Tuesday, January 16, 2007

Yogya Lagi: Batik... Batik... Batik...

Mencari baju batik itu ternyata gak selalu gampang, meskipun warna. corak dan model yang dicari itu lumayan standar.

Hari Jum’at aku, Vivi, dan Valdi ngeliat “batik fusion” di Mal Malioboro. Kalo dari jauh diliat pake sedotan, coraknya kayak corak Parang standar, tapi warnanya biru-lebih-ngejreng-dari-biru-ben-hur. Setelah didekati, ternyata sama sekali bukan parang coraknya, dan tentu saja motifnya itu printing, bukan dikerjakan dengan cap apalagi batik tulis. Sebenarnya itu kain bermotif modern, tapi strukturnya kayak batik, makanya aku menyebutnya sebagai “batik fusion”. Pokoke lucu deh... gimana gambarinnya ya? Tapi... ternyata ukurannya terbatas... paling gede ukuran L... huehehehehehe.... si Valdi ga jadi beli deh...

Sabtunya, berburu batik untuk kondangan hari Minggu. Wuahaha... nekad juga... kalo sampe malam itu gak dapet batik, Minggu-nya... Dedy bakalan pake kemeja biasa, kayak orang ngantor dunk...

Untung saja kriterianya mudah:
1. Yang katun atau yang silky? Katun.
2. warna apa? Warna putih yang motifnya coklat => artinya corak batik tradisional Yogya.
3. Tangan pendek apa panjang? Pendek.
4. Special request: kalo bisa model kerah cina

Setelah menghitung variable-variable tersebut di atas, maka didapat kesimpulan: Kalo gitu kita harus mulai dari Mirota Batik.

Huahahaha... boong banget deh... sejujurnya sih... apapun kriterianya, aku tetep bakal nyari di Mirota Batik duluan!! Selain tempatnya paling ujung, dia juga menjual beraneka ragam batik, yang warna-warni, yang mahal, yang murah, yang gede, yang kecil, yang tangan panjang, tangan pendek, tangan kutung, dst...

Ternyata... di Mirota itu, batik tangan pendek yang kain Yogya itu ternyata gak terlalu banyak. Tapi dari yang gak terlalu banyak itu, jenisnya beraneka ragam. Ada yang motifnya too artificial (motif batik tapi terlalu seragam dan bersih, kayaknya sih printing, bukan cap-capan), ada yang batik tulis, ada yang normal (batik cap-capan), akhirnya menemukan 2 baju untuk dibawa masuk ke kamar ganti. Ternyata... yang satu kegedean banget, satu lagi junkies. Waktu nyari motif dan merk yang sama dengan ukuran beda, gak ada. Rupanya untuk model dan merk yang sama...tapi ukuran beda, motifnya berlainan. Misalnya merk A motif kawung kecil-kecil ada ukuran M-nya, belum tentu dia punya ukuran L-nya. Dari pabriknya emang gak ada yang ukuran L untuk kawung kecil-kecil tadi, adanya yang motif lain. Duh, pusing deeehhh....

So... Malioboro III: Search For Batik pun dimulai... toko batik yang ada di Malioboro dimasuki satu per satu. Kebanyakan kasusnya gitu, setiap ada motif yang cocok, ukurannya gak ada. Sampe-sampe di Batik Keris yang sudah standardized (setiap motif ada ukurannya) pun kayak gitu. Sudah nemu baju motif parang yang oke, tapi ukuran yang cocok tuh pas lagi abis. Terus sampe ditelponin ke toko batik Keris satu lagi yang ada di sebrang jalan, mereka bilang mereka punya ukuran itu. Terus kita sudah nyebrang juga... sampe di sana, lha kok gak adaaaaa....????

Tapi untunglah, tidak seperti Star Trek III: Search For Spock, kita gak perlu tembak-tembakan melawan Klingon dulu sebelum menemukan Batik yang dicari. Setelah keluar masuk toko, akhirnya nemu 2 potong baju batik yang cocok dengan kriteria di atas.

Setelah itu tinggallah giliranku mengambil batik pesanan di Batik Gading, Mal Malioboro. Hari Jum'at aku sudah milih corak dan warnanya, Sabtu tinggal ngambil saja. Ternyata cute banget deh.... (hihihi... mengagumi batik pilihan sendiri... dasar narsis...): motif parang standar ukuran kecil-kecil berwarna biru. Kenapa biru? Biar lebih matching kalo dipakai dengan blue jeans.

Ya...ya... kalo aku sekarang ini lagi mau memperbanyak penggunaan batik untuk suasana santai. Batik dipadukan dengan jeans dan dipake ke mall, batik dipake kuliah, jadi gak hanya buat ke kantor kalo hari jumat atau buat kondangan atau buat daster.

Selain itu adalah warisan nenek moyang kita, batik juga nyaman dipakai (yang katun loh), terus matching-in-nya gampang (terutama yang warna natural batik: coklat), dan pantas dipake di segala suasana. Sambil bergaya, mari kita lestarikan warisan nenek moyang kita!!

No comments: