Tuesday, March 28, 2006

Masih Juga Tentang Musik

Pindah-pindah Toko Kaset
Aku mau cerita tentang kunjungan ke toko-toko kaset weekend ini.

Hari Jum'at (24 Maret) aku ke PS, ternyata Disc Tarra yang ada di basement sudah raib entah kemana. Perasaan baru aja ke situ bareng tante-tante MM-UGM. Ya sudah... aku ke Duta Suara saja. Beli Samson pesenannya Ndulo, sama beli CD Jazz Masa Kini. CD Jazz Masa Kini-nya sih lumayan. Ada yang asik lagunya, ada juga yang tergolong jazz mumet. Sampe sekarang belum sempet mendengarkan ulang. Tapi bravo lah buat generasi baru jazz Indonesia!!

Hari Sabtu, aku jalan-jalan ke Gramedia Matraman, ceritanya ada teman yang nyari tas laptop. Liat-liat ke Disc Tarra, tapi gak ada yang asik.

Hari Minggu, bagaikan dapet jackpot... ternyata bisa kelar kuliah jam 1/2 5. Wah... masih ada 1 1/2 jam lagi sebelum berangkat ke airport. Kemana ya? Ya sudah, kali ini tujuannya adalah Duta Suara Jl. Sabang.

Dengan membawa kopian buku kuliah yang berat banget itu, aku pergi ke Duta Suara. Seperti biasa... naik ke pojokan khusus Jazz yang di lantai 2. Coba ya... duile... di situ menemukan CD-CD Jim Brickman dengan harga normal (yang disebut "gak normal" adalah harga impor), contohnya albumnya yang Grace.

Karena CD gak ada yang menarik (dan juga karena lagi agak2 ngirit), akhirnya muter di tempat kaset. Mborong Red Paradise (album-nya Java Jazz yang menduduki posisi kanan bawah), terus 1 album Dave Koz (sayangnya gak ada Lukiman - maksudnya Lucky Man, album Dave Koz yang kedua, tahun 1993), terus best collectionnya Stan Getz, sesepuh jazz saxophonist. Ceritanya lagi pengen menumbuhkan motivasi nih...

Oya, mbak-mbaknya yang di kasir baik banget. Dia liat kotak kaset Dave Koz agak pecah, terus dia ngingetin loh... wah... untung deh, aku agak kurang teliti waktu ngambil. Jadi ambil yang baru deh.

Jam 6 kurang 15, bentar lagi harus berangkat ke airport. Iseng-iseng aku pindah ke Duta Suara mungil yang terletak gak berapa jauh dari Duta Suara yang besar. Nah, di situ lebih banyak lagi CD Jim Brickman, termasuk Disney Storybook loh. Wauw... untungnya harganya sama (malah sedikit lebih mahal) dari yang aku beli. Jadi gak mengalami penyesalan. Hehehe...

Aku masih usaha nyari Lukiman. Di tempat CD gak ada. Terus kasetnya juga nowhere to be seen. Eh...tapi ketika aku berjalan ke arah pintu keluar. Aku melihat kaset Dave Koz yang The Dance, di rak nomor dua dari bawah. Ketika aku geser, di belakangnya ada kaset Saxophonic, geser lagi. BINGO!! Lukiman!! Setengah tak percaya, aku ambil kaset itu. Terus geser lagi... ternyata di belakangnya Saxophonic lagi, gak ada Lukiman lagi. Padahal udah janjian sama temanku, kalo nemu Lukiman, mesti beli 2.

Setengah memelas, aku minta ke mbaknya: "Ada lagi gak mbaak?". Dia telponin ke toko sebelah. Ternyata gak ada. "Kalo CD-nya mbak?". Akhirnya dibantu juga sama mas-mas yang lagi beres-beres kaset. Gak ada juga. Wuuuaaa... ya sudah beli 1 saja dulu. Itu aja udah untung bisa nemu. Duh, senangnya...

Ke Yamaha Gatsu
Hari Senin (27 Maret), akhirnya aku berhasil juga sampe di Yamaha yang di Jl. Gatot Subroto. Mau nanya-nanya kursus musik. Setelah bertanya sama mas-mas yang ada di depan, aku dan Ndoro menuju lantai 3, tempat les musik.

Waktu liftnya terbuka, jreng... sekelompok anak kecil dan babysitternya keluar dari lift. Gruduk, gruduk, gruduk. Hihihi... lucunya... Anak-anak itu memang lucu-lucu, tapi aku juga lucu, karena mau les bareng sama anak-anak kecil yang lucu-lucu itu!!

Mas-mas yang di sekolah musik sangat kooperatif dan informatif. Bahkan kita ditunjukin buku musik yang dipakai sebagai materi les piano pop. (hihi... padahal kita bukan nanya les piano). Pokoknya keluar dari situ tuh sambil tersenyum puas deh.

Nungguin Patti Austin & Dave Koz di ANTV
Malamnya, nungguin siaran ulang Java Jazz di ANTV, kebetulan kali ini artisnya Patti Austin feat. Dave Koz. Pulang kantor tuh mandi dulu, terus mulai nguprek-nguprek privia, leyeh-leyeh (niatnya tidur, tapi ga jadi), makan malam, nguprek-nguprek privia lagi. Akhirnya... jam 1/2 11 sampe juga ke acara yang ditunggu-tunggu.

Patti Austin suaranya pancen oye... duile... hidup alto!! Aku memang suka mendengar penyanyi-penyanyi jazz alto. Mungkin juga... itu yang mengawali pergaulanku dengan musik jazz. Penyanyi alto yang suaranya gede-gede itu.

Tapi sebenarnya yang ditunggu adalah Dave Koz. Aku belum puaaasss... nonton Dave Koz. Sepertinya Dave Koz-nya sengaja disimpan, aku sampe nyaris ketiduran di sofa depan TV. Untung Ndulo bolak-balik nanya: "Mana nih Dave Koz-nya?", "Yah... dia tiduuurrr... katanya nunggu Dave Koz..."

Akhirnya lagu Smoke Gets in Your Eyes (bahasa Indonesianya: kelilipan) yang ditunggu-tunggu datang juga. Dan Dave Koz pun keluar... Horeee... hihihi... dia memang menggemaskan. Ternyata Smoke Gets ini lagu nomor 2 dari akhir. Lagu terakhir, Dave Koz ikutan maen lagi sih. Kalo di acara live-nya, kata koran sih Dave Koz sempet main Keliru dan juga You Make Me Smile. Uh oh, sayang sekali berakhir di meja editor...

Tentang Dave Koz
Dave Koz itu ganteng, tapi banyak artis lain yang juga ganteng. Lagunya Dave Koz enak-enak, Smooth Jazz gitu loh, tapi banyak juga musisi lain yang lagunya enak. Jadi kenapa dong dia menjadi “special”?

Dave Koz itu… MENGGEMASKAN!! Itulah kesan yang aku terima ketika nonton live-nya. Aksi panggungnya lucu, dan ketika dia memainkan saxophone-nya, wah ekspresi wajahnya itu loh... hihihi... bikin pengen mencubit pipinya. That’s what make him “special”. Beda dengan Kenny G atau Michael Lington yang kesannya cool dan jaim.

Sebelum Java Jazz, aku gak begitu memperhatikan yang namanya Dave Koz, yah just another saxophone guy lah. Kalopun ada yang membuatku terkesan, itu adalah lagu You Make Me Smile. Karena lagu itu kesannya playful banget, jadi benar-benar membuatku pingin senyum ketika mendengarnya. Selebihnya, biasa aja.

Penampilan Dave Koz di Java Jazz kemaren telah mengubah image Dave Koz di mataku dan membuatku memiliki beberapa penyesalan kecil. Yang pertama nih, aku pernah jalan-jalan ke Gramedia Matraman, terus lihat kaset Golden Slumbers: A Father’s Lullabies, albumnya Dave Koz yang isinya nina bobok, tapi waktu itu aku gak beli. Yang kedua, aku pernah beli CD Bajakan di Mangdu, salah satunya Golden Slumbers itu, ternyata terbawa temanku ke Jayapura, karena aku terlalu cuek gak telpon-telpon dia waktu dia masih di Jakarta (kejadian itu sebelum aku ke Java Jazz). Nah, di Golden Slumbers itu ada lagu Over The Rainbow. Lagu itu adalah lagu yang dimainkan Dave Koz, tepat ketika aku harus meninggalkan JHCC. Jadi sekarang aku penasaran banget sama Golden Slumbers itu. Hiks…

Kesimpulannya, aku memang belum puas nonton Dave Koz di Java Jazz. Mr.Koz... ayoo... ke sini lagi dooonnnkkk...!!!

No comments: