Sunday, September 28, 2008

Cerita Menjelang Lebaran

Akhir-akhir ini... aku merasakan sesuatu yang ternyata jarang kurasakan selama 10 tahun terjun ke dunia IT: ternyata IT itu indah... thanks to fasilitas-fasilitas tambahan yang baru-baru ini kudapatkan, entah itu dari kantor, atau nemu sendiri dari mana-mana. Hidup menjadi terasa lebih mudah. Fasilitas-fasilitas tersebut termasuk VPN kantor, e-mail client bawaan HP katro-ku (should've found it months ago), ebuddy web client, wi-fi di rumah, dan aplikasi-aplikasi gretongan yang membuat laptopku jadi legal selalu. Rasanya seperti 12 tahun lalu, ketika pertama kali aku berkenalan dengan Internet, dimana beberapa hal yang semula impossible menjadi possible.

Iya nih, dengan adanya si Dell baru, aku jadi senang meng-install aplikasi gretongan di dalamnya. Yang dimaksud gretongan itu freeware dan/atau open source. Waktu terima si Dell, aku janji gak mau install aplikasi bajakan, malu ah. Tapi aku juga sadar bahwa ada aplikasi-aplikasi yang tak tersedia di kantor yang sangat kuperlukan baik untuk kepentingan pribadi, maupun untuk kerjaan kantor. Contohnya yang cukup mendasar: WinZip atau WinRAR. Kantorku gak punya lisensinya WinZip atau WinRAR, selama ini selalu pakek trial-version (malu lagi dong). Padahal kan perlu banget tuh. Jadi aku berburu substitusinya yang freeware. Dapet deh... IZArc.

Selain itu yang aku lagi seneeennngg banget pakeknya adalah: GIMP. Yang ini penggantinya PhotoShop. Awalnya agak wagu juga pakeknya, gak familiar sama istilah-istilahnya... tapi lama-lama, ternyata menyenangkan sekali.

Aku berlatih menggunakan GIMP dimulai dengan "proyek kartu lebaran"ku tahun ini. Apa itu? Begini... sekarang ini kan trend-nya orang kirim SMS untuk mengucapkan selamat lebaran dan mohon maaf. Menurut aku, pengiriman SMS itu membuat ucapan selamat dan permohonan maaf itu jadi kehilangan sentuhan pribadi dari seseorang. Jadi berasa basa-basi doang. Beda banget dengan jaman dulu ketika aku rajin mengirim kartu lebaran buat teman-teman sekelasku di SD. Setiap kartu yang kukirim dapat sentuhan pribadi (paling gak, buat ditandatangan). Lebih niat gitu loh...

Terus aku pikir... aku pengen melakukan hal seperti dulu lagi. Mungkin gak ke semua relasi-ku, secara nyari alamat mereka semua pasti butuh waktu, jadi ke orang-orang tertentu saja. Untuk membuatnya jadi istimewa, aku gak menggunakan kartu yang siap pakai dan dijual di toko-toko, melainkan kubuat sendiri kartunya. Kalo jaman dulu dengan cut-and-paste pakek gunting dan lem, sekarang cut-and-paste di laptop saja. Semua kartu yang kubuat desainnya dikerjakan dengan menggunakan GIMP tadi. Semangat dari proyek pribadi ini adalah: "...karena kartu tak sekedar SMS."

Semoga aja yang nerima kartu berkenan semua... Ah, tapi kan yang penting niatnya ya...

Hmm... sekarang aku mau kembali mensyukuri... nikmatnya jadi orang IT...

No comments: