Friday, September 16, 2011

Bayar Pake Permen Ya...

Jaman aku masih ABG, 15-20 tahun yang lalu lah... aku masih ingat, waktu belanja di supermarket, kalau kembaliannya nggak bulet (misal: 4375), kita akan dikasih uang 4300 + permen. Ceritanya permennya itu buat ngganti 75 rupiah yang mereka gak punya uang pecahannya.

Tapi beberapa tahun kemudian (aku juga nggak inget tepatnya kapan), sempat ada ribut-ribut di media massa soal pemberian permen sebagai uang kembalian ini. Akhirnya supermarket-supermarket itu tidak lagi memberikan permen sebagai kembalian. Mereka memilih untuk membulatkan harga, membulatkan total belanjaan, menyediakan uang pecahan, atau bahkan ada yang mengumpulkannya untuk charity (dan itu tertera pada slip belanjaan yang kita terima sebagai bukti).

Aku masih ingat, jaman tahun 2008, di mini market gedung Standard Chartered, aku adalah pelanggan pertama hari itu. Melakukan pembelanjaan yang kembaliannya melibatkan pecahan 50 rupiah. Hmm... awalnya aku sangsi apakah mereka akan memberikan kembalian pas sesuai hak konsumen, palingan dibulatkan ke pecahan ratusan terdekat. Ternyata dengan ajaibnya si mas-mas kasirnya mengeluarkan seikat uang pecahan 50 rupiah (masih segel dari bank). Woooww... keeerrreeennn... Tapi sorenya aku berkelahi sama penjual tiket busway, karena mereka gak mau terima pecahan 50 rupiah itu untuk membayar tiket TransJakarta-ku, meskipun sudah aku jelasin bahwa itu uang masih baru, tadi pagi juga masih tersegel dari bank. Aku jelasin juga kalo itu sebiji 50 rupiah aku ambil dari tumpukan koin dan uang kertas yang mau aku bayarkan, maka tumpukan koin dan uang kertas itu nilainya jadi 3450 rupiah, bukan 3500. Ngerti kagak seehh...

Nah... ketika di tempat-tempat langganan kami di Jakarta, Bandung, Prabumulih, dan Palembang sudah jarang banget yang ngasih kembalian berupa permen, ketika aku tiba di Sorong, ternyata masih banyak yang ngasih kembalian berupa permen. Gak pake minta maaf pula. Seolah-olah hal itu biasa dan gak merugikan konsumen. Duile... tempat ini ketinggalan berapa tahun ya dari Jakarta?? 

Ngasih permennya gak tanggung-tanggung pula... bahkan pecahan 500 rupiah pun diganti permen. Padahal pecahan 500 rupiah tuh masih laku buat bayar polisi gopek di perempatan tak berlampu merah kalo di Jakarta. Tadinya aku gak banyak protes, permennya aku kumpulkan, terus aku jadikan "snack" buat tetamu yang berkunjung ke ruangan kerjaku di kantor.

Tapi yang pagi ini agak-agak menyebalkan. Jadi aku memutuskan untuk melakukan "pembalasan". Ceritanya begini:

Jam 8 pagi aku ke supermarket seberang kantorku. Beli susu UHT plain low fat 250 ml seharga Rp.4400,- dan sereal rasa malt ukuran personal seharga Rp.5600,-. Kalo dijumlah jadi Rp.10.000,-, sehingga kalo aku bayar pake pecahan 20rebu, mereka tinggal kembalikan pake selembar pecahan 10rebu rupiah kan?

Tapi apa yang terjadi... waktu aku ke kasir, ternyata sereal rasa malt itu datanya belum di-entri ke komputernya kasir yang itu. Si kasir kasih kode ke temennya untuk melakukan entri ke komputer dia, tapi temennya itu cuek jaya... (*supermarket ini emang service-nya kurang oke, petugasnya cuek-cuek, kami pernah gak jadi beli daging karena si penjaga counter daging gak mau motongin daging sesuai dengan kebutuhan kami. Dia menang di lokasi aja, deket dan satu arah dengan rumah dan kantor*)

Akhirnya si kasir minta aku untuk membayar Rp.4400,- untuk susu UHT itu. Sereal-nya gak dihitung. LOH?? Aku bilang: "Saya kan mau beli barang yang ini juga. Gimana sih?" (*iyaaa booookk... gue laapppeeeerrr... belum sarapan, susu UHT 250ml aja gak cukup untuk mengenyangkan... dan sekarang elu main nentuin gue gak boleh beli barang itu cuma gara-gara barang itu gak ada di komputer lu.*).

Rupanya dia mempersilakan aku untuk bayar Sereal itu di tempat temennya yang cuek jaya tadi. Ya suds... aku kasih uang pecahan 20rebu rupiah-ku. Kembali Rp.15.600,- kan? Yang 15 rebu bentuknya uang, yang 600 bentuknya 3 buah permen. HHHAAAHH??? Gelo pisan... ntar aku bayar pake apa di kasir cuek itu?? Masa' mesti cari uang 600 atau 1000 lagi buat nambahin pecahan 5000 rupiah yang bakalan aku pake buat bayar? Terus ntar kalo perlu kembalian, kembaliinnya pake permen lagi... Permen-nya jadi  5 dunk? Padahal aku gak butuh permen.

Akhirnya aku bilang sama si kasir cuek (pake aksen anjing galak tentunya): "600-nya saya bayar pake permen ya?! Harusnya kalo saya bayar 2 barang ini di satu kasir, kembaliannya kan 10rebu pas.". Dan 3 buah permen yang diberikan oleh kasir yang pertama tadi akhirnya aku berikan ke kasir cuek jaya bersama dengan selembar pecahan 5000 rupiah.

Aku gak merugikan supermarket itu kan? Permennya gak ada yang berkurang, pemasukannya dari aku tetap Rp.10.000,-, sesuai dengan harga 2 barang yang aku beli itu. Kalo aku ngikutin "permainan" mereka... tadinya aku harusnya cuman keluar Rp.10.000,- jadi keluar Rp. 11.000,- plus dapet 5 buah permen yang gak dibutuhkan.

Hahahahahahaha... *ketawa puas*

1 comment:

kaka said...

Trus reaksi si kasir cueknya gimana mba? Abisnya dibayar pake permen?
Lo emang pintaaar!! :D