Monday, November 27, 2006

JGTC - 19 November 2006

Waktu nyampe di FEUI, Depok jam 11 siang bersama Ndulo & Bulo, parkirannya masih sepi. Mobil kita adalah mobil ketiga yang masuk di area parkir JGTC.

Gak hanya parkiran, areal JGTC-nya sendiri juga masih sepi. Sebagai tanda masuk, kita distempel di leher. Aneh banget sih... masa’ ngasih cap di leher, leher kan termasuk anggota badan yang gampang berkeringat. Gak lama, pasti tinta stempel-nya luntur deh. Tapi untung deh... kita datengnya agak pagi... coba kalo udah sore, bayangkan... pasti stempel-nya udah nempel di leher ratusan bahkan ribuan orang, yang penuh dengan keringat. Hiiyy... jayji jijay...

Selain dikasi stempel, kita juga dikasi setumpuk majalah dan tabloid dari sponsor yang awalnya kita anggap annoying dan menuh-menuhin tas.Terus kita cari tempat buat duduk dulu buat masukin tumpukan majalah kita dan mulai ngeliat leaflet. Ternyata ada dua panggung: Cozy dan Jazzy. Panggung yang paling dekat dengan tempat kita masuk adalah panggung Cozy.

Kita tungguin sampe show di panggung Cozy selesai dulu, terus waktu mereka lagi pergantian pemain, kita jalan ke panggung Jazzy yang ada di sisi lain dari halaman FEUI. Dalam perjalanan ke Jazzy, kita sekalian ngeliat-liat bazaar, tapi kok gak ngeliat ada yang jualan merchandise ya?? Kayaknya sih ada, tapi kurang mencolok...

Waktu sampe di Jazzy, kira-kira hampir jam 12 tuh, panas pisan kan, tapi kita menemukan space buat duduk di bawah pohon, penuh rumput pula. Nah... ternyata tabloid tadi berguna di sini: buat alas duduk. Terus kalo majalahnya, ya buat dibaca-baca, kalo lagi nunggu pergantian artis, atau ya dibaca sambil dengerin si artis main musik. Dengerin musik kan gak selalu membutuhkan konsentrasi penuh...

Jadinya... secara umum, yang dilakukan selama JGTC adalah duduk di bawah pohon sambil baca majalah, dan mendengarkan live music yang main di panggung Jazzy. Gak lupa menikmati angin semilir-semilir, namun tetep kesumukan.

Artis pertama yang kita nikmati adalah Zefa, pianis ABG. Tauk gak sih... aku tuh dari dulu mengira bahwa Zefa itu anak perempuan. Sejak awal membaca artikel dan iklan-iklan di milis ttg show-nya Zefa and The Uncles, aku gak pernah berpikiran bahwa Zefa bukan perempuan, bahkan setelah menontonnya di Java Jazz... (yah, di Java Jazz emang aku nonton dari mezanin sih, sambil makan pula, sementara Zefa main di lobby).

Tapi ternyata bou, di JGTC kemaren, aku baru ngeh kalo Zefa itu anak laki-laki!! Hahaha... payah banget yee... duh maaf deh....

Berikutnya adalah Kul Kul, band dari Bali, yang lengkap dengan alat-alat musik Bali. Keren banget... My favorite adalah Janger yang dibawakan dalam fusion, uh oh jadi ingat Janger versi paduan suara yang ngetop banget itu (di kalangan paduan suara sih), sampe udah dibikin beberapa versi.

Oya, speaking of fusion nih... Kul Kul ini menurut aku adalah fusion yang sukses, mereka memadukan musik tradisional dan modern, dimana dua-duanya gak kehilangan cirri masing-masing. Itu gak gampang, banyak juga musisi yang berusaha menggabungkan keduanya, tapi pada akhirnya salah satu ketilep sama yang lain.

Setelah Kul Kul ada Idang Rasjidi, karena bukan penggemar berat, jadi sambil lalu ndengerinnya. Plus kita sambil makan siang Goiza. Karena kita gak mau meninggalkan tempat kita yang strategis itu, jadi aku saja yang pergi beli makan siang. Terus dibawa balik ke spot kita itu.

Trus... abis Idang, ini dia yang ditunggu-tunggu: Tompi!! Penampilan Tompi siang itu gak sekeren yang di Java Jazz sebenernya, tapi tetep lebih keren dari kalo hanya dengerin kasetnya aja sih... Yang menakjubkan adalah dia benar-benar menyedot penonton. Waktu Tompi baru mulai nyanyi, lapangan di depan panggung Jazzy belum terlalu penuh, Ndulo masih bisa mbawa kamera ke depan untuk moto-moto Tompi dan pemain keyboardnya yang katanya ganteng. Lama-kelamaan, orang berdatangan dan bertambah banyak, sampe waktu Tompi selesai nyanyi (lewat jadwal hampir 15 menit loh dia), di sekeliling kita sudah penuh banget orang.

Selesai Tompi, kita memutuskan untuk jalan-jalan dulu, ngeliat-liat bazaar, cari cemilan. Tempat duduk strategis direlakan saja lah... pegel banget bok, itu udah jam ½ 4, kita udah duduk di situ dari jam 12 kurang.

Areal JGTC udah semakin penuh aja, kalo tadi pagi bisa lenggang kangkung, sekarang mesti zigzag, selap selip sana sini. Misalkan kita lagi naik starship, seperti kalo lagi lewat asteroid belt gitu deh... rasanya pliket banget loh... ya itulah... harga ekonomis gitu masa’ minta dingin... hehe...

Waktu lagi dalam keadaan sumuk duduk di bawah pohon tadi, aku jadi mikir-mikir... teringat jaman di kampus dulu...terutama kalo lagi ada acara-acara gitu, kayak misalnya Pasar Seni ITB. Hanya sandal jepitan, kaosan, bawa ransel, ndeprok di tanah, terus kepanasan, pliket, tapi tetep menikmati... Bukan hal yang sering kulakukan setelah bekerja...

Jam ½ 5, kita balik lagi ke Jazzy, ternyata spot strategis kita belum ada yang menempati!! Horeeee....!!! Kali ini adalah show terakhir yang kita nikmati (jam 6 mau pulang, besoknya kan ngantor). Yang tampil adalah Ireng Maulana cs... wuuaaa... ini juga keren banget, apalagi si Margie dengan suara alto badaknya. Ternyata di album barunya, mereka ngebawain lagu-lagu yang aslinya not-so-jazzy. Tapi ya gitu deh, begitu dibawain sama Margie (padahal hanya sepenggal, tanpa iringan musik pula), kok bisa ya terdengar jazzy...

Waktu jam 6 akhirnya kita meninggalkan panggung Jazzy, ternyata untuk keluar dari areal JGTC aja susahnya bukan main. Macet!! Lautan manusia gitu sih... dah gitu, setelah kita berhasil melewati pintu keluar, jreng!! Kita melihat antrian yang mau masuk, ada kali sekitar 50 meter-an. Hihihi... selamet penuh-penuhan yee... tapi makin malam makin seru sih… sayang besok mesti ngantor.

Kesimpulannya adalah meskipun panas dan sumpek-sumpekan, it was an enjoyable experience. Tahun depan, kalo tak ada aral-melintang, aku mau datang lagi!!

No comments: