Friday, June 20, 2008

B2W: Iya atau Nggak?

Belakangan ini aku lagi sering buka-buka buku dan forum B2W, ceritanya lagi tertarik pengen B2W. Kenapa begitu?

1. Gowes sepeda itu menyenangkan. Yang pasti lebih menyenangkan dari jalan kaki... panas-panas gak terlalu kerasa kalo kita di atas sadel.
2. Selama ini hanya punya waktu bersepeda kalo wiken, tapi ternyata... wiken pun gak selalu sempat. Ada aja yang mesti ke mana gitu...
3. Sepedaan = olahraga... Gak perlu dibahas lagi lah ya, apa untungnya berolahraga...
4. Jarak rumah-kantor pas banget. Gak terlalu dekat => kalo kantor dekat banget, mending jalan kaki aja, kalo naik sepeda malah ngotor2in sepedanya doang. Gak terlalu jauh => 6-7 km doang, gak lintas kota lintas propinsi. 6-7 km itu sama dengan jarak 1 putaran gowes on road di Ragunan... Kalo sepi 1/2 jam harusnya (meskipun gak mungkin sepi sih).
5. Ceritanya mau ikut gerakan selamatkan lingkungan dengan menggunakan kendaraan ramah lingkungan (halah!).
6. Udah sebel sama yang namanya macet dan kendaraan umum. Aku paling sebel kena macet. Baru keluar dari kawasan Menara Satrio aja langsung kena macet... Kendaraan umum pun gak reliable. Berapa kali dibuat kecele sama busway yang schedule-nya gak konsisten (atau emang gak punya jadwal ya?)
7. Kayaknya asik dan keren gitu loh: pergi ke kantor dengan tenaga kita sendiri...
8. Katanya B2W itu melatih kesabaran? Masuk akal sih...
9. Pengen lebih menikmati hidup. Maksudnya? Kalo naik sepeda, kecepatan kita pastinya lebih lamban daripada naik kendaraan bermotor, kita jadi lebih memperhatikan detail-detail yang ada di sepanjang perjalanan. (kalo naik mobil palingan tidur kan? naik umum/busway palingan sibuk sendiri mempertahankan diri supaya gak keinjek orang laen).
10. Toloooonnggg... gue keracunaaann sepedaaahh...

Tapi... gak semua fakta yang ada menyenangkan, ada juga draw back-nya, yang membuat aku masih pikir-pikir dan perlu menyiapkan dengan lebih seksama. Apaan tuuww?

1. Metromini dan Sepedah Motor. Lalu lintas Jakarta itu mengerikan, banyak pengendara dengan batas kesabaran rendah yang membuat jadi berbahaya. Hal ini dikemukakan oleh sahabatku HAYAT.
2. Polusi. Naaahhh looo... tauk sendiri kan, bis-bis itu emisinya bisa berwarna hitam kelam, membuat jarak pandang jadi nol meter saja... Kebayang gak gimana kalo kita ngisep asap item mutlak itu?? Yang ini diingatkan oleh temanku yang lain: DOETH. Tapi sebenernya kita punya tools yang bernama MASKER... tinggal cari yang bagus dan efektif untuk menyaring asap hitam. Buat nomor 1 & 2 juga bisa disiasati dengan mencari jalan yang lebih sepi... misalnya lewat jalan2 tikus. Pokoknya jangan lewat main road lah... selain macet, polusi banyak, ketemu mobil gede-gede pula. Emang sih... jadinya gak 6-7 km kalo gitu...
3. Parkiran. Mau parkir dimanaaaaa?? Kemaren aku cerita di rumah kalo aku bilang di kantor jatah parkirku dicabut aja, secara gak pernah dipakek...
Terus Ndulo nanya: Emang gak bisa markir sepeda di parkiran mobil?
Aku: Ahh... ntar malah ilang kali, kan gak ada pagar buat nyangkutin sepedanya...
Ndulo: Bawa pagar dari rumah duunnkk...
Sebenernya masalah parkiran ini bisa diselesaikan dengan memakai Da Bike Tua!! Sepedah lipet gitu loh... sampe kantor tinggal dilipet, bawa naik lift, taroh di kavling. Meskipun karena rodanya kecil, mungkin bakal kerasa gak nyampe-nyampe... ehehehehe... apalagi yang bisa dipakek cuman gigi 1,2,3 doang... gigi 4,5-nya gak bisaaa... tapi lumayan kan, daripada single speed, kalo lewat tanjakan mabok...
4. Mandi!! Abis sepedahan kan harusnya keringetan tuw... nyampe kantor mau mandi dimana? Kan gak ada kamar mandi basah? Kata tips & trik di buku B2W sih bisa disiasati dengan "sibin" alias mandi kayak orang sakit, pakek handuk basah atau washlap, dan jangan lupa abis itu mandi parfum (biar ngalahin pak bos di ruangan sebelah).
5. Belum ngerti troubleshooting-nya sepedah. Kalo ban gembos, atau terjadi kesulitan lain. Tapi bisa belajar kan?

Jadi? Gimana dunk?

No comments: