Wednesday, August 27, 2008

5 Tahun Sudah... (Part 5)

Ini diambil sebelum acara malam perpisahan. Giling... aku emang keliatan gembul... Makanya waktu itu aku memilih untuk lebih sering pakek rok dibandingkan celana panjang. Gimana caranya biar bisa keliatan seperti itu tapi gak perlu mengorbankan celana panjang lama? Oya, kaos 32 ini kayaknya kena treatment yang salah deh... dari toko langsung kami cuciin di laundry Simpruk. Akibatnya... jadi mrecet memendek gak karuan gitu... huhuhu... Besok wiken kami mau ketemuan, minta Bi jadi tukang poto lagi aaahhh...

Ini pas hari penutupan. Pagi-pagi dibangunin, disuruh berangkat ke Kantor Pusat. Masih ngantuk2 sambil nunggu bis, kita sempet foto-foto begini. Di Kantor Pusat ada acara penutupan di lantai M dan sekaligus pembagian amplop surprise. Dari pagi semuanya bertampang bete, gak ada yang becanda heboh seperti biasanya. Tegang kali ya?

Isi amplopnya bener-bener surprise... hanya 1-2 saja yang gak terlalu surprise, yaitu yang keliatannya udah ditaksir di tempat OJT-nya. Aku sedikit lega, at least di Jakarta aja, tapi timbul pertanyaan berikutnya: Nanti kerjaanku dan Bi apa ya? Agak-agak berasa aneh aja sama Bi, gara-garanya beberapa hari sebelumnya aku, Bi, dan Dudut stayed agak telat di kelas... kita browsing lagu sambil nyanyi-nyanyi gak jelas, ceritanya kita lagi bersenang-senang sebelum nantinya bakal pisah penempatan. Ternyata? Akhirnya aku dan Bi malah jadi 1 paket, dan gak sampai 3 tahun kemudian Dudut bergabung dengan kami berdua.

Kembali ke Kantor Pusat... aku dan Bi jadi terpisah dari teman-teman yang lain. Waktu akhirnya kembali ke bis, yang lain sudah siap berangkat kembali ke Simpruk. Tampang2nya itu loh... sedikit yang senang (PINCE MANCE!!!), lebih banyak lagi yang termenung gak jelas.
Sampai di Simpruk, sebagian dari kami sempet naik ke atap buat foto-foto di deket lambang Kuda Laut. Suasana "aneh" masih berlangsung... sebagian karena sedih mau berpisah sama teman-teman, sebagian lagi karena masih mikirin penempatan masing-masing.

Ada satu momen yang aku ingat, siang itu aku baca koran di ruang tipi, sendirian... secara yang lain lagi beres2 barang, sedangkan barangku sudah keangkut pulang hampir semuanya. Ada salah seorang temanku yang waktu itu gak terlalu dekat, the only thing we had in common adalah sama-sama BPS TI aja, bukan teman yang bakalan bangunin aku buat sahur di Simpruk deh. Tau-tau dia duduk di ruang tipi juga, dan mulai bercerita tentang tempat penempatannya yang kami sama-sama belum pernah mendengarnya sebelumnya. Aku bingung mau ngomong apa. Secara emang aku bukan orang yang bisa menghibur orang lain dengan kata-kata berbunga-bunga out of nowhere gitu... dan pada saat itu aku gak punya data apapun tentang tempat itu. Buat aku lebih baik ngajak teman yang lagi bersedih untuk bersenang-senang, atau kutemenin aja sampe bosen, tapi tentunya itu hanya berlaku buat teman dekatku, waktu itu aku gak tauk juga definisinya bersenang-senang buat temanku itu seperti apa.

Yang aku inget, aku langsung kehilangan selera baca koran. Aku hanya menanggapi sedikit2, tapi rasanya sih gak membantu sama sekali. Mungkin dia cerita sama aku karena hanya aku yang nganggur gak jelas, yang lain sibuk sendiri sama persiapan meninggalkan Simpruk. Years later... aku cuman geleng-geleng saja mengingat momen aneh itu. Karena waktu telah menunjukkan bahwa ternyata we have other things in common selain BPS TI, akhirnya aku tauk temanku itu ngapain aja untuk bersenang-senang. Ya bertahun-tahun kemudian, ternyata dia jadi teman dekatku.
Ini foto kita di ruang tipi, sebelum pada sibuk beres-beres. Waktu itu aku tuh gaptek banget sama kamera analog Nikon yang kubawa ke Simpruk. Gak tauk gimana caranya mengoperasikan timer-nya. Jadi foto di atas ada 2 versi. Yang versi pertama gak ada aku-nya, terus tampang anak-anak pada bengong gak siap, karena aku gak sengaja memencet shutter-nya waktu mencoba ngeset timer. Akhirnya Bigul sebagai ketua kelas turun tangan ngeset timer. Barulah jadi foto di atas.
Yang ini foto pas kita lagi makan pizza di kamar 903. Ceritanya si Pince seneng banget dapet penempatan Surabaya. Jadi sorenya dia mbeliin kita-kita Pizza Hut, dan kita pun pesta pizza di kamarnya si Pince. Aku baru selesai mandi tuh, siap-siap mau pulang ke rumah. Lagi nunggu pesenan cetak poto dateng. Hahaha... iya lo... waktu itu nyetak foto baaannnyyyaaaakkk banget. Dari berbagai source klise. Yang aku inget ada punyaku, Inu, Dedy, dan mas Panji. Setelah pesenan cetak foto itu dateng, aku langsung menggelar dagangan di 902. Dan untuk pertama kalinya akhirnya anak-anak cowok dibiarkan bebas masuk ke 902 (biasanya gak boleh karena banyak "souvenir" dan cemilan di dalam kamar).

Paling sedih waktu rombongan Semarang mau berangkat pakek mobil sewaan. Kita semua rame-rame turun ke lobi, pakek 1 lift (emang hobi), huuuaaaaaa.... dadah-dadah kayak ngelepas orang naik haji. Emang waktu itu gak kebayang gimana caranya bisa ketemuan setelah pisah. Tapi ternyata... setelah itu ada aja kesempatan buat ketemu sama teman-teman itu. Apalagi posisiku di Jakarta, jadi sering kebagian gantian dikunjungi oleh teman-teman yang dinas. Bahkan makin ke sini, pernah melakukan kejahatan juga.... ngepas-ngepasin dinas biar bisa ketemuan, atau biar bisa pergi bareng.

Tak terasa memang... 5 tahun sudah berlalu sejak perkenalan pertama kami.

No comments: