Saturday, September 17, 2011

Ba-Ta-Gor

Buat aku, meskipun Batagor bukan termasuk comfort food seperti pizza dan sate ayam, tapi salah satu kekhawatiranku sebelum pindah balik dari bandung ke jakarta tahun 2002 dulu adalah: wah, kalo udah di jakarta, trus kepengen makan batagor, dimana nyarinya ya? (Jaman itu batagor masih jarang di jakarta).

Dari mulai batagor borju macem kingsley dan riri, batagor aneh macem es teler 77, batagor murmer macem H.Darto Pasar Simpang, sampe batagor mang-mang pikulan yg jaman dulu keliling kampus. Aku suka semua. :D

Dulu aku bercita-cita bahwa kalo aku tinggal di area yang gak jualan batagor, maka aku yang harus jualan batagor di situ!

Batagor itu adalah singkatan dari baso tahu goreng. Di Bandung itu ada makanan yg namanya baso tahu. Dia biasa dijumpai sepiring dengan siomay gitu deh. Jadi tahu putih (atau kuning juga bisa) dikerok sebagian, nah lubang hasil kerokannya itu diisi dengan adonan daging dan tepung (entahlah tepung apa... mungkin terigu, mungkin juga ada campuran kanjinya dikit, biar kenyal), terus dikukus deh. Bedanya dengan siomay, kalo siomay adonan dagingnya hanya dibungkus pake kulit pangsit, gak pake tahu.

Baso tahu dan siomay dimakan pake sambel kacang (plus kentang, plus kol), atau kalo pake kuah namanya jadi cuankie. Nah, sejatinya batagor itu adalah baso tahu yang digoreng. Seringkali dikombinasikan dengan siomay yang digoreng untuk menambah sensasi kriuk-kriuk.

Sekarang kita lihat batagor di kota Sorong. Hari sabtu ini, sambil menunggu Omla main futsal, aku mencoba utk ngemil di Mega Mall Sorong. Aku sudah tau bahwa di situ ada kios yg jual menu batagor, tapi kemarin-kemarin belum sempat mencoba.

Agak takjub juga, karena di kios itu tertulis bahwa siomay dan batagor itu termasuk menu khas manise, sekelompok dengan ikan kuah kuning, papeda, dan mie cakalang.

Aku memesan 1 porsi batagor. Berharap yang keluar minimal kayak batagornya mang-mang pikulan yang jaman dulu makan porsi 2000 rupiah aja udah cukup kenyang.

Ternyata yang keluar adalah: bakso goreng + tahu goreng dipotong-potong, trus disiram pake sambel kacang. Dan herannya lagi gak dikasih jeruk nipis/jeruk purut, padahal katanya menu khas manise... Orang Indonesia Timur, khususnya Sulsel, mirip-mirip sama wong kito Sumsel, kalau makan kudu dikecerin jeruk, biar sedep katanya. Nah, batagor pesenanku ini ga ada jeruknya. Mungkin bisa aja minta, tp ah sutralah...

Secara singkatan, dia gak salah-salah banget sih.... Batagor = bakso dan tahu digoreng. Taste-nya sih lumayan edible... Tp ndak sesuai ekspektasi aja.

Hmm... Jadi mikir... Apakah ini waktu dan tempat yang tepat untuk jualan batagor??

No comments: