perkelahian antara konsumen dengan Disc Tarra, pemenangnya tetap Disc Tarra, karena memang tiket untuk tgl 3 dan 4 belum ada.

Setelah puas udur-uduran, aku mundur dan membiarkan mas-mas dan mbak-mbak konsumen lainnya yang ada di belakangku untuk gantian berantem. Harus cepet balik ke mobil, karena ditungguin Ibu dan Parji. Tapi sebelum meninggalkan Disc Tarra, iseng-iseng ngeliat rak New Release, just checking… siapa tauk “yang ditunggu-tunggu” terbitlah sudah. Scanning sebentar… dan berhenti pada CD dengan cover gambar bioskop yang sudah sangat kuhafal. Inilah dia si jali-jali… finally… Ngambil 2 eksemplar, terus balik lagi ke kassa Disc Tarra yang masih penuh dengan orang protes. Mbak-mbak Disc Tarra-nya heran… aku kan tadi ikutan marah-marah bareng konsumen Java Jazz lainnya, tiba-tiba sekarang beli 2 CD judulnya sama, sambil cengar-cengir keledai pula. Abis itu segera cabski dan pulang. Haha… ya gitu deh… gak dapet tiketnya, tapi dapet “yang itu”. Tadinya dah hampir kecewa, tapi tentunya gak jadi dunk…

The Crowd
Rasanya sih tahun ini penontonnya jauh lebih banyak dari yang tahun lalu. Terbukti… saking banyaknya orang (atau emang aku salah tempat nongkrong), tahun ini aku sama sekali gak berpapasan sama orang yang kukenal. Si Erik mungkin juga gak bakalan ketemu kalo gak dengan sengaja janjian di pintu keluar Diane Schuur. Even Bul-bul yang emang beli tiketnya barengan pun dan kita sempet beberapa kali SMSan dan telpon selama di JCC, gak sempet ketemu juga.

Tanda-tanda keramaian mulai tampak pertama kali pada saat mau masuk JCC. Ngantre-nya ada kali sampe ½ jam, barengan sama mobil parkir, kena panas pula. Walah… gak bawa topi, gak bawa sunglasses, dan bajuku bau supermarket… (hehe… yang terakhir gak ada hubungannya).

Dah gitu, pas jam 11, aku sudah mau pulang, di dalam JCC tuh masih kayak pasar. Kalo jalan mesti sambil nyelip-nyelip. Paling parah adalah di David Benoit, sama sekali gak bisa nembus masuk ke hall-nya David Benoit. Hikss…

Shopping
Yang satu ini agak-agak dilemma deh… terutama soal kaos. Kalo belanjanya malem, stocknya udah tinggal dikit, pilihannya terbatas, tapi kalo belanjanya sore… bawaan kita (yang udah berat) jadi tambah berat. Ya begitulah… jadilah kita menonton Java Jazz sambil sedikit olahraga weight-lifting.

Agak susah juga belanja di souvenir booth-nya Java Jazz, soale mas-mas dan mbak-mbaknya rada bolot, bukan menghina loh… sebenernya itu sesuatu yang bisa dimengerti, karena di situ kan berisik banget, dah gitu 1 orang mas-mas/mbak-mbak dalam 1 waktu bisa menghadapi 2-3 konsumen. Ya maklum lah kalo jadi agak bolot… wong kita minta kaos biru buat cewek, diambilinnya kaos putih buat cowok.

Selain belanja souvenir, hal lain yang bisa jadi dibelanjakan adalah CD. Tiba-tiba jadi banyak CD langka tuh di Aquarius dan Disc Tarra. Dah gitu… CD-CD yang tadinya keliatan gak menarik kalo dipajang di gerai Disc Tarra di mall, jadi menarik setelah dipajang di kios Disc Tarra di Java Jazz.

The Schedule
Alaammmaaakkk… jadwalnya itu loh… bikin pusying deh… ganti-ganti sesuka hati. Apa yang tertera di majalah ternyata gak sama dengan kenyataannya. Yah percuma dunk beli majalah. Mana tahun ini aku gak persiapan untuk ngeprint jadwal pula.

Gak hanya berganti sesuka hati, show-nya juga minimal telat ½ jam. Suatu kemunduran tuh… kalo tahun lalu ada sih yang telat, tapi paling hanya 15 menit. Dan kalopun ada yang diundur, itu biasanya pake diumumkan dulu.

