Tuesday, September 05, 2006

Put It On Screen, Mr.Worf!!

Vidcon tadi pagi, diceritakan secara Star Trek.

Pagi tadi, ada acara pelantikan, jadi kami (Bi, pak bos, dan aku) harus menyiarkan acara itu secara langsung dari HQ melalui subspace channel [baca: jaringan WAN] ke starbase-starbase kita [baca: region dan area operasi[, termasuk beberapa outpost yang bener-bener letaknya di pinggiran daerahnya Federation [baca: Sorong, Bunyu].

Karena sekarang belum bener-bener abad 24, jadi teknologinya masih serba darurat... kameranya terpaksa diselotep ke tripod, karena ternyata mereka gak matching. Sekrupnya si tripod gak bisa ngikat si kamera. Dah gitu... dari kamera ke subspace transmitternya [baca: server yang menjalankan Windows Media Encoder] terpaksa pake kabel yang disambung-sambung.... (duh, teknologi wireless aja belum di-implement).

Caranya gampang.... starbase-starbase itu tinggal ”open hailing frequency” aja ke HQ [open hailing frequency = contact ke IP address server]. Nanti si subspace transmitter mengirimkan gambar ke viewscreen mereka masing-masing.

Awalnya lancar... Tapi terus telepon mulai berdatangan... ada Starbase yang run on battery mode lah... (baca: mati lampu!!), terus Starbase-nya Dedy tiba-tiba menerima gambarnya patah-patah, wuah... pasti too much interference nih di subspace channel-nya, melalui comm channel (audio only) dia minta gambar di-decode ulang. Begitu Admiral Dirut selesai pidato, kita langsung men-decode ulang pakek kompresi yang lebih rendah... Jadi starbase-starbase itu terpaksa mengulang hailing mereka.

Dah gitu, gak lama setelah itu ada protes lagi, kali ini dari Starbase-nya Dudut dan Hayat... katanya kualitas gambar jadi jelek... hihihi... ya terang ajah... demi ngebelain interference yang ada di subspace channel antara HQ dengan Starbase-nya Dedy, kita memang menurunkan kualitas gambar, biar lebih compact.

Ya gitu deh... alhamdulilah akhirnya berjalan dengan lancar, gak ada gangguan dari Borg yang tiba-tiba menjalankan invasi, atau dari Q yang iseng-iseng mampir...

Yang aku bayangkan... di Starbase-starbase itu... teman-temanku melapor ke bosnya: ”Pak, ada subspace transmission dari Starfleet Command.” Terus pak/bu bosnya mereka tinggal bilang: ”Put it on screen, Mr... Worf?”…

No comments: