Monday, August 22, 2011

Stove Top Pizza (Cara Mudah dan Murah Bikin Pizza)

Aku punya 2 macam comfort food: sate ayam dan pizza. Meskipun awalnya susah mencari sate ayam di Sorong ini, ternyata dengan bermodal tanya sana-tanya sini, aku menemukan tukang sate yang buka sampe malam, lokasinya hanya sepelemparan batu dari rumah dinasku pula. Tinggal pizza nih... Masa' sih harus nunggu ke Makassar, Jakarta, atau Yogya dulu kalo mau makan pizza?

Waktu aku baru datang, di daerah Remu ada yang jualan Pizza dan Pasta, tapi belum sempat kami mencicipi, warung itu keburu tutup. Wiken kemaren, di tengah-tengah pasar murah, tetangga rumah dinasku cerita kalau di daerah Tembok ada Pizza Rakyat, pizza kaki lima franchise dari Tangerang. Tapi... Waktu hari minggu-nya kami mencari-cari, ternyata yang jualan sudah keburu pulang kampung mau lebaran. Uhuuuu... Penonton kecewaaa...

Sebenarnya bukannya aku gak mau nyoba masak sendiri, masalahnya adalah aku gak punya oven. Sudah sejak datang kemari aku berniat: nanti setelah kawinan mau beli microwave, kalo ada yang microwave convection, yang jadi 1 paket dengan convection oven. Tapi apa dinyana... Aku gak mau beli microwave atawa oven dulu, sebelum ada tempat meletakkannya... Mau minta meja lagi ke logistik belum sempat juga.

Sampai... Tadi siang aku menemukan resep Stove Top Pizza ini. Tanpa oven. Tanpa ragi (jadi gak pake acara mendiamkan adonan). Cuma 10-20 menit masaknya. Udah gitu, selain si kontributor resep, ada 2 orang lagi yang sudah coba resep itu, semuanya berhasil. Sungguh menggiurkan bukan?

Maka... Pulang kantor pun aku mulai keluar dapur (iya, soalnya dapurnya di luar rumah...). Dan meracik pizza porsi untuk 2 orang (kalo di Pizza Hut ukuran personal pan). Beginilah resepnya:

Bahan roti:
1 cup tepung terigu (atau = 16 sendok makan)
1 1/4 sendok teh baking powder
Sedikit garam (mungkin sekitar 1/4 sdt)
100 ml air
1-2 sendok makan minyak

Bahan topping:
Saus spaghetti del monte
Daging asap
Sayur beku, rendam air panas dulu
Keju cheddar
(topping-nya sesuai selera aja sih, dan sesuai ketersediaan bahan tentunya)

Cara membuat:
+campur tepung terigu, baking powder, garam dalam baskom.

+tambahkan 1 sdm minyak ke campuran tepung.

+aduk-aduk pakai tangan sambil perlahan-lahan ditambahkan air.

+aduk terus sampai adonannya menjadi satu

+tambahkan sedikit tepung ke permukaan baskom

+uleni adonan sebentar di dalam baskom (sebenernya sih gak harus di baskom, idealnya malah di permukaan datar yang bersih, tapi aku gak punya permukaan yang cukup luas selain talenan mini).

+tinggalkan sebentar adonan roti, kita beralih ke topping.

+potong-potong daging asap. Eh udah gitu doang ya?

+ambil pan teflon kesayangan, lumuri/oles dengan margarin secara merata.

+gilas adonan roti sehingga berbentuk piringan. (aku menggilasnya di atas talenan miniku, pake gilesan adonan / roller).

+ketipisan disesuaikan denga selera masing-masing, karena ada yang suka pizza tipis, ada juga yang suka tebel. Pastikan ukurannya masuk ke pan kesayangan.

+letakkan adonan roti di pan teflon.

+oleskan saus spaghetti secukupnya.

+taburi dengan segala macam topping.

+parut keju cheddar di atas topping lainnya. Kalo ada keju mozarella atau keju cheddar yang quick melt, itu akan jadi lebih mantab!

+letakkan pan di atas kompor, nyalakan kompor. Tutup pan dengan tutup panci (kalo ada pasangannya lebih bagus, kalo aku sih pake tutup panci kukusan). Penutupan pake tutup panci ini penting, untuk mensimulasi proses pemanggangan di oven mungkin yaa...

+masak selama 10-20 menit tergantung ketebalan pizza-nya dengan api kecil minimalis. Pizzaku agak tebal, jadi memakan waktu 20 menit.

+setelah adonan roti terlihat kering, angkat dan hajar bleh!

Taaaaarrraaaa.... Begini deh waktu baru mateng.



Dan kurang lebih beginilah penampakan irisan pizza dari samping....



Rasa? Rasanya gak sebanding dengan usaha yang dikeluarkan... Alias usahanya cuman gitu-gitu aja (aku pikir bikin pizza tuh bakalan ribet suribut), tapi rasanya mantaabbb!!!! Selamat berkreasi!

5 comments:

Zakiyah Azzahra said...

waah... begitu yaa,, ternyata buat pizza ga begitu sulit ya kelihatannya (?) hehe

thank's to share :)

farida hasna said...

langsung ke dapur
thanks kak resepnya :D

MY BLOG said...

ak mnta resepnya,makasi ya.

MY BLOG said...

ak mnta resepnya,makasi ya.

Liesha said...

Berhasil! Tapi aku suka tipis, jadi resep itu bisa jadi 2 pizza... YUMMY :) thank you for the post!