The Artist
Sekarang saatnya ngebahas artis yang aku tonton. Sebenernya tahun ini gak ada yang bener-bener pengen ditonton. Eh pengen nonton Jamie Cullum sih, tapi bookkk… mahal pisan tiketnya, dah gitu hari minggu pula.

Jadi sempet heran sendiri, kenapa kok aku akhirnya nonton juga… Ketika nonton show yang pertama kali kami masuki, pertanyaan itu terjawab kok…

Kahitna
Kahitna adalah show yang pertama kami masuki. Aku sama sekali bukan penggemar Kahitna, tapi kebetulan Kahitna adalah show yang paling dekat dengan souvenir booth yang kami kunjungi.

Ternyata… aku menikmati pertunjukan Kahitna tersebut. Memang yang aku cari di event seperti Java Jazz ini adalah Live Performance. Artis-artis yang diundang ke Java Jazz, Live Performance mereka minimal sebaik versi rekamannya, bahkan banyak juga yang lebih bagus kalo Live. Artinya mereka bukan artis karbitan gitu loh… melainkan artis yang memang kualitasnya sudah teruji. Kahitna ini salah satunya, aku gak pernah tertarik untuk dengerin albumnya, tapi di Java Jazz ini mereka bisa jadi menarik.

Iga Mawarni & Heaven on Earth
Apa yang kucari di show-nya Iga Mawarni? Sudah tentu suaranya yang tergolong alto badak serak-serak seksi itu… Emang top banget deh suaranya… Meskipun untuk menontonnya, sempet ndeprok ½ jam di deket WC lantai basement JCC.

Maliq & d’Essentials
Yang ini nontonnya mesti pakek perjuangan: perjuangan menahan pegel-pegel, perjuangan menahan senggolan orang, perjuangan menggendong ransel yang tambah lama tambah kerasa berat, hehehe…

Not a big fan of Maliq juga, tapi aku cukup menikmati performance mereka. Terakhir-terakhir, aku ikutan joget juga akhirnya… bukan karena bener-bener “masuk” ke lagunya… tapi supaya kaki gak kerasa sakit.

Diane Schuur
Sulit untuk menolak Diane Schuur ternyata… Waktu kami masuk ke hall Diane Schuur, dia baru saja selesai memainkan suatu lagu (di piano Steinway bok…). Kemudian dia memainkan intro lagu berikutnya, dan mulailah dia menyanyi: “Someday he’ll come along… The man I love…” Wow… suaranya bok, hangat sekali, terus lagunya lagu itu pula. Memori lama yang sudah di-archive jadi sedikit terungkap, ya kembali ke masa-masa jadi artis amatiran di kampus dulu, nyanyi lagu ini kan?

Sepanjang show, karena ketidaktahuan kami, sempet diskusi apakah si Diane itu buta atau nggak. Dia gak pernah ngeliat tuts-tuts pianonya selama bermain piano. Aku menyanggah, kalo udah jagoan kayak gitu, emang gak perlu ngeliat ke tuts, ujung-ujung jarinya punya “mata” sendiri, lagian kalo ngeliat ke tuts, ntar mulutnya jadi gak di depan microphone. Ternyata… kata Erik si Diane ini memang buta.

Berbagai alasan hampir membuat kami meninggalkan show itu, tapi toh akhirnya tetep di dalam sampe lagu terakhir. Alasan pertama yang kukeluarkan adalah: rokok. “Bau rokok, apa kita keluar aja ya?” Karena menyadari bahwa di mana-mana juga bau rokok, jadi gak jadi keluar deh. Terus gak lama, aku bener-bener mengambil langkah mau keluar dengan alasan: “Capek berdiri nih, keluar aja yuk… tunggu Erik di luar aja”. Tapi sayangnya sodara-sodara, aku salah ngambil jalan, bukannya mendekati pintu keluar, malah makin terperosok ke dalam, dan menemukan tempat enak buat duduk di lantai. Sambil duduk itu, 2 kali ketiduran sebenernya. Akhirnya untuk terakhir kalinya, aku ngajak keluar lagi: “Pengen ke WC nih…”. Dedy udah beneran berdiri waktu aku minta duduk lagi karena ternyata lagu berikutnya adalah Besame Mucho. See?? Diane Schuur memang irresistible kan?

