Monday, January 15, 2007

Yogya Lagi: Makan Apa Aja

Nasi Goreng Katering
Ini nasi goreng bikinan katering langganannya bu Ning. Yang spesial adalah sambel kecapnya yang kental dan penuh dengan biji cengek (hmm... cengek itu kandungannya yang baik di bijinya bukan ya?), tapi gak pedes-pedes banget.

Soto Pak Sholeh
Soto pak Sholeh ini ada di banyak tempat, tapi pusatnya itu di jalan arah Godean. Sotonya bening, dengan isi full jeroan. Kalo kesorean dikit, bisa kehabisan.

Food Court Mal Malioboro
Yang ini sebenernya gak seru, tapi berhubung lapar, jadi sepiring siomay yang bumbunya Enggak Banget pun habis disantap.

Sate Kelinci
Makan sate kelinci di Kaliurang. Ini pertama kali makan sate kelinci, warnanya kayak ayam, tapi teksturnya lebih kasar. Untung aja di sini gak kayak di Lembang, yang kelincinya bisa dipilih dulu. Hiii... gak bakalan tega deh kalo disuruh milih kelincinya dulu baru dimakan dan disate. Abis kelinci kan cute banget...

Ayam Goreng Tojoyo 3
Yang ini terletak di Jl. Solo, gak banyak komentar sih, soale makanannya enak, seperti yang diharapkan, tapi gak ada yang istimewa. Tojoyo ini menutup wisata kuliner pada hari Jumat yang diawali oleh Nasi Goreng Katering.

Lemper dan Bajigur Katering
Aku gak suka jahe sebenarnya, tapi karena sudah dibeliin bajigur dari katering, aku makan..eh... minum juga. Ternyata... bajigur katering itu gak terlalu pedes, lebih dominan manisnya.

Sop & Soto Cak Nur
Yang ini agak mepet sawah sedikit. Kata bu Ning sih dulu di pinggir jalan yang menuju Magelang, sekarang sudah pindah masuk ke salah satu jalan. Tempatnya jadi gede, tapi mepet sawah (me-wah). Tempe gorengnya cara motongnya aneh, tapi uwenak tenan. Renyah banget, padahal ini tempe goreng biasa loh, bukan tempe mendo, tempe goreng tepung, apalagi tempe keripik.

Food Court Diamond Saphire Square
Yang ini hanya ngemil sih. Minum es kelapa, es cincau, dan singkong keju. Enak sih... singkong godog pake keju-nya.

Bakmi Pak Pele
Aku suka Mie Godog ala Jawa... apalagi yang dicampur potongan cengek (asalkan jangan kebanyakan cengeknya). Kemaren mesen Bakmi Nyemek. Telurnya lebih sopan dari Bakmi Kadin. Kalo Bakmi Kadin bener-bener orak-arik kecampur sama mie-nya, kalo ini telurnya masih rada utuh. Jadi buat para penghindar telur, bisa memindahkan telurnya ke piring tetangga.... Kalo soal rasa sih 11-12 lah sama Bakmi Kadin. Tempat makannya ada dua pilihan, ada yang lesehan, ada kursi.

Sop Buntut Samirono di warung tenda sepanjang Jl.Kaliurang
Pulang jalan-jalan, aku diculik lagi sama bu Ning untuk makan malam dan (rencananya) nonton midnight. Karena sudah makan di Pak Pele tadi, aku hanya mesen Bebek Goreng tanpa nasi. Yummy....

Bubur Ayam di depan Malioboro Mal (sambil diliatan/ngeliatin orang aerobik)
Aku sebenernya gak hobi banget sama bubur ayam. Trus aku lebih milih bubur ayam yang rada kering, kurang berair. Sayangnya... bubur ayam di Malioboro itu malahan ditambahin kuah... weekksss.... tapi rasanya sih enak, potongan ayamnya lumayan banyak. Makan pagi di Malioboro ini menutup petualangan kulinerku di Yogya kali ini.

No comments: