Friday, July 13, 2007

Acara Semalam

Semalam adalah acara Queen Night-nya IA-ITB. Aku bantuin main piano, 1 lagu doang. Tapi berhubung udah lama banget gak main buat orang lain, jadi rasanya beda aja dengan biasanya. Kayak re-live saat pertama main buat orang lain (it was 9 years ago ternyata!!).

Pagi ini aku sakit perut… Did I eat anything harmful last night? Yang aku inget hanya makananku emang jadwalnya aneh semalam…Okay, ini cerita lengkapnya:

Jam 4 aku sampai di Front Row dalam keadaan ngantuk dan lapar, di sana baru ada mas Imam dan Ira yang dari grupku. Kita nonton mas Bubi cs check sound. Mas Imam nunjuk ke arah stage: “Git… loe liat dulu tuh digital piano-nya yang entar buat main. Itu tuh yang di depan…”

Ketika aku memperhatikan keyboard yang ditunjuk mas Imam… yang kulihat adalah logo yang sudah sangat kukenal: P-r-i-v-i-a. Tadinya aku gak ngeh, karena emang sangat jarang ngeliat Privia dari arah belakang sih… kan belakangnya selalu nempel tembok… Dari kejauhan keliatan jauh lebih ringkas dari yang selama ini kukenal (hee… mata manusia emang suka tertipu ya…).

Karena aku malas untuk jalan ke stage dan kulihat grupnya mas Bubi masih sibuk banget dengan alat-alat mereka, aku hanya komentar: “Hmm… yang itu ya… oke lah… aku dah pernah main pakek yang seperti itu. Ntar aja ah liatnya... Laper…”

Aku pun memesan Potato Skin dan Hot Lemon Tea untuk snack sore. Waktu lagi nungguin pesenan makanan, mas Bubi manggil aku. Nyuruh aku ngeliat digital pianonya. Berhubung sang penguasa panggung yang ngasih instruksi (artinya mas Bubi dah agak lowong kan…), aku pun naik ke stage.

Sempet diskusi sama mas Bubi soal kursi. Pilihan kursi adalah kursi bar atau kursi makan, yang satu kerendahan, satu lagi ketinggian. Aku akhirnya milih berdiri aja. Hihi… untung hari ini pakek sepatu sendal teplek, kalo pas lagi sepatu hak => takut jatuh kalo kudu nginjek-nginjek pedal sambil berdiri.

Nyoba mencet-mencet dikit, terus aku penasaran Privia ini model yang mana, kenapa aku familiar banget dengan layoutnya. Aku nyoba nyari slot SmartMedia, tapi gak berhasil menemukan, nyari tulisan model (sampe jalan keliling si Privia), akhirnya menemukan: “Px-400R”. Setelah menemukan tulisan “Px-400R” baru aku menemukan slot SmartMedia yang ternyata kelewat aja tadi. Setelah tauk kalo itu Px-400R aku merasa sedikit lebih pede, dan turun dari stage.

Gak lama, pesenan makanan datang. Potato Skin dengan keju leleh dan beef bacon, dikasih sour sauce. Aku makan 3, mas Imam makan 2. Hot Lemon Tea-nya terdiri dari cangkir dan teko stainless steel, teko itu isinya air 2 cangkir. Jadi sore itu minum 3 cangkir. Kekekek… pantesan aja bolak-balik ke toilet.

Akhirnya kita check sound. Koornya baru ada Ira (sopran) dan mas Imam (bass). Ujung atas dan ujung bawah dari harmoni paduan suara. Latian Take My Breath Away. Katanya aku main kelambatan, jadi pas bait kedua… mulai ngebut… hihihi… Tapi sebel euy… monitornya kurang gede… jadi aku gak bisa denger koornya. Kalo suara mas Bubi aku bisa denger, itupun kayaknya bukan lewat monitor, tapi suara aslinya. Karena aku emang berdiri persis di depan mas Bubi.

Kalo buat aku sih yang penting suara mas Bubi, karena dia lead vocal-nya kan. Yang kasian justru koor-nya. Mereka sulit denger dari monitor, udah susah dengerin suara yang lain (musik ataupun penyanyi lain), gak bisa dengerin suaranya sendiri pula.

Setelah selesai check sound, kita nungguin Wenk, Ntine, dan mas Yudoi. Namanya juga Jakarta, dah macet… buat ke Front Row itu gampangnya melintas daerah 3-in-1 pula, jadi mereka mesti muter untuk menghindari 3-in-1. Akhirnya jadi gak dateng-dateng.

Kita gak keburu buat check sound lagi, jadi jam ½ 7 aku dan Ira cabut ke PS. Ira nyari baju putih buat tampil ntar malem. Karena kayaknya dia gak bakalan sempet pulang ke Lebak Bulus buat ambil baju…

Di PS, kita ke Metro… gak terlalu lama dah nemu baju yang dicari (dan aku nemu baju yang gak dicari…hehehe…). Abis itu kita nyari makan. Tadinya aku mau ikutan Ira beli makan di Sate Senayan, tapi… aku ragu bakalan kenyang makan Tahu Telor. Aku sempat melirik Hokben juga, pengen ebi katsu. Tapi ngantrenya males banget. Akhirnya aku beli Chicken Steak di Doner Kebab. Murah, meriah, gak pakek ngantre, porsinya gak banyak, tapi rasanya biasa ajah…

Abis makan, ganti baju, terus balik ke Front Row lagi. Acaranya dah mulai. Penuh banget dengan om-om alumni ITB, sebagian kecil ada pengunjung umum yang lagi nonton AFC. Kita duduk aja di kursi-kursi bar di deket pintu masuk.

Karena jalan menuju toilet keliatan penuh banget, jadi aku dan Ira dandan aja di situ. Kekekek… seadanya, gelap-gelap, cermin sangat terbatas, sambil diliatin orang (ah, tapi siapa juga yang peduli…).

Ternyata kalo dari omongan MC (yang gak jelas sebenernya ada MC-nya gak sih… tapi at least ada 1-2 alumni yang memimpin acaranya), penampilan alumni PSM-ITB itu merupakan “acara puncak”. Halah…

Pas udah deket giliran kita, kita pindah duduk ke sebelah stage. Lama juga nungguin di situ, karena sebelum giliran PSM-ITB, om-om alumni itu dikasih kesempatan siapa yang mau ngomong. Kata mas Imam: “Yaahh.. kalo anak ITB mah dikasih kesempatan ngomong, bisa kelamaan, pengen ngomong semua…”.

Aku heran deh… ternyata setelah jadi om-om pun (bapak-bapak lebih tepatnya), beberapa alumni ITB itu tetep aja omong gede… kayak jaman orasi-orasi di kampus gitu deh. Ya gpp sih, asalkan jangan omdo… Ngomong di depan forum keliatan mulia banget, tapi gak ada realisasinya. Ada juga yang ngomong gak memandang jauh ke dalam konteks pembicaraan, padahal kan mereka udah bapak-bapak, harusnya lebih wise dari kita-kita ini yang masih muda belia. Contohnya nih: “Kita alumni ITB harus memberikan kontribusi nyata kepada masyarakat.” Sampe situ sih bener. Tapi gimana dunk realisasinya… jangan hanya ngasih pernyataan… ini sambungannya: “Misalnya memberikan solusi tentang bagaimana mengatasi lumpur Lapindo…” Nah… itu memang bener merupakan suatu wujud nyata kontribusi pada masyarakat (kalo emang ada yang bisa), tetapi… sebaiknya sih gak memilih Lapindo sebagai contoh kasus di depan forum gede gitu, karena itu sama dengan mengingatkan pada aib sendiri. Aku sama mas Imam aja langsung bisik-bisik: “Lapindo?? Ih… bukannya yang bikin gara-gara... anak ITB juga yaaa??” Aku tidak tahu sih persisnya siapa atau gimana lumpur Lapindo itu, tapi seperti itulah persepsi yang ada di masyarakat. Yah kita liat aja lah… ada realisasinya gak…

Sambil nunggu mereka selesai ngomong, aku mulai mules… duh norak banget kan… dulu aja pas pertama main di depan publik, rasanya biasa ajah, gak pakek mules…

Akhirnya para alumni selesai ngomong, kita tampil ke stage. Aku dengan cueknya lupa gak ngecheck settingan tone-nya Privia itu. Aku ngeliat sekilas sih, setting tone-nya terpasang di “Elec. Piano 1”, tapi aku gak ngeh kalo sebenernya "Elec Piano 1" <> “Stereo Piano”.

Uuuuu… mas Bubi memulai lolongan ala Freddie Mercury. Setelah intro lead vocal dan koor, masuk intro piano. Jreng…jreng… jreng… Pas si lead vocalnya masuk lagi, aku baru nyadar kalo ada yang salah dengan suara pianonya… terlalu elektrik. Baru ngeh kalo tadi yang kuliat itu tulisannya “Elec. Piano”, bukan “Stereo Piano”… !!! Whoopss… ah sutralah…

Karena monitornya gak asik, jadi aku sempet kebut-kebutan sama mas Bubi. Bukan kebut-kebutan sih… tapi aku suka tiba-tiba kecepetan… abis itu menyesuaikan. Haha… tapi untunglah akhirnya berakhir dengan bahagia… hehe… gak tauk bagus apa enggak, pokoknya aman aja… aku gak ada bikin aneh-aneh…

Aku nunggu sampe lagu terakhir. We Are The Champion. Gilingan… om-om alumni itu pada heboh-heboh pisan dengerin We Are The Champion. Sampe ngangkat2 tangan segala.

Yah, tapi aku senang lah… bisa main piano lagi di depan publik, ternyata enak. Dah hampir lupa rasanya sih… pengalaman yang menyenangkan.., meskipun agak menyeramkan awalnya.

2 comments:

imgar said...

Oh..alumni ITB kaya gitu ya..?
pada omong besar ? :D
*lirik kanan-kiri*

KITA! said...

Hihihi... Gak semua siihh. Tapi yang ombes/omdo lebih noticeable dibandingkan yang gak ombes kan?

Jadi malu... :-P