Kelesotan seharga 200rb
Kalo memang niat untuk mengejar artis-artis jazz itu, disarankan untuk benar-benar siap secara fisik. Beberapa hari sebelumnya jangan sampe kurang tidur ataupun kurang makan. Kalo tidak, bisa lebih banyak menghabiskan waktu di lantai JCC alias melakukan kelesotan seharga 200rb!!

Yah… gitu deh… akibat 2 hari begadang di luar rencana pas awal minggunya. Pas giliran waktunya java jazz dah teler duluan. Gara-gara capek, terpaksa deh melakukan snack malam, lagi-lagi di lantai JCC...

Rokok!!
Heran deh, emangnya gak ada larangan ngerokok ya? Rasanya sih tahun lalu gak berasa asap rokok dimana-mana. Kenapa tahun ini jadi berasap gitu ya?

Kostum & Shoes
Soal kostum, JCC itu memang terkenal AC-nya dingin banget. Kapan itu pernah mbak-mbak penjaga stand pameran perumahan curhat ke aku soal dinginnya AC JCC.

Sebenernya kuncinya begini sih… selama kita berada di kerumunan orang, dan gak duduk di lantai marmernya JCC, gak akan terlalu terasa dingin. Aku baru aja menemukan polanya kemarin. Dari sore sampe malam gak kedinginan sama sekali, begitu bluk… duduk di lantai dan bersandar di tembok yang juga dilapis marmer… wwwrrrrr…. Mulai deh… mencari cardigan di ransel. Cardigan gak cukup, kulapis lagi dengan kaos JJF yang baru dibeli…hihihi… kayaknya dalam sehari ini, aku sudah 3 kali ganti kostum… dari polo merah ke polo putih trus ke kaos JJF.

So… kayaknya kalo gak punya persediaan lapisan untuk menahan dingin, lebih baik selalu bawa jaket di tas. Jakarta memang panas, tapi JCC bisa dingin banget bok. Ternyata tahun lalu juga gitu kok… begitu duduk di marmer nonton Gadiz & Bass, baru deh kerasa dinginnya.

Selain kostum, yang mesti dipertimbangkan lagi adalah sepatunya. Saranku sih pakek sepatu yang paling nyaman buat kita lah yaa… sebenernya sandal donatelo kesayanganku itu cukup nyaman meskipun haknya 4 cm, dipake berdiri lama bak upacara bendera pun ga apa-apa. Tapi… perbedaan sandal donatelo itu dengan sandal jepit kesayanganku justru terasa ketika aku duduk di lantai. Kalo pake sandal jepit, gak usah dilepas dulu, tinggal didudukin sekalian aja, sedangkan sandal donatelo harus dilepas dulu, baru duduk.

The Sponsor
Sponsor yang menarik perhatianku tahun ini adalah Citra Intirama. Kalo taun lalu Citra Intirama buka pameran gede-gedean dengan macam-macam produknya, seperti misalnya Casio Privia, taun ini… mereka memberikan sponsor dalam bentuk piano: Steinway yang sampe bikin kemimpi-mimpi itu!! Citra Intirama ini yang punya House of Piano di Dharmawangsa Square, toko itu menjual piano Steinway (piano dewa) dan piano Boston (2nd line-nya Steinway).

Sponsor lainnya yang juga menarik perhatian: RSPP… Rumah Sakit Pertamina Pusat!! Surprising, isn't it? Ternyata RSPP selangkah lebih maju daripada induknya, Pertamina. Kudunya Pertamina ngasih sponsor juga… pasarnya banyak banget loh dalam event sekelas Java Jazz gitu.

Pulang
Gak bawa mobil? Dan "pintu akses rahasia" yang menuju JCC ter-blok? Di larut malam yang agak-agak menyeramkan kalo pulang sendirian itu, kalo udah kepepet... jalan aja sampe ke Hotel Sultan, terus naik taksi dari situ. Taksi-nya sih kemungkinan besar lebih aman daripada kalo asal-asalan nyetop di jalan. Lebih kepepet lagi dari itu? Ya jalan kaki aja sampe rumah... wekekekek...

Ya gitu deh... I had a good time selama nonton Java Jazz 2007 ini, tapi... mungkin lebih asik lagi kalo hari Minggu-Senin-Selasa minggu lalunya gak ada acara begadang... jadi bisa sedikit bersemangat berburu tontonan asik di arena JJF.

No comments: