Monday, January 15, 2007

Yogya Lagi: Semalam Bersama Mas Robi

Mas Robi adalah pak becak yang menawarkan becak di depan Mal Malioboro. Lagi-lagi menawarkan harga yang underpriced. Tapi... ya sudah... kita iyakan saja dulu (lha ya... sudah underpriced, masa’ mau ditawar lagi?).

Kita naik becak convertible dengan atap terbuka. Tempat kunjungan pertama adalah pak Pele, warung Mie Jawa. Sebenarnya aku pengen ke Bakmi Kadin, tapi si pak becak itu menawarkan ke pak Pele saja, selain lebih dekat, dia juga lebih rame. Hehe... mana aja lah, yang penting Mie Jawa, dah laper neh... dan terbukti pilihan itu cukup tepat... karena ternyata rombongan bapak-bapak pada makan di Bakmi Kadin... huehehehehe... gak seru aja, kalo ketemu mereka... mereka kan naik mobil, kita naik becak.

Pak Pele itu lokasinya di alun-alun dekat Kraton. Menyediakan tempat duduk lesehan maupun berkursi (ini informasi penting loh... terutama untuk yang kurang nyaman makan sambil duduk di bawah...). Pak becaknya sekalian diajakin makan. Aku sudah curiga sama pak becak itu, sepertinya dia gak hanya pak becak saja. Abis omongannya tuh cukup intelek dan nyambung.

Pas lagi makan gitu ada pengamen paduan suara, niat banget lah... gitarnya aja 3, terus kecrekan 1, kendang 1, terus 5-5nya ikutan nyanyi. Sayangnya mereka gak sempet ngamen buat kita. Lumayan kan kalo iya, bisa request lagu yang aneh-aneh.

Tujuan selanjutnya adalah Bakpia Pathok 25, tepatnya di pabriknya. Duile... ternyata sabtu malam gitu penuh banget bok.... dah gitu Bakpia Rasa Campur-nya dah abis pula...

Abis itu selanjutnya ke Dagen, terus pulang ke rumah. Dalam perjalanan pulang itu, si pak becak ini cerita kalo selain mbecak, dia juga ngojek, dan menerima carteran mobil, bisa jadi guide juga. Wualah... multi profesi gitu yak... becaknya ada 2, terus motornya adalah pemberian orang asing yang kebetulan pernah jadi client-nya. Dia bilang sih dia memang termasuk bejo, bersyukur banget bisa ketemu orang-orang baek kayak gitu, jadi dia maunya kerja itu yang jujur-jujur saja, gak mau macem-macem. Dia juga gak menyia-nyiakan tiap kesempatan untuk berusaha. Pokoke struggle deh...

Sebelum masuk ke gang rumahnya bu Ning, aku sempetin untuk nanyain namanya. Biar jadi gak terlalu tipikal: diskusi macem-macem sama orang lain, tapi kita gak tauk namanya, seperti yang sangat sering terjadi di pesawat dan kereta.

Masnya ini namanya siapa ya?
Kalo temen-temen sih manggil saya Robi...

No comments: