Friday, June 03, 2005

Phone Restricted

Anyel aku... arep misuh... mung pancen aku sing iseng sih...

Begini... tadi sore, pulang dari kantor aku langsung main-main dengan nokia 3200-ku. Pasang Cable DKU-5, connect ke USB, mmm... tapi tidak seperti biasanya dia tidak ter-detect di PC-ku. Hmm... Kenapa ya? Jadi aku coba mematikan HP-nya, kemudian menyalakan lagi. Masukkan PIN. And guess what... keluarlah tulisan itu : Phone Restricted. What?? What had happened to my phone??

Dia (teleponku itu) minta aku untuk memasukkan Restriction Code, wah... benda apa pula itu. Kalo PIN, PUK, Security Code, aku pernah dengar. Tapi Restriction Code, wah... belum pernah. Aku coba masukkan PIN-ku, gak mempan. Jadi gak bisa login ke teleponku dunk. :-( Wah iki... SIM Card baru 1 bulan padahal.

Aku coba pindahkan SIM Card ke pesawat telepon lain. Hmm, berjalan dengan baik tuh. (at least bukan SIM Card-nya). Akhirnya aku keluarkan jurus pamungkas: Ask the Internet. Hehe... browsing, browsing, dan browsing... Wah, di Internet ada forum Cells Phone Hacking ternyata. Duile, serem banget sih. HP kok pake di-hack segala, kayak web site pemerintahan ajah. Ya.. dengan mengetahui nomor IMEI telepon kita, bisa di-generate Restriction Code yang diperlukan itu. Dan ternyata banyak juga orang yang mengalami problem yang sama (kalo di antara teman-teman dan keluarga sih, ini yang pertama).

Tapi... rasanya sih nggak meyakinkan. Daripada 3200-ku malah jadi tambah parah, kayaknya mendingan aku bawa ke Service Center-nya Nokia di Graha Bimasakti deh, cuma 2 km dari rumah ini. Terus kalo servis di situ, ada bonusnya bolu Blueberry, slurp!! Hehehe... lumayan to? (eh... aku bukan bermaksud promo Service Center-nya Nokia loh)

Jadi... pelajaran yang diambil hari ini:
1) jangan terlalu kreatif sama alat2 elektronik kesayanganmu kalo tidak mau terlibat masalah (kalo siap bermasalah, mangga wae...)
2)pake Nokia ternyata gak jaminan juga ye, meskipun begitu: teteeeuupp... I love Nokia

Duh, mudah2an aja si service center bisa menyelesaikan problem ini.





1 comment:

WINNY said...

hp gue juga gtu, loe gmna perbaiki?
ajarin donk ..
tlong kci tau lewat email gue ya. winny_lim@ymail.com