Wednesday, January 11, 2012

Star Trek dan Istri Geek

Istirahat siang tadi, aku menemukan Star Trek 2009 lagi diputar di Cinemax. Aku bukan penggemar berat Star Trek: The Original Series, tapi aku suka film layar lebar Star Trek ke-11 itu. Jadilah makan siang yang menunya biasa aja itu jadi uwenak tenan.

Ketika sampai ke adegan klimaks (yang Enterprise hampir aja gak bisa melepaskan diri dari daya tarik blackhole setelah berhasil menghancurkan Narada -- pesawatnya si Nero), aku teringat pembicaraan minggu sebelumnya dengan si Omla.

Waktu itu kami nonton film yang sama, adegannya Scotty melepaskan warp core (inti warp), kemudian meledakkannya. Omla tanya: "Itu dia melakukan apa?" Aku jelaskan dengan panjang lebar: "Itu dia meng-eject warp core-nya. Warp core itu yang menjalankan mesin warp. Nah, terus dia meledakkan warp core tadi, dari ledakan itu kapalnya akan kedorong oleh shockwave yang ditimbulkan, sehingga gak jadi jatuh ke lubang hitam."

Si Omla cuma manggut-manggut. Oh yeah!! Aku bisa menjelaskan hal kayak begitu secara lancar...!! Tentu saja, karena trick peledakan warp core itu nggak sekali-dua kali muncul di Star Trek (generasi manapun). Geek ya gue?? Omla, you've got a geeky wife!!

Sebenarnya itu konsekuensi logis sih... Awal pembicaraan kami yang cukup panjang lebar dan "mulai mengarah ke hubungan yang lebih serius" (waktu masih PDKT dulu) terjadi di ruang.... Data Center, tempat yang sangat geeky. Jadi wajar dong ya... kalo nemu cewek geeky di tempat yang geeky.

Pikir-pikir... udah 20 tahun lebih aku jadi trekkie (or trekker? oh, whatever...). Sejak kelas 5 SD... sampe sekarang. Star Trek juga yang (mungkin) ikut menginspirasi aku untuk menyenangi komputer, sehingga punya pekerjaan seperti sekarang ini. Berarti Star Trek ikut mempengaruhi jalan hidupku. Kayak di episode Tapestry-nya Star Trek: The Next Generation lah. Macam reaksi berantai yang saling bertautan gitu.

Star Trek => jadi suka Komputer
Suka komputer => sekolah di Inpormatika
sekolah di Inpormatika => kerja di bagian IT
kerja di bagian IT => kesengsem cowok di Data Center, ehem!
Kesengsem cowok => mau kawin
Mau kawin => dimutasi ke Sorong supaya bisa barengan sama cowok itu.

So here I am: gara-gara suka sama Star Trek, jadi bermukim untuk sementara di Sorong...

Hmmm... jadi kepengen nonton lagi film-film Star Trek yang lama-lama.... :-P

3 comments:

CUMI-CUMI said...

Halo...
Senang biSa bertemu sesama penggemar Star Trek. Komunitas Indo Star Trek.
www.indo-startrek.org

CUMI-CUMI said...

Tonton juga serial Star Trek Voyager. Seru. Atau Movies yang sebelumnya The Next Generation. Hilmy.hasanuddin@gmail.com

Riris said...

to boldy go where no wife has gone before