Wednesday, December 26, 2007

Yogya lagi: Mimi Hitam dan Angkringan

Kulkas Terpanjang di Indonesia
Bi, Pi, dan aku berangkat ke Yogya naik kulkas terpanjang di Indonesia yang nama resminya “KA Taksaka Malam”… [warning: the rest of this paragraph will contain negative comments] Yaahh… keretanya telat nyaris 45 menit. Terus AC-nya dingin banget. Selimutnya sejuta umat dan bau. Ditambah di luar hujan… aku jadi teringat kejadian Jkt-Cirebon 12 jam…

Setelah ngobrol sebentar sama si Pi, terus si Pi ninggalin tidur. Jadilah aku bengong beybeh… karena siangnya aku udah kebanyakan tidur. Jam 11 lebih, mulai bisa tidur, tapi kalo keretanya berhenti pasti kebangun, jadinya hampir sejam sekali kebangun… aku heran… si Pi bisa tidur gak bangun-bangun gitu pula… mukanya ditutupin selimut bau pula…

Tadinya cukup hangat dengan jaket kopi susu , jeans, dan selimut bau menutupi kakiku… tapi lama-lama… dinginnya menembus selimut bau dan celana jeans juga bow…. Untunglah ada mas-mas yang berinisiatif untuk protes tentang AC, tapi itu udah jam 3 malam gitu, bentar lagi nyampe kali…

Berburu Hotel
Sampe di Tugu jam ½ 6. Kami dengan cueknya gak berdiskusi ataupun memutuskan mau naik apa, tau-tau kaki sudah melangkah sampai di pintu gerbang mobil stasiun Tugu. Dan iseng-iseng mau jalan kaki ke Dagen sambil geret-geret tas, siapa tauk masih ada hotel yang kosong. Pi bahkan iseng-iseng nelpon Ibis. Tapi memang di Malioboro area semua hotel sudah fully booked. Dari hotel bintang lima, hotel melati, bahkan hotel bunga bangkai, sudah penuh semua.

Kami pun menyerah, dan naik taksi dari jalan Malioboro, menuju Hotel Nitipuran Permai, yang sudah di-booking-kan oleh calon manten. Ternyata hotelnya oke… kamar mandinya bersih. TV-nya agak-agak merah gitu sih… tapi ke Yogya kan bukan buat nonton TV hehehe…

Soto Kadipiro
Setelah check-in, kami berjalan kaki sampai ke Jl.Wates, kemudian masuk ke resto soto Kadipiro buat sarapan. Soto tersebut menjadi sarapan kami selama 2 hari berturut-turut. Rasanya lumayan enak, tapi lagi-lagi aku memang gak terlalu heboh sama yang namanya soto.

Hayat Wannabe
Setelah sarapan, kami pun mau mandi dan tidur dulu, untuk membayar hutang tidur selama di kereta. Aku hanya bisa tidur setengah jam, gara-gara ternyata AC kamarnya dingin banget. Abis itu aku teruskan dengan menonton JogjaTV… lagi acara Goodriil, acara pesen-memesen lagu gitu deh. Yang lucu… presenternya yang perempuan mirip sama si Hayat… Presenter itu adalah salah satu dari Hayat Wannabe yang kami temui sejak berangkat dari stasiun Gambir.

Malioboro
Kira-kira jam 10, kami berangkat ke Mal Malioboro. Muter-muter di mal Malioboro, nyari Dagadu dan ke Matahari. Tapi Dagadu-nya lagi kurang asik deh… apalagi yang ukuran M… stock-nya dikit banget… Makan siang di Mal Malioboro, abis itu jalan kaki ke Mirota Batik. Yeaah… jalan kaki, di tengah hujan.

Mirota Batik seperti biasa penuh… lama juga di sana, sampe pegel. Tapi aku masih belum menemukan jarik sogan yang cukup hoke-doke. Jadi kita pun segera meluncur ke Terang Bulan, tempat belanja jarik yang lebih enak.

Muara Kapuas
Setelah itu aku berpisah sama Bi dan Pi, aku ketemu sama Bu Ning dan Om Win. Diajak ke Ambarukmo Plaza, kemudian berakhir di Muara Kapuas. Sebuah resto yang terletak di antara jalan Kaliurang dan jalan Monjali.

Menu spesialnya adalah ikan Uceng… sejenis ikan Wader gitu deh… yummy… terus selain Uceng, mesen ikan Nila sekilo pula… dan sambel bawang. Berhubung ikan nila-nya banyak banget, terus sambel bawangnya begitu menggoda, udah gitu sejak tadi siang aku mulai merasakan efek “naik KA di musim hujan” alias tenggorokan yang sakit-sakit gitu, jadi… aku pun menggunakan kesempatan itu untuk menimbun amunisi. Kata si Doeth (calon manten yang mau menikah besoknya), kalo kerasa mau flu… hantam aja pakek makanan yang banyak.

Iya lho… KA tuh mencurigakan deh… kayaknya emang penuh kuman-kuman KA bertebaran deh… apalagi kalo di luar hujan… tadi selama jalan-jalan aku, Pi, dan Bi gantian aja bersin-bersin…

Kawinan Doeth-Mel
Sabtu pagi-nya, kami hanya sarapan di Soto Kadipiro (lagi), terus bengong-bengong aja di depan kamar, sambil nge-cat kuku… (yeah… kuku kami jadi kembar 3 deh)… dandan, terus jam 11 lebih naik taksi ke jalan Kemetiran. Acara di pemberkatan berlangsung dengan lancar. Kami bertiga plus Jati sempet di-shoot untuk ucapan selamat. Haduh… ancur banget deh…

Iga Bakar jalan Gejayan
Setelah selesai, kami berempat terpaksa jalan kaki sampe ke jalan Pasar Kembang untuk mencari taksi. Kemudian kami pun menuju resto Iga Bakar di jalan Gejayan. Hmm… iga bakarnya empuk… apa karena di-presto ya? Perasaan sih… kalo makan konro bakar di resto-resto makassar, biasanya gak seempuk itu. Tapi gak peduli deh, mau di-presto kek, mau di-allegro, andante… yang penting enak kan?

Setelah dari Iga Bakar, terus ke Amplas (lagi), ketemu Yayan dan Hesti di sana… abis itu kita menuju pulang ke Hotel Nitipuran Permai, untuk siap-siap ke acara resepsi.

Resepsi Nikah Doeth-Mel
Waktu masuk ke jalan Magelang, kami berlima sempet heboh karena ternyata jalan Magelang mati listrik. Tapi untunglah… ternyata di resto Pacific tempat resepsi Doeth dan Mel tidak mati listrik… Di tempat kondangan, ketemu sama cewek cantik yang bikin aku dan Pi berteriak surprise-surprise…

Ceritanya gini, pas lagi muter-muter menjelajah makanan, kami ngeliat Haryo, salah seorang rekan BPS Keuangan seangkatan. Kami berniat mau say hi sama Haryo, tapi Haryo lagi asik ngobrol sama cewek yang posisinya membelakangi kami. Cewek itu pakek gaun pesta hoke-doke, rambut tertata rapi, dandan sak poll-e lah… pasti cewek gaya abis deh ini…

Haryo ngeliat aku dan Pi, kemudian dia membalas “say hi”-nya kami… Cewek tadi ikutan menengok ke arah kami dan ternyata…. JJAATTTIII!!!! Huuuaaaa….!!!! Tak disangka ternyata wanita anggun tadi adalah si Jati!!! Sesama wanita yang bisa tiba-tiba jadi preman di kala keadaan membutuhkan… Waaahhh… aku dan Pi jadi terinspirasi nih… kapan2 pengen nyoba untuk dandan sak poll-e kayak gitu…

Abis itu aku dan Jati sama-sama menikmati prosesi pesta, dari mulai rebutan jajan pasar di tenongan (sebagai ganti upacara potong kueh tart), sampe berdiri paling depan (dan tengah) di acara lempar buket. Secara… semua acara itu diperuntukkan bagi para singles yang pengen segera menyusul naik ke pelaminan. Hihihi…

Yang cukup memalukan adalah… ternyata video ucapan selamat yang tadi siang itu disiarkan lewat layar segede gambreng di acara resepsi… huee… malunyaa…

Berburu Tempat Nongkrong
Setelah selesai di tempat resepsi, kami menculik Badagok dari rombongan kantor. Tujuannya adalah bikin acara “nongkrong bareng BPSTI 2003”. Tapi mau nongkrong dimanakah kami?

Bi pengen makan di Cak Koting, meluncurlah kami menuju bioskop Mataram, tapi ternyata baru jam 9 malam… bebeknya sudah habis. Next destination adalah mie Jawa… Yayan mengusulkan Bakmi Pele. Kami memilih Bakmi Pele yang deket alun-alun, karena dikhawatirkan kalo nekat ngejar Bakmi Pele yang di Godean, bisa-bisa kami cuman kebagian cuci piring saja… Berdasarkan ingatanku, kami menuju Bakmi Pele. Sudah tinggal 200 m dari lokasinya, ternyata jalannya berbelok ke kiri. Aku kekeuh bahwa seharusnya boleh lurus sampe ke warungnya Bakmi Pele, tapi boww… waktu dulu aku kan naik becak, jelas aja boleh.

Terpaksa deh… muter lewat alun-alun kidul, tapiii… jalan yang menuju alun-alun kidul, ternyata ngantre banget… so dengan berat hati kami terpaksa abort rencana Bakmi Pele. Next destination adalah… Bakmi Kadin. Di Bakmi Kadin, kami dapat parkir… dapat tempat duduk… kemudian datanglah mbak-mbaknya dan berkata seperti ini: “Kalo nunggu lama, gak apa-apa?? Itu meja itu udah nunggu dari jam 8 pesenannya belum dateng tuh…” sambil menunjuk salah satu meja yang penuh orang tapi masih belum ada makanannya. Saat itu jam sudah menunjukkan ½ 10 malam… oalah… mereka sudah nunggu 1 ½ jam… kalo kita nekat makan di situ, mau makan jam piro??

Next destination adalah… nyari warung angkringan, hik, sego kucing… apapun sebutannya… Aku sendiri belum pernah makan di angkringan, cuman sering dengar kalo salah satu om-ku seneng banget makan hik… tapi malas mau nyoba, secara setiap lewat warung hik di Solo, pasti tempatnya gelap remang-remang gitu. Kalo sekarang kan rame-rame dengan teman-teman, jadi oke lah… mari kita coba.

Lumayan juga putar-putar… sampe bensin tiris… setelah gak napsu ngeliat salah satu deretan angkringan (aku tak ingat nama jalannya), akhirnya Yayan (dengan sedikit melanggar rambu lalu lintas) memarkir mobil di deket angkringan Lik Man… di jalan Bumijo gitu kalo gak salah… sebelah stasiun Tugu.

Abis itu para pria itu mencari tempat duduk dulu, ternyata nemu tempat duduk kosong, lesehan, gelap, banyak semutnya. Tempatnya enggak banget lah, tapi yang penting kosong, bisa buat duduk. Terus sementara kita para wanita nangkring di tempat kosong itu, mereka mesen minuman dan makanan. Ternyata… meskipun makannya mesti dobel doa (doa sebelum makan plus doa demi menjamin kebersihan makanan…hehehe…), pisang goreng bakarnya uwenaakk…. Susu jahe-nya juga wuueenaakk… Pi malahan sempet nyoba sego kucing dengan lauk oseng tempe.

Menurut Yayan, menu spesial di Lik Man itu adalah Kopi Joss, yaitu kopi yang dicelup areng. Konon kabarnya, kopi joss itu sama dengan decaffeinated coffee. Jadi areng tadi mengurangi kadar kafein yang ada di minuman kopi tadi.

Transformasi Gita menjadi Mimi Hitam
Esok harinya… setelah menitipkan barang, aku akhirnya melakukan sesuatu yang sudah setahun ini disarankan oleh Pi. Semenjak kami rame-rame kondangan ke Surabaya (kawinan Pandu dan Azhar) itu, si Pi selalu menyarankan hal ini. Kemaren-kemaren aku masih ragu, karena kupikir kalo aku melakukan hal tersebut, nanti aku gak bisa berdandan ala Farah Fawcett… (wuahahaha… 80-an sekalleee…).

Nah kali ini… aku bener-bener tergoda… karena seminggu sebelumnya Pi sudah melakukan hal yang sama, terus pas ada di YK pula… temennya Pi punya tempat rekomendasi di YK soal yang satu ini. Udah gitu… belakangan ini emang semakin tobat soto babat aja… punya rambut panjang, tapi selalu diikat, karena kalo dilepas pasti terlihat gak rapi… so… hari itu, aku melakukan smoothing rambut huehuehuehue…

Lumayan lama juga prosesnya, harusnya sekitar 3 jam (secara rambutku emang banyak, kalo dikit paling 2 ½ jam sajah). Tapi di tengah jalan pakek dapet bonus dari PLN: mati listrik!! Jadilah harus nunggu si salon nyalain genset dulu, baru prosesnya dilanjutkan. Akhirnya makan waktu 4 jam deh…

Setelah itu aku nyusul Bi dan Pi ke Ambarukmo Plasa. Pi sempet gak mengenali aku dengan rambut catok-ku yang baru… si Bi komentarnya lain lagi: “Hee… Mimi Hitam-nya jadi ada dua sekarang…”. Huueee…

Pulang!!
Dari Amplas, kami menuju rumah Bu Ning, untuk ambil barang-barang dan numpang mandi. Tapi sebelumnya mau mampir Pathok dulu, nyari Bakpia. Ternyata yang namanya jalan Pathok itu udah mirip lautan manusia deh… gak cuman manusia, lautan kendaraan juga. Dari mulai becak, sepeda, sepeda motor, mobil, sampe bis pariwisata numplek di jalan itu. Bakpia 25 sudah kehabisan stock semua rasa, 75 sudah kehabisan stock rasa kacang ijo (original bakpia).

Malamnya ke stasiun diantar Bu Ning dan Om Win, terus KA-nya tepat waktu berangkat dari stasiun Tugu. Malam ini sih gak sedingin waktu berangkat kemaren. Aku dan Pi menghabiskan waktu sampe jam 1 untuk ngobrol… KA-nya juga gak telat-telat banget nyampe di Gambir, jam 5 kami sudah sampe di Gambir. Abis itu pulang… dan aku langsung menobatkan hari Senin yang cerah itu sebagai hari tidur nasional…