Tuesday, August 22, 2006

Liburan Kemerdekaan 1: Ibu Kota Priangan

Sebagai pembuka liburan HUT Kemerdekaan RI, aku pergi ke Bandung selama 2 hari, dan mengunjungi tempat-tempat yang sudah sering aku kunjungi, tapi selalu terlewatkan...

Km 0 Bandung

Di Jl. Asia Afrika, tepatnya di depan Dinas Bina Marga Propinsi Jawa Barat, ada sebuah pal kilometeran yang menunjukkan bahwa titik itu adalah km 0 dari jalan raya yang membelah kota Bandung. Menurut sumber yang pernah aku baca, di titik itu Daendels menancapkan tongkatnya dan memberikan perintah untuk membangun sebuah kota di tempat tancapan tadi.

Aku sudah berkali-kali melintasi pal kilometeran tersebut, tapi belum pernah berhenti untuk mengamati atau berfoto. Siang itu, aku sama Ndulo berniat untuk foto di dekat pal kilometeran itu. Ternyata, di kantor Dinas xxx lagi ada acara lomba 17-an!! Ada yang lagi turnamen voli, ada yang lomba senam, ada juga yang hanya jadi suporter.

Tapi keliatannya lombanya seru banget, sampe-sampe mereka gak memperhatikan kita yang berfoto-foto di depan kantor mereka.

Gedung Merdeka
Sekitar 100 m dari pal 0 km tadi, terdapat Gedung Merdeka. Gedung tersebut merupakan tempat penyelenggaraan Konferensi Asia-Afrika 1955. Sekarang di gedung itu dibuka musium, namanya: "Museum Konperensi Asia-Afrika". Bener-bener pake p loh, aku jadi ragu sebenernya menurut bahasa Indonesia baku, yang betul itu konferensi atau konperensi ya?

Oya, museum-nya terawat banget, ber-AC, pokoknya nyaman banget deh... terus gak dipungut biaya pula. Hmm.. Akhirnya aku pernah masuk ke museum itu, setelah bertahun-tahun.

Toko Sumber Hidangan
Siang itu, akhirnya aku masuk ke toko roti Sumber Hidangan. Sebelumnya juga belum pernah masuk. Duh, itu toko jadul banget, mengingatkan aku sama toko Oen di Malang. Aku hanya makan es krim yang katanya mereka buat sendiri... trus beli kue Bokkenpoot (eh bener gak ya namanya kayak gini?).

Selebihnya, menghabiskan waktu di Bandung dengan kegiatan standar Bandung: masuk ke mall atau factory outlet...heheheh... tapi untungnya gak ada yang menarik... Terus sempet reuni kecil-kecilan sama an unexpected fellow & co... (maksudnya... aku sedikit kaget juga, loh... kok dia kebetulan ada di sini?). Sempet ke warnet di sebrang rumah, gila yaa... kayak jalan tol Pondok Indah jaman dulu... bisa ngebut... download 18 MB gak nyampe 1/2 jam, beda banget sama di kantor yang mesti pake berdoa dulu: mudah-mudahan ajaaa gak pake putus. Amin. :-D

1 comment:

Nu Life said...

Just blogwalking ! Met kenal dari www.zonatanpasiksa.blogspot.com