Friday, March 10, 2006

JJF 2006: Day 2

Arrival @ JHCC
Kalo hari ini, pulang kuliah aku ke Alia dulu, abis itu berangkat bareng si Dedy. Begitu sampe di pintu masuk, lagi-lagi tas digeledah. Kali ini aku pake sedikit trick supaya roti hasil ngembat dari UGM dan Wafer Tango-nya gak ketahuan. Wafer Tangonya dicemplungin di dalam tas, terus di bagian atas tas aku taroh kantong plastik isi kemeja dan kantong plastik isi sandal. Begitu mas-masnya ngeliat isi tasku yang paling atas, dia langsung malas buat ngaduk-ngaduk tasku.

Setelah lewat gerbang X-Ray, kita beli majalahnya Java Jazz, berhadiah 2 buah gelang karet warna-warni dengan tulisan Java Jazz blah-blah-blah...

Begitu masuk... kita jadi bingung sendiri, mau ngapain dulu ya? Keliling di lobi sambil liat-liat souvenir, tapi penuh banget euy kios souvenirnya... mau milih-milih juga susah. Dedy sempet ngajakin makan dulu, tapi masa’ baru jam 5 udah makan sih... meskipun jam 5 termasuk ”jam aneh” yang cocok buat makan di Java Jazz, tapi kalo makannya terlalu sore, tengah malam nanti bisa kelaparan. Jam 17.15, kita mendekat ke Assembly Hall 1, untuk nonton Viky Sianipar.

Viky Sianipar
Sori, aku bukannya SARA ya, tapi hehe... masuk ke konsernya Viky itu, kesannya… batak banget!! Sempet terheran-heran waktu si Viky teriak: HORAS!! Dan para penonton lainnya spontan menjawab serentak: HORAS!! Uh-oh, jangan2 hanya kami aja penonton yang bukan berasal dari Sumatera Utara? Hihihi…

Mendengarkan Viky, rasanya seperti dibawa ke Danau Toba dan sekitarnya. Lagu-lagunya Viky bisa menciptakan suasana magis yang sama dengan suasana magis di Danau Toba.

Tapi si Viky-nya sendiri gak mirip dengan yang kubayangkan. Kalo liat foto di cover CD-nya, gak kebayang kalo orangnya kayak kemaren itu: yang aku lihat ini jauh lebih funky dan lucu.

Salah satu yang berkesan adalah waktu si Viky memperkenalkan pemain gondangnya yang bule. Katanya si bule ini tadinya pemain perkusi biasa, terus ketika datang ke Indonesia dia melihat bahwa musik perkusi di Indonesia sangat kaya, buat dia Indonesia itu adalah surga perkusi. Akhirnya dia tinggal di sini dan mempelajari alat musik perkusi tradisional Indonesia. Selama memperkenalkan si bule ini, mereka berkomunikasi pake bahasa Inggris, tapi kemudian ketika si Viky menanyai si bule ini dengan bahasa Sunda, si bule dengan fasihnya menjawab dengan bahasa Sunda juga!! Wuah.. lebih fasih dari aku pula.

Dari Viky, kita cari-cari souvenir lagi. Akhirnya liat-liat di Hall BNI. Dapet kaos polo meskipun ukurannya agak kegedean. Waktu bayar, baru nyadar kalo duit semakin menipis dan di situ gak ada ATM. Whoopps… gak boleh boros-boros kalo gitu. Lagian belum beli makan malam.

Zefa dan Makan Malam
Dari Hall BNI, kita cari makan. Beli makan di lantai 2 lagi. Nukerin token lagi 100rb. Beli mie goreng dan ice lemon tea. Trus kita liat balkonnya agak kosong, kayaknya asik kalo bisa makan di situ sambil menikmati pemandangan di bawah. Lagipula saat itu sedang berlangsung konser Zefa (pianis jazz berumur 11 tahun) di lobby.

Kita menemukan tempat kosong, tapi ternyata banyak sampah2 box makanan berserakan di situ...hmm... tapi ah sudahlah... makan di soto sampah-nya balubur aja bisa, masa’ di situ gak bisa... hehehe... Setelah menemukan posisi duduk yang cukup enak (dan berfoto-foto sebentar), kita pun mulai makan. Saking asiknya nontonin Zefa, juga orang-orang yang lalu lalang di bawah, gak sadar kalo ternyata tempat kita duduk itu udah terkepung sama orang-orang yang ngantre mau masuk Plenary Hall buat nonton Bob James. Weekkss... terpaksa nyelap-nyelip untuk menyelamatkan diri.

Di Lower Ground
Habis makan aku ngajakin untuk nonton Forte Band: A Tribute to Bill Saragih di ruangan Merak, lantai lower ground. Tapi... ketika menuju sana... kita malah nyangkut di beberapa kios. Salah satunya adalah kios Aquarius. Hihi... tapi terus inget masalah ketiadaan ATM... wuah... kalo gak bisa pake credit card, kita gak boleh beli apa-apa nih. Akhirnya beli CD-nya Park Drive (penasaran sama band-nya Rayen) dan Magic Fingers-nya Balawan ( I love Dance of Janger...)

Di sebelahnya ada kios Yamaha. Mampir juga… liat-liat Saxophone dan Clarinet lagi. Tapi aku agak-agak kecewa sama kios Yamaha ini. Seharusnya mereka pro aktif gitu kek… ketika mereka melihat aku tertarik sama barang2 mereka, mbok ya disamperin dan ditanyain: “Ada yang bisa saya bantu mbak?”

Jadinya aku yang menyapa mereka duluan. Udah gitu jawabnya juga ogah-ogahan. Yang paling sebel waktu aku nanya-nanya tentang kursus. Pertama nanya kursus Clarinet, katanya gak ada. Trus nanya kursus piano buat orang dewasa. Masa’ dia jawab gini: ”Ya bisa aja sih... asal tahan latihan jarinya aja.”. Ih, gimana sih... kita kan calon konsumen. Dengan jawabannya itu, artinya dia men-discourage kita untuk les piano.

Soal belajar piano setelah dewasa ini, aku punya teman-teman di PSM yang tadinya sama sekali gak bisa maen piano, terus karena bergaul dengan piano di PSM, akhirnya mereka bisa juga. Nah... yang gak pake guru aja bisa... apalagi kalo pake guru...

Oya, meskipun rada sebel-sebel gitu, akhirnya aku dapat buku piano Great Jazz di kios Yamaha itu.

Keluar dari kios Yamaha kita memutuskan untuk menguangkan token-token makan kita, supaya persediaan uang yang menipis bisa bertambah. Duh... lumayan... kalo sampe kepaksa pulang naik taksi... Kita sempet liat-liat Disc Tarra, untungnya gak ada yang menarik... jadi gak beli-beli lagi... terus pas liat ke ruangan Merak, yaahh... Forte Band-nya udah habis... dan jam juga sudah menunjukkan jam ½ 9, waktunya Gadiz and Bass di lobby JHCC.

Gadiz V & Bass G
Waktu nyampe di lobby, Big Band-nya UPH masih maen lagu terakhir. Kita pun langsung memposisikan diri di depan panggungnya si Gadiz & Bass. Langsung duduk lesehan di atas lantai marmer. Setelah UPH selesai, gak butuh waktu lama, Gadiz & Bass langsung mulai main.

Komentarku: Wauw!! Keren banget... anak SMP-SD gitu loh!! Si Gadiz sudah lebih menguasai panggung, sementara itu Bass banyakan diem. Aku bener-bener menikmati pertunjukkan mereka... meskipun sayangnya Beautiful Asia yang kutunggu-tunggu ternyata gak dimainin. Dan konser ini diakhiri dengan pertanyaan: ”Masih pengen belajar Clarinet Git?”. Wuahhh... aku kan sudah mengambil keputusan, jangan disetani lagi dunk.










15 menit terakhir dari konsernya G&B agak menyiksa... karena duduk di lantai marmer dan kena AC yang dingin banget itu, gigiku mulai bunyi... terus di tangan kananku mulai ada bercak gatel merah, yang kalo gak segera bergerak atau melakukan sesuatu, bisa bertambah banyak. Begitu konser berakhir, dan orang2 bubaran... aku langsung mengambil kaos polo yang tadi kubeli, dan melapisi kaosku dengan kaos polo itu. Hehe... kapan lagi ganti baju di tengah-tengah lobby-nya JHCC. Tapi enak, jadi hangat... Dan ternyata kaos polonya gak segede yang dibayangkan.

Kemudian kita menyalami Gadiz & Bass, terus foto-foto sama mereka. Hehe... paling gak, sempet foto sama artis lah... Setelah liat hasil foto dengan mereka, komentar Dedy: Aku jadi keliatan HITAM, kalo komentarku: Aku jadi keliatan BESAR.

Indra Lesmana & Reborn
Kemudian kita menuju ke konsernya Indra Lesmana, di Hall BNI. Hmmm.... sejujurnya aku berharap dia main swing macamnya Rumah Ketujuh... tapi kalo bareng reborn... aku sudah bisa menduga sih... pasti dia main jazz-jazz tipe pusing. Yah... gak pa-pa lah... meskipun gak bisa menikmati, tetep aja keren...

Dave Koz
Begitu Indra selesai main... kita langsung ambil posisi di depan stage sebelah tempat Indra main tadi. Di situ bakalan ada Dave Koz... duh malam banget sih... yang menyenangkan, persiapannya sejak Indra kelar, sampe Dave Koz siap tampil tuh gak memakan waktu lama.

Jam ½ 11, konsernya Dave Koz pun mulai. Aku gak tauk deh, kenapa di konser ini aku lose control, dan bener2 terbawa emosi. Gak biasanya aku bersorak-sorai heboh ketika nonton konser. Mungkin karena ternyata si Dave Koz itu lucu dan aksi panggungnya seru, jadi selain menikmati musiknya, kita juga dibikin ketawa sama tingkah Dave Koz dan musisi-musisinya. Mungkin juga karena sudah malam banget juga (mulai sedikit teler neehh..). Atau karena ini mata acara yang sangat ditunggu-tunggu, yang tadinya sempet terancam gak jadi nonton.










Sebelum membawakan Keliru, si Dave Koz berusaha berbicara dalam bahasa Indonesia, tapi ketauan nyonteknya... huehehehehe... tapi boleh lah usahanya. Oya, saking gak bisa diemnya si Dave Koz, foto-foto yang diambil jadi blur semua... hehehe... tapi ada juga yang cukup layak untuk dipajang di sini.

Yang sungguh menyebalkan, ketika kita keluar karena aku sudah dijemput, intro lagu Over The Rainbow mulai terdengar. Mendengar intro lagu tersebut, aku yang lagi berjalan nyelap-nyelip kerumunan orang udah gak inget orang2 sekitar, langsung aja aku ngerem mendadak dan berteriak: ”WAAAAA...!!! Over the Rainbow!!!!”. Yah... tapi terpaksa deh... ditinggalkan Over The Rainbownya, sudah kemalaman.

Malam ini jam 12 kurang ¼ sampai di Utan Kayu. Hmmm... tapi besok kan bisa longgar. Gak ada sekolah... gak usah ngantor... heheheheheh... (tersenyum puas)

No comments: