Monday, January 15, 2007

Yogya Lagi: Borobudur & Guide Amatiran

Sempet-sempetnya ke Borobudur dulu sebelum ke kondangan. Karena rekor Borobudur-ku sudah 4 kali (pas gerhana matahari tahun 1983, pas bareng SMP 41, bareng bapak ibu lagi tapi lupa kapan, bareng si Irva tahun 2005), jadilah aku dijadikan guide amatiran buat menjelaskan ke pak Salam.

Nah, terus pak Salam kan nanya, relief yang di tingkat Rupadhatu itu ceritanya apa. Hmmm... aku hanya ingat mas Ghani pernah menjelaskan Ramayana yang gak berakhir dengan bahagia itu, tapi itu dimana ya? Oh, ternyata di Prambanan. Jadi... kalo di Borobudur bukan Ramayana, artinya relief Borobudur bercerita ttg Mahabarata. Mulai deh aku bercerita ttg Mahabarata, ttg Kurawa dan Pandawa yang sepupuan dan berebut tahta. Terus komentarnya: kayak film India ya... aku tambahin aja: Ya, memang Mahabarata juga dari India...

Ternyata bok... nyampe di Jakarta, baru Ndoro bilang kalo Borobudur itu relief-nya bercerita ttg Sidharta Gautama. HUUUAAAA.... jadi salah dunk Mahabarata-nya?! Setelah aku ingat-ingat lagi, Mahabarata itu kan cerita agama Hindu, sedangkan Borobudur adalah candi agama Buddha. Gak matching bok!! Huahahaha... dasar amatiran...!!!

No comments: