Monday, February 18, 2008

Wisata Kuliner Bandung by Hayat

Perjalanan ke Bandung kemaren diawali dengan perjalanan dari Menara Standard Chartered ke Kartika Chandra yang melelahkan. Yup!! Gak salah tulis: Menara Standard Chartered atau Menara Satrio si gedung borju menuju ke Kartika Chandra. Secara geografis, kedua gedung tersebut berdekatan. Dari Menara Satrio, Hotel Kartika Chandra jelas terlihat. Tapi... ternyata secara lalu lintas, ceritanya lain lagi...

Untuk keluar dari seputaran Semanggi aja susah banget, macet... Tadinya mau lewat sebelahnya kompleks Sampoerna, tapi setelah 5 menit gak bergerak, pak supir taksinya putar arah lewat sebelah Plasa Semanggi. Sama macetnya sih, tapi yang ini lumayan bergerak. Meskipun sangat lambat... lepas dari Plasa Semanggi, pak supir taksi langsung tancap gas, dan tiba di Kartika Chandra, sekitar 3 menit sebelum travel ke Bandung berangkat.

Waduh... rada-rada pengen ke toilet pula... aku minta ijin sama mbak-mbak yang jualan tiket, sekalian nanya lokasi toilet. Ternyata toiletnya di lobi hotel Kartika Chandra. Kata mbak-mbaknya silakan aja ke toilet. Tas baju kutinggal di sebelah meja tiket, sedangkan tas laptop aku bawa ke toilet.

Ternyata... nyari toilet di lobi hotel gak gampang... gak ada petunjuknya sih... setelah muter dikit, ketemu deh... tapi... rupanya hanya ada 2 bilik di dalam toilet, dan 2-2nya terisi. Lama banget pula... huhuhuhu... aku sudah ngebayangin di luar sana pasti penumpang travel lainnya sudah menungguku...

Waktu akhirnya aku selesai dengan urusan di toilet, aku langsung lari ke xtrans, bener aja... di xtrans para petugasnya sibuk mencari ibu Agrita... huhuhu... maap ya bapak-bapak, ibu-ibu...

Travelnya berangkat... aku langsung tidur. Bluk!! Pokoknya 80% perjalanan kuhabiskan dengan tidur... paling terbangun sebentar di tempat-tempat penting, abis itu tidur lagi. Capek... abis ngejar waktu dari Satrio ke KC tadi... Di perjalanan kayaknya sempet ujan gede. Untungnya nyampe di Bandung udah tinggal rintik-rintik aja.

Sampe di Bumi Xtrans jam 6, aku langsung jalan ke Cipaganti, nyari Caheum-Ciroyom. Anginnya chilly... bbbwwwwrrr... harap maklum, habis hujan...

Nyampe rumah... sempet beli mie tektek yang mangkal di Jl. Cisitu Baru, terus sempet menerapkan remote desktop model baru... (remote desktop via SMS). Ngapain lagi ya? Pokoknya jam 10 kurang itu sudah tak kuasa melek untuk menunggu Hayat. Bluk... tidur aja... Tau-tau terbangun karena ada orang di dalam kamar. HAYAT!!!! Wualah... ternyata sudah sampai...

Sebelum tidur ngerumpi dulu... biasa deh... abis itu gak tauk jam berapa baru merem. Bangun-bangun udah jam 8 pagi. WUAAA... siang banggeeettt...

Dan pas kita baru selesai mandi (belum sempet melahap kupat tahu), Zu udah nyampe di BIP... ya udah deeh... akhirnya Zu dipandu untuk ke rumah dulu... hehehe... dan kita pun sarapan kupat tahu bertiga. Hmm... yummy... kupat tahunya udah kembali ke kualitas aslinya... Apakah harga kacang sudah turun?

Tujuan pertama hari ini adalah gang Tamim. Dulunya daerah jajahanku kalo pengen beli bahan jeans, malah pernah juga belanja bahan buat bikin stola (selendang panjang), beratnya 5kg... Naik angkot Cisitu-Tegal Lega dari deket rumah, nah terus berhenti deket Tamim. Jalan dikit.

Tapi... terakhir kali berkeliaran di tempat itu sekitar tahun 2001, aku sudah lupa toko-toko mana yang recommended. Akhirnya tanya sana-tanya sini, dapet juga toko yang jual bahan parasut: Sinar Abadi. Tokonya masuk ke cluster ruko gitu, terus gak ada papan nama-nya. Tokonya tuh menjual segala jenis parasut. Dari mulai yang lapis karet, yang tipis biasa, yang tebel, yang kedap air, yang tembus air, buat jaket, buat tas, buat training, sagala aya deh... harga pun beraneka ragam. Yang tebal ada lapisan karetnya itu (biasanya buat jas hujan) itu bisa 15000 per meter. Yang tipis bisa dapet 7000 per meter. Furing (kain pelapis) juga beraneka ragam. Ada yang saten, ada yang jaring-jaring.

Abis itu kami jalan kaki ke toko Dunia Baru. Hmm... ini berbeda dari Dunia Baru yang jualan buku-buku teks bajakan loh. Udah lokasinya lebih jauh, yang ini jualan pernak-pernik perlengkapan jahit. Abis itu jalan kaki lagi... melintas alun-alun, menuju hotel Savoy Hommann.

Di Savoy kami bergabung dengan Jati dan mbak Tiwi. Ya ampyun deh... di kamarnya Savoy itu... kamar mandinya eksibisionis... dindingnya kaca... jadi kalo lagi nongkrong, bisa keliatan dari tempat tidur... Kalo aku sih... misalkan di kamar sendirian pun, tetep aja rasanya... gimana gitu... tirainya mesti ditutup.

Dari Savoy, jalan kaki lagi... menyusuri Jl.Asia Afrika ke arah Simpang Lima... mencari yang jual gule dan sate kambing. Ternyata... ketemu tempat makannya di Simpang Lima, namanya H.M.Harris... Aku bukan penggemar gule kambing, tapi gule kambing yang ini rasanya enak. Gak berasa amis. Gak berasa prengus. Enak lah... dagingnya juga empuk... Sate kambingnya juga empuk. Yummy...

Selesai makan, kami naik taksi ke Parijs Van Java. 25000 bok!! Dengan tawar menawar... menurut aku sih... segitu murah banget. Kami kan berlima. Kalo naik angkot, gak bisa cuman 2 kali, mesti 3 kali. Artinya 1 orang bisa ngabisin 6000 rupiah, dikali 5, jadi 30rb kan kalo naik angkot? Belum plus ongkos jalan kakinya.

Di Parijs Van Java, ya standarlah... liat-liat baju, terus sempet nongkrong di Mocha Blend.. pas lagi asik nongkrong gitu, huuujjjjaaaannn!!! Padahal kami milih tempat duduk di luar... wahahahaha... ya sudahlah jadi Hot Choc with Rainy Topping... alias coklat panas campur air ujan. Sempet liat-liat Body Shop juga, beli EDT Cassis Rose yang udah dicari ke 3 Body Shop di Jakarta.

Abis itu, kita menuju ke resto Pawon Pitoe, di Jl.Talagabodas. Konon kabarnya ini resto istrinya Ariel Peterpan. Speciality-nya adalah Iga Bakar. Emang empuk banget Iga Bakar-nya... kemaren aku mesen Lidah Goreng Rempah... wah... ini juga yummy banget, bawang gorengnya itu loh... Arrrgghhh... kenikmatan duniawi lah... sayangnya tempatnya kecil, gak begitu banyak tempat duduknya.

Setelah kenyangs, kami pun pulangs. Sampe rumah gak butuh waktu lama, tiddduuurrr....

Paginya, sarapan kupat sayur dulu, abis itu ke batagor Kingsley. Sarapan #2 dan beli batagor pesenannya Sapi. Setelah itu pulang lagi, beres2 bentar, terus ke Bumi Xtrans. Pas nyampe Bumi Xtrans, pas ada travel jurusan Kartika Chandra bentar lagi mau berangkat. Buruan beli tiket, terus naik. Hmm... padahal tadinya mau beli Klaapertaart yang di sebrangnya Xtrans, pengen nyobain aja. Lebih enak atau nggak dibandingkan dengan Evietta.

Hmmm... kayaknya kebanyakan jajan ini... eheheheheh... sampe gembul gini.