Monday, July 07, 2008

Bi Pindah

Jum'at minggu lalu, pas lagi dalam perjalanan dari Solo ke Yogya, iseng-iseng buka internet pakek HP. Check email kantor. Kok ada undangan farewell party?? Aku ndak bisa buka emailnya, mungkin sinyal gprs-nya gak terlalu oke, cuman aku liat di subject email itu ada nama Bi.

Loh?!! Emang kapan Bi mulai pindah? Aku tauk Bi bakal pindah ke Cepu, tapi kayaknya pas aku berangkat ke Solo gak ada tanda-tandanya deh... Kemaren itu jadi berasa kecolongan gitu... Karena Bi temenku di kantor selama 4 tahun 7 bulan, tapi aku ndak bisa ikutan farewell party-nya.

Bi adalah teman seangkatan BPS TI di Pertamina. Nama aslinya bukan Bi, kalo mau tauk artinya "Bi" apa, tanya saja sama istrinya yang juga sodara sekamarku pas BPS. Kebetulan, Bi satu penugasan dengan aku sejak pertama kali kami diangkat jadi pekerja Pertamina, artinya sejak 1 Desember 2003. Waktu itu kami ditempatkan di Sekuriti. Banyak orang yang gak percaya kami di Sekuriti, dikiranya aku cuman becanda kalo ditanya: Di Pertamina di bagian apa? Jawabku: Sekuriti. Tapi ya begitulah perjalananku dan Bi...

Seolah gak cukup aneh ditempatkan di Sekuriti, aku dan Bi dikirim bareng ke sebuah kursus yang judulnya dirahasiakan yang lokasinya di daerah tak bersinyal HP nun jauh di Parung sana. Dari situlah aku banyak dikenalkan oleh Bi pada daerah Depok dan sekitarnya, juga Serpong, plus Bogor juga. Maklumlah anak tengah kota... gak tauk daerah sub urban...

Tiap hari Rabu kami hampir selalu keluar makan cari perbaikan gizi. Langganan junk food kami adalah Pizza Hut, sedangkan makanan tradisionalnya di Pondok Laras, Kelapa Dua (naik angkot 3 kali dari tempat kursus)=> Hajar bleh, nasi seceting diabisin berdua!! Tapi tetep aja aku menyusut 3 kg...

Kuinget gara-gara kursus itu, Bi satu-satunya temen yang kutraktir pada ultahku yang ke 24... nraktirnya pakek Jagung Turbo rasa Karamel Madu pula... wakakakak... maklum bow, gak bisa keluar asrama...

Pulang dari 4 bulan di Parung. 3 bulan kemudian berdua dikirim lagi ke Bogor. Kali ini kursus intel (seharusnya dirahasiakan juga ya judulnya), cuman 2 minggu seh, tapi rasanya ancur2an... (hek, pakek acara ujan2an pas nyari printer, naik taksi giling, masuk ke Plumpang)

Setelah itu dilanjutkan lagi dengan 6 bulan perjuangan untuk keluar dari Sekuriti, yang berakhir dengan kepindahan kami berdua ke TI Dit.Hulu pada bulan Juni 2005, yang kemudian bertransformasi jadi MDGTI Pertamina EP.

Aku gak pernah kepikir kalo aku dan Bi bakal pisah kantor dengan cara seperti ini. Kupikir mungkin Bi akan keluar dari Pertamina karena menikah sama Pi (tapi ternyata Pi yang keluar), atau aku yang pergi dari EP untuk masuk ke SAP (heheh, godaan yang terus saja berdatangan ituuuhh...). Namun nyatanya kami berpisah dengan a traditional Pertamina way: mutasi ke daerah lain.

Makasih ya Bi, udah jadi teman seperjuanganku dalam perjalanan awal di Pertamina. Biar menyebalkan, tapi pengalaman kita itu terbilang unik loh. Sekarang saatnya Bi untuk mencoba "mainan baru" di Cepu sana, dan saatnya aku untuk jadi juragan batik (eheheheh... gak nyambung ya, dasar obsesi, tapi: amien).

Setelah kupikir lagi, ternyata aku gak perlu merasa kecolongan karena gak ikutan farewell party. Karena memang kita gak benar-benar pisah, kita cuman pisah kantor sajah, karena Pi (Bi's other half) masih di Jakarta, kapan aku pengen... bisa dengan mudah ketemuan. Biarlah farewell party itu buat orang2 kantor yang laen saja... Yang penting Bi baek-baek di kantor Cepu sana, selalu hati-hati di perjalanan Jkt-Cepu vv, sehat selalu biar bisa sering2 ketemu Pi dan si mungil (dan juga mungil2 berikutnya... hehehe).

1 comment:

Skutic said...

huhuhuhuh mba kok aku sedih ya bacanya? oiya aku ada fotonya nih waktu farewell di kantor... kemaren sempet poto2 *maklum asrot dadakan hehehe.. mau?