Thursday, September 18, 2008

Sakau Wasabi

Aku biasanya sering sakau coklat. Tiba-tiba punya keinginan makan coklat yang kebayang-bayang terus. Biasanya sih gak berlangsung lama... karena selalu ada Toko Bahagia, Starmart, Superindo, Hero, bahkan warung-warung kecil yang menyediakan aneka rupa coklat, dari mulai yang harganya sangat bersahabat sampe yang nggilani.

Kali ini... aku lagi peeeennngggeeeennn banget makan: wasabi. Wasabi adalah pasta hijau yang umumnya dimakan bersama sushi. Rasanya pedes aneh, gak seperti cabe, cabe rawit, ataupun lada. Pedesnya tidak terasa di lidah, tapi reaksinya bisa sampe ke ubun-ubun. Fungsinya wasabi yang selama ini aku tahu adalah menghilangkan rasa amis yang ada di ikan mentah-nya Sushi.

Tapi... ternyata wasabi lebih dari itu... keinginan untuk makan wasabi, membuat aku jadi browsing dan mencari info lebih jauh tentang makanan unik ini.

Ternyata oh ternyata... wasabi itu terbuat dari lobak khusus yang hanya tumbuh di Jepang. Selain menghilangkan rasa dan bau amis, wasabi juga mengandung zat tertentu yang membunuh bakteri-bakteri yang ada di ikan mentah.

Waaaaaa..... aku jadi semakin peeenngggeeennn...

No comments: