Friday, November 03, 2006

Wikimania

Aku suka Wikipedia, ensiklopedi gratisan yang ada di Internet itu. Menurutku situs model wiki adalah suatu terobosan tersendiri, setara dengan blog. Browsing di Wikipedia itu menyenangkan, misalnya kita mulai dari topik A, ntar sejam kemudian bisa-bisa kita sudah ada di topik Z yang keliatannya gak ada hubungannya dengan A, tapi kenyataannya terhubung secara gak langsung melalui link-link yang ada di teks-nya Wikipedia.

Nama Wiki itu ternyata berasal dari "Wiki Wiki": shuttle bus yang ada di Honolulu International Airport. Situs model wiki ini pertama kali diperkenalkan oleh Ward Cunningham di situsnya yang bernama WikiWikiWeb. Wiki Wiki sendiri berasal dari kata "waka waka", bahasa Hawaii yang artinya "cepat". Ada juga yang menciptakan backronym dari wiki: "What I Know Is", berhubung Wikipedia adalah tempat orang-orang bisa berbagi ilmu pengetahuan. Cerita selengkapnya ada di sini.

Tadinya aku gak begitu peduli dengan yang namanya Wikipedia. Hanya tauk bahwa setiap kali aku googling dan mengetikkan suatu keyword, sering banget keluar link yang menunjuk ke Wikipedia. Sampai suatu hari... aku menemukan situs Memory Alpha. Situs yang satu ini menggunakan web application yang sama dengan Wikipedia, yaitu MediaWiki. Memory Alpha berisi berbagai macam info tentang Star Trek, ya... Wikipedia-nya Star Trek.

Ternyata asik banget browsing di Memory Alpha... bisa ngeliat sinopsis dari The Cage sampe dengan These Are The Voyages..., dari The Motion Picture sampe upcoming-Star Trek XI, lengkap dengan background information-nya. Terus ada juga informasi2 dari "dunia nyata", yang gak ada di Star Trek Encyclopedia/Omnipedia. Di Encyclopedia tuh kebanyakan infonya dari "dunia star trek", info-info dari behind-the-scenes gitu gak ada. Gara-gara Memory Alpha, aku jadi suka browsing di Wikipedia yang asli juga...

Jadi, kalo lagi gak ada bahan bacaan, lagi gak tauk harus browsing apa... masuk aja ke Wiki... pilih salah satu link yang ada di halaman utamanya, dan ikuti aja kemana mouse ingin nge-click...

Wiki Wiki Wiki Wiki Wiki Wiki Wiki Wiki....

1 comment:

Credo said...

Hwahaha, aku jg suka banget baca2 di wikipedia.. Mulai dr biografi spt Laura Ingalls, Enid Blyton, Regine Velasquez, dan segala macam orang terkenal lainnya. Juga ttg berbagai hal yg menarik perhatianku. Biasanya ada di wikipedia (search di google dulu jg sih biasanya)

Soalnya infonya mantap banget :D