Thursday, May 15, 2008

Puasa: Di Pusjarbangpim

Posting ini aslinya tertanggal 4 Oktober 2005, kutemukan masih berbentuk draft, belum terpublikasi sejak 3 tahun lalu:

Sudah bulan puasa lagi...

Jadi ingat puasa-puasa yang lalu. Salah satu yang unik adalah waktu lagi training BPS di Pusjarbangpim, Simpruk.

Gak Pede Bangun Sahur
Aku suka merasa gak bisa bangun sahur kalo gak ada yang bangunin. Kalo cuma masang weker, diketok sebentar juga mati, abis itu ditinggal tidur lagi...!! Jadi, waktu anak-anak cewek lain lagi gak pada puasa, aku selalu minta tolong salah satu bapak-bapak untuk membangunkan aku. Entah gimana caranya... mereka cukup kreatif kok. Nah suatu hari... aku tidak sadar kalau aku berpesan ke lebih dari satu orang, ada Pandu, ada Anto, ada mas Panji.

Ternyata... hari itu aku terbangun jam 3 kurang, sebelum wekerku bunyi. Aku pun langsung turun ke ruang makan. Belum ada yang bangun. Bahkan makanannya masih tertutup. Hihihi... pertama bangun bok!!

Dah gitu... aku pun makan... sambil mencari-cari... kemana ya, anak-anak TI belum pada bangun (biasanya jam 1/2 4 sih). Jam 1/2 4, selesai makan, aku kembali ke atas. Di lantai 9, bapak-bapak baru mau turun makan, begitu aku keluar dari lift: "INI DIA!!! Dari tadi dibangunin, ternyata sudah di bawah!!" Aku juga sudah lupa, siapa yang berteriak.

Rupanya... Jam 1/2 4 kurang, mereka berusaha membangunkan aku. Ada yang miskol ke HP-ku, ada yang telepon ke telepon kamar, ada yang ngetok-ngetok pintu kamar. Semuanya tanpa hasil, aku tak kunjung ngasih respon, yang ada malah penghuni kamar 902 lainnya terganggu, bahkan sempet mengira ada keadaan darurat, karena kamar 902 "diterror" dari berbagai media. Hehehe... ya maap prends...

Buka Puasa Bikin Diare
Biasanya aku selalu pulang ke rumah setiap hari Sabtu dan Minggu, tapi suatu hari Sabtu, di rumah tidak ada orang, jadi aku ikut Hayat, Irva, dan Bi untuk nonton bareng di PI Mall. Selesai nonton, kita cari tempat buka puasa... wah karena filmnya baru kelar jam 1/2 6, semua resto sudah penuh. Tapi akhirnya kita dapat tempat juga di A&W, meskipun mesti pindah2 meja dulu. Hmm... sudah lama banget gak makan A&W... ternyata kentang dan sambelnya enak banget. Btw, beneran enak atau karena laper ya?

Keesokan harinya... seharusnya Sapi mandi duluan dan kita bisa tidur lebih lama. Dia kan harus ke gereja, dan kita habis sahur tadi. Tapi... baru saja Sapi mau masuk kamar mandi, kita bertiga sudah bergantian nyelak dia... Karena aku, Hayat, dan Irva diare!! Perut kita panas, pasti karena terlalu heboh makan sambel di A&W. Bi? Katanya sih dia baik-baik aja, soale dia kan gak puasa. Hehe... lagian siapa suruh buka puasa langsung nyambel...

Belanja Snack Kalap
Hari Sabtu yang lain, aku, Irva, Hayat, dan Sapi jalan-jalan ke Atrium Senen, ceritanya belanja. Tak lupa beli snack buat cemilan buka puasa, snack standar kita adalah jagung turbo, sambel dua belibis, dan stick kentang. Tapi ternyata di Matahari Atrium Senen itu banyak juga snack-snack jenis lain yang menarik perhatian. Begitu bayar di kasir, ternyata jumlahnya agak-agak melenceng dari budget... untung bayarnya patungan. Nah, si mbak kasirnya tuh memasukkan snack-snack kita itu ke dalam satu kantong plastik besar, bukannya dibagi 2 atau 3... jadilah plastik itu buntelan besar. Duh, ketauan banget abis mborong makanan... kalo masuk Simpruk dan keliatan ama bapak-bapak, bisa-bisa kita diserbu...

Untungnya dari Atrium Senen kita mampir dulu ke rumahku. Buka puasa di rumah... terus memisahkan belanjaan jadi 4 kantong, terus baru balik ke Simpruk. Hihihihihi...

Makanan Simpruk
Biar kata sahur, makanan simpruk tetep aja bersantan dan berlemak. Mm.. jadi gak bisa banyak-banyak deh, kalo aku sih mensiasati dengan makan "doping" lagi setelah balik di kamar (sebelum Imsak tentu saja). Doping-nya Kurma dan Susu!

Tapi suatu hari, komentar yang keluar dari seorang teman memberiku ide: "Kayaknya enakan kalo sahur tuh makan yang ringan-ringan, kayak misalnya abon." TUING!! Bener juga... Begitu dapet kesempatan pulang ke rumah, sebelum balik ke Simpruk, aku menyempatkan diri untuk mencuri satu toples abon yang ada di lemari. Tanpa bilang-bilang, abis keliatannya gak ada yang berminat juga di rumah. Besoknya... di Simpruk pesta abon.

Seminggu kemudian, pas aku pulang ke rumah lagi, entah Ibu atau si Mbok, bilang gini: "Kayaknya kita punya abon deh. Ditaroh dimana ya? Kok udah lama gak keliatan?" O-ouww... ternyata abon curianku ada peminatnya juga di rumah... heheheh... Tapi karena si pencuri ini mengaku, malah dikasi bonus berupa lauk-lauk ringan lainnya... hmmm... yummy!!

No comments: