Friday, November 03, 2006

Star Trek (update nih...)

Nostalgia Season 1
Akhirnya… setelah 15 tahun, aku nonton lagi Season 1 Star Trek: The Next Generation. Malahan jadi bingung, kok bisa ya… aku tertarik pada serial itu dari sejak episode pertama. Ternyata... dari kacamataku sekarang, episode-episode awal tuh rada-rada gak jelas gitu deh… apalagi kalo dibandingkan dengan episode di season-season akhir. Contohnya episode the Naked Now, yang ternyata benar-benar adaptasi dari episode the Naked Time-nya Star Trek: The Original Series. Udah gitu, rata-rata gak terlalu “berat”. Yang dimaksud ”berat” adalah penuh dengan pesan-pesan moral khas Star Trek seperti di season-season selanjutnya.

Karakter-karakternya tuh juga belum well-established. Mereka seperti masih... asing. Hmm... terus keliatan sih, yang belum mengenal karakter-karakter itu bukan hanya penonton, tapi juga para aktor dan penulisnya.

Trus soal dandanan... hihihi... Beverly tuh gayanya 80an banget, rambut model awan, cocok sekali kalo dipasangkan dengan baju kaos longgar dan rok span. Deanna Troi pake konde dan bajunya yang bikin keliatan jadi montok. Data dan Geordi masih sangat muda, apalagi kalo dibandingkan dengan Star Trek: Nemesis, tapi kalo dandanannya sih gak banyak berubah. Riker masih belum berjenggot, terus Worf... jidatnya modelnya beda dengan season-season selanjutnya. Wesley masih ABG. Mungkin satu-satunya yang gak banyak berubah adalah Captain Picard, karena dari awal dia emang udah tua kan...

Theme Song
Nah, sebelum lebaran kemaren, thanks to temanku yang ini, akhirnya dapat juga buku piano theme song-nya Star Trek dari sejak The Original Series sampe dengan Star Trek: First Contact. Ini komentarku...

Yang paling ribet adalah theme song-nya Star Trek: Wrath of Khan, sekilas kalo dilihat seperti salah satu nomer dari bukunya Carl Czerny, itu tuh... yang ngarang buku buat latian kelincahan dan kecepatan dalam bermain piano. Kayaknya mesti meluangkan waktu khusus kalo pengen belajar lagu itu.

Favoritku adalah First Contact. Lagu ini berbeda dari theme song Star Trek movies yang sebelum2nya. Kalo yang sebelum-sebelumnya lebih kedombrengan dan berkesan adventurous (mungkin karena semuanya march)... First Contact lebih soothing, terutama di bagian solo French Horn-nya (maksudnya: bait pertama, kalo di partitur piano ya gak ada French horn, tapi di lagu aslinya bagian itu dimainkan oleh French horn). Aku coba mainkan dengan sax-ku, hasilnya... sama sekali gak soothing, tetep aja kayak klakson kapal...hehehe....

Selain soothing vs march tadi, theme song yang laen banyak memilih nada-nada ”outer space”, sedangkan First Contact ini lebih down to earth, terbukti gak banyak not yang miring-miring (maksudnya yang menyimpang dari tangga nada normal). Theme song lain yang juga lumayan down to earth adalah Star Trek: The Voyage Home. Lucunya kedua film itu sama-sama “down to earth” alias mengambil setting di bumi, sedangkan sodara-sodaranya kan mengambil setting di “the other parts of the Galaxy”.

Theme song lain yang juga soothing dan down to earth adalah Star Trek: Insurrection (gak ada di buku itu), tapi settingnya gak di bumi, melainkan di Briar Patch. Jadi gak nyambung kan antara film dengan theme songnya… makanya filmnya kurang laku… hehehe… naon sih...

Yang paling berkesan ”Star Trek banggeeettt..” menurutku adalah theme songnya Star Trek: The Next Generation / Star Trek: The Motion Picture. Theme songnya sama, hanya aransemen-nya berbeda, yang Next Generation lebih march dari The Motion Picture. Kayaknya itu lagu yang paling banyak dipakai deh. Dari mulai The Motion Picture (1979), terus selama 7 tahun The Next Generation, terus movies-nya the Next Generation (7-10) semuanya menyelipkan lagu itu di end credit-nya. Kalo mendengar lagu itu langsung terbayang adalah wajahnya Picard and co. BTW, ternyata frase pertama dari lagu itu disebut “Enterprise Theme”, karena di Star Trek 8, 9, dan 10, scene dimana Enterprise-E muncul pertama kalinya, selalu diiringi dengan frase itu.

Trus ternyata theme song-nya The Original Series itu ada liriknya loh, tapi gak pernah dimainkan bersama liriknya, kayak gini nih:

Beyond the rim of the starlight,
My love is wand’ring in star-flight.

I know he’ll find, in star-clustered reaches,
Love, strange love a star-woman teaches.

I know his journey ends never;
His star trek will go on forever.

But tell him while he wanders his starry sea,
Remember, remember me.

Hmm, keliatan liriknya itu pas untuk mendeskripsikan Captain Kirk, si Interstellar Playboy...

No comments: