Monday, December 17, 2007

Balikpapan Lagi

Ketiga Kalinya
Hari itu... 24 November 2007, untuk ketiga kalinya aku mendarat di Balikpapan. (awal cerita yang cukup meyakinkan bukan? heheheh...) Aneh, begitu menginjakkan kaki di kota Balikpapan, aku tidak merasa lapar, padahal sudah lewat jam makan siang, even untuk waktu indonesia barat.

Aku langsung menunggu koper yang segede gambreng itu, huhuhu... masa' bawaanku untuk pergi ke Balikpapan selama 5 hari volume-nya sama dengan bawaannya Ndoro dan aku (BERDUA!!) untuk pergi ke Solo selama seminggu... Tapi kalo soal bobot sih jauh lebih enteng, sepertinya emang aku membawa banyak barang ringan makan tempat (sepatu? kebaya? tas cantik? kerupuk? kapas?).

Abis itu beli tiket taksi... sempet bingung sejenak. Kok gak di-assign nomor taksinya yah? cuman dikasi tiket... tarifnya 50rb "saja", karena diitung ring 2 Balikpapan gitu... dengan ragu-ragu aku mendekat ke antrean taksi. Oh... ternyata mereka udah mengatur giliran sendiri... begitu aku datang, salah satu bapak supir taksi maju dengan disemangati oleh temen-temennya (loh? naon sih?).

Dia cuman tanya aku mau kemana. Aku bilang: "Gunung Pancur". Abis itu si bapak itu memasukkan koperku ke dalam bagasi, kemudian aku dan si Dell-Takodel-Kodel pun masuk ke dalam taksi. Abis itu bengong di taksi... sambil ngeliat pemandangan dan sedikit geli sama kejadian di pesawat tadi: lagi2 dikira anak kuliahan. Gara-gara kedinginan, terus gak mau pakek jaket, aku membuat pose-pose aneh, terus ibu-ibu yang duduk di sebelahku bilang gini: "Kalo kedinginan, bisa minta selimut sama pramugarinya dek..."

Loh? Hee?? Mungkin dikira aku anak kuliahan mau pulang ke rumah ortunya?? Kacamataku yang merah gagang tebal ini memang membuatku terlihat geeky dan kuliahan banget, tapi kayaknya bajuku udah cukup ibu-ibu deh?!! Sebenernya aku gak mau pakek jaket karena alasan kematchingan baju… jaketku pendek, sedangkan bajuku panjang, ntar balapan duonk!! Gyahahahaha...

Kembali ke taksi... ternyata bapaknya masuk kompleks Pertamina dari deket Kebun Bunga. Bukan masuk dari jalan minyak. Hee? Aku tak hafal jalan kalo dari sini... Tapi aku mencoba mengingat-ingat waktu diboncengin Bagus dari Kepiting Tambora, kan lewat sini juga (well, just in case pak supir taksi nyasar... mesti tauk jalan duonk). Dalam hal ini, untung aku lebih dodol nginget nama orang dibandingin nginget jalan... hehehe... Jadi pas aku tauk udah deket ke Gunung Pancur: "Itu ke kanan. Rumah pertama ya pak." Nah, gaya kan?? Kayak emang ngerti jalan gitu lohh... padahal... ?!

Makan Siang dan Bungkus Kado
Baru inget kalo sudah waktu makan siang setelah Dedy tanya mau lunch dimana. Kami turun gunung menuju BC, di sana makan sekalian berburu bungkus kado untuk kado manten berupa foto. Susah ternyata nyari bungkus kado transparan, maunya biar fotonya langsung keliatan oleh yang mau dikasih kado. Maklum aja... Ini Balikpapan neng... Jadi nyesel gak bawa bungkusnya sekalian dari Jakarta, hiii... tapi kapan juga sempet belinya yak... Akhirnya nemu kertas mika di Gramed, terus beli selotape warna-warni. Masalah selanjutnya adalah waktu di rumah tadi... kami gak berhasil membuka tutup bingkai itu, jadi fotonya masih duduk manis di luar bingkai... hmm... mungkin nanti Doeth bisa kali yaa...

Jaringan Dodol
Sebelum pulang, beli perlengkapan perang (makanan maksudnya) dulu di Hero. Lagi tengah2 di Hero, mulailah terjadi kepanikan... akibat jaringan seluler yang dodol semua. Hehe.. gak segitu paniknya sih... tapi heboh aja... gara-garanya si Irva sudah mendarat di Sepinggan, begitu juga Doeth... tapi mereka tidak dapat menemukan satu sama lain. Udah gitu, ternyata mereka tak tau nomor HP masing-masing. Wah wah wah... giliran mencoba nelpon kami, bolak-balik putus, ditelpon balik... yang nerima mbak Veronica atau kena Network Busy, kalo nggak Connection Error.

Naik Ojek
Karena Irva dan Doeth sudah sampai di Sepinggan, we decided to get home. Naik angkot sampe jalan Minyak, terus... jreng-jreng... naik ojek untuk mendaki Gunung Pancur. Well... sejujurnya... aku tak pernah naik ojek... huehueheuhue... Aku doyan naik bajaj, sering naik angkot, sering naik bis, suka naik becak, tapi ndak pernah naik ojek. Seringnya dibonceng sama temen-temen yang didaulat jadi tukang ojek... wakakakaka... ups, maap teman-teman… kalian baik sekali…

Sampe rumah Dedy... (aku sampe duluan) aku langsung buka covernya si Privia. "Hey, it's been a long time ya Priv... let's see if you still have the ability to entertain me." Aku mulai main... Terus Dedy dateng. Tapi Doeth dan Irva tak kunjung datang... jadinya kita ngobrol aja sambil nonton tipi dan main Privia (pura-puranya multitasking nih...).

Foto-foto Jilid 1
Baru jam berapa tuh si Doeth dan Irva datang. Doeth langsung didaulat untuk berjuang membuka bingkai foto dulu, dan setelah menempuh perjuangan yang panjang akhirnya berhasil dengan selamat, thanks Doeth! Abis itu jalan-jalan keliling Gunung Pancur, sambil... tentu saja... foto-foto. Ini hasil foto-fotonya... Wiii... lihat kan? baju kembaranku dengan Irva itu memang membuat aku terlihat lebih ibu-ibu... Wah, apa si Hayat dan Sapi jadi membuat baju itu sebagai our next official uniform ya? Menggantikan baju 32 kami yang rada-rada salah cuci (salah sendiri, kenapa dicuci di laundry simpruk... jadi memendek kan).

Cotto Makassar
Abis itu pulang, gantian mandi... jam 1/2 7 dijemput oleh pak Agus dan pak Sofyan untuk makan soto makasar. Sama dengan naik ojek, aku gak pernah makan soto makasar sebelumnya... Ini pertama nyobain soto makasar. Ternyata... rasanya biasa aja. Enak sih, tapi gak yang sampe bikin tergila-gila dimabuk kepayang... tapi emang pada dasarnya aku selalu "biasa aja" sama yang namanya soto. Dari makan soto langsung pulang.

Foto-foto Jilid 2
Kami berenam (oya, selain Dedy, Doeth, Irva, dan aku, ada Ivan dan Bagus juga) menghabiskan malam itu dengan nonton tipi, nggosip, main piano, ngemil, dan... tentu saja... foto-foto. Sampe waktunya si Bagus dan Ivan pulang ke rumah masing-masing.

Diiinngggiiiinnn....!!!!
Pas jam 5 pagi jamku berbunyi, ternyata... aku dan Irva cuman menghabiskan tempat gak sampe 2/3 dari tempat tidur itu... hihihi... gara-gara kedinginan. Huhuhu... males baaangggeeettt mau bangun... pengennya merem lagi sambil kemulan dan meluk guling. Tapi... tidak bisa Gita!! Kamu sudah janji sama Salon Prameswari jam 6 kan!!

Ya wis bangun, mandi, abis itu ragu-ragu mau masuk kamar lagi, soale AC-nya yang kemaren gak dingin itu, sekarang duingin buanget. Setelah menguatkan tekad, aku buka pintu kamar, lari, narik kursi rias, naik, matiin AC, terus teriak: "Irva bangun! Jam 5 lebih!", terus lari keluar lagi, mencari kehangatan.

Indomie-ku Sayang
Aku nyari makanan... belum kelaparan sih, tapi pikirku.. perjalanan hari itu panjang, harus makan dulu lah... dari salon ntar kan langsung berangkat ke Samarinda. Aku melirik ke lemari dapur, wuuee... ada indomie... Ambil panci, isi air, nyalain kompor, terus plung-plung!! masukin dua bungkus indomie... (yang dimasukin indomienya, bukan bungkusnya loh). Sambil nunggu indomie mateng, nyiapin barang-barang yang perlu dibawa ke Samarinda.

Pas aku lagi ngangkat Indomie... "Git, taksinya udah datang tuh..". Hee?? Bukannya si Dedy baru banget ya nelpon taksinya?? "Terus Indomie-nya?". "Ditinggal aja, jangan sampe taksinya nunggu kelamaan." Liat jam, emang udah jam 6 sih. Knapa cepet sekali jam 6, kayaknya tadi nyalain kompor jam 1/2 6 deh, masa' sih masak Indomie ada 1/2 jam... Ya wis... bubuy Indomie...

Keanehan dan Kelaparan di Salon Prameswari
Tapi ya untungnya gak nyasar naik taksi ke Prameswari, padahal aku baru sekali lewat di depannya. Sampe di Prameswari masih dikunci... mbak-mbak penata rambutnya juga datengnya beberapa menit setelah aku dan Irva datang. Ternyata rambutku dibikin model Princess Leia (ya gak persis Princess Leia beneran sih, Princess Leia versiku lah...)

Lagi tengah-tengah didandani, terjadi sesuatu yang aneh... kita kan sambil dengerin radio tuh, radionya memutar lagu When You Tell Me That You Love Me. Aku cuman mikir: Oh.. ini kan lagu yang mau dinyanyiin koor pesenan bapaknya Justin pas pemberkatan nanti. Gitu doang.

Nah... lagu berikutnya bikin aku merasa aneh: From This Moment On... Haa?? Kok bisa?? Lagu itu juga mau dinyanyiin pas pemberkatan!! Wah, kalo lagu berikutnya adalah The Prayer, pasti yang bikin playlist-nya radio ini si Bi atau Sapi deh!!!

Selain terjadi hal aneh tersebut, terjadi juga hal lain: aku kelaparan. Ya, K-E-L-A-P-A-R-A-N. Kayaknya ini pertama kalinya aku laper bangeeettt selama di Balikpapan. Dulu pas pertama kali ke Balikpapan, boro-boro ngerasa laper, sibuk ngurusin sakit gigi kali. Pas kedua ke Balikpapan, belum sempet ngerasa laper... udah dijejelin makanan dari kiri-kanan. Waaaa... Indoooommmiiieee... aku jadi inget Indomie yang tadi. Gimana duonk, baru sempet makan lagi kan nanti pas di resepsi yang mulai jam 1. Aku teringat susu Ultra coklat yang dibeli di Hero kemaren. Hmm... mungkin itu solusiku...

Telepon Dedy, minta dibawain susu, tapi Dedy malah mengusulkan untuk makan pagi dulu aja. Hee?? Sempet ya? Tapi berhubung aku benar-benar lapar, aku setuju banget usulan itu... huehuehuehueee... Jadilah... setelah dijemput oleh Dedy, Doeth, dan mas Nain, kita makan di Klandasan... wuekekekek... aku agak-agak merasa aneh: rambut sanggulan, setelan buat pesta, sepatu cinderela (abis bling-bling gitu), dan korsase... masuk ke tempat makan itu... gak matching banget deh antara suasana dengan kostum. Tapi kalo laper... biar gak matching ditabrak aja deh... Makan nasi kuning pakek lauk daging... udah disumbangkan ke Doeth tapi tetep gak abis.

WC Jijay di Perjalanan
Abis itu jemput si Ivan dan Gusnit. Dan kita pun cabut ke Samarindo... sambil ngemil keripik singkong dan coklat. Di tengah jalan, sempet mampir ke resto untuk beli air minum... aku request untuk ke toilet. Nah...nah... toiletnya itu... bak airnya berupa gentong gitu deh... tapi kok airnya berbau kayak kolam ikan ya? Udah gitu keruh banget... jadinya aku gak bisa tauk, di dalam ada ikannya apa enggak... yyaaayyy... untungnya di atas gentong aku menemukan keran air dan gayung. Aku test dulu.... nyalain keran ditampung di gayung, ternyata airnya jernih.... huehue... jadilah bisa dipakek buat menjalankan ritual....

Samarinda!!!
Setelah itu lanjut perjalanan lagi, aku sempet ketiduran dengan posisi aneh... biar sanggulnya gak rusak bok... bangun tidur, kuterus dandan.... Masuk kota Samarinda sekitar jam 11 kurang... wiiii... kayaknya telat nih... bakal gak kebagian pemberkatannya... mampir SPBU dulu, pada mau ganti batik. Aku sekalian bantuin si Irva dandan. Abis itu lanjut perjalanan (yang tinggal dikit lagi itu) ke katedral.

Sampai di gereja, pemberkatan nikah tengah berlangsung, dengan berjingkat-jingkat kita menempati salah satu baris bangku. Aku mencoba mengintip ke buku pemberkatan yang dibawa salah satu tamu, ternyata halaman yang dibuka tamu itu masih halaman-halaman awal. Belum ketinggalan banyak nih.... Selesai pemberkatan, diminta untuk poto-poto dulu...

Akrobat Dalam Kegelapan

Abis itu kita menuju ke gedung Korpri, tempat resepsi berlangsung. Nah... kemudian terjadilah ”akrobat dalam kegelapan”. Aku dan Irva berusaha mencari tempat ganti pakaian, untuk mengganti kostum rok kami ke kebaya oranye. Yang kami temukan hanyalah kamar mandi gelap, yang gak ada lampunya, terus lantainya basah. Waaatttaaa...

Tapi pilihan lainnya adalah nggak ganti baju sama sekali. Yaww... kebaya ini kan bahannya pemberian mantennya, harus dipakai duonk!! Ya suds... kami berdua masuk ke kamar mandi kecil itu. Sedikit berakrobat supaya baju-baju gak kena lantai kamar mandi yang basah, sambil berusaha melihat dengan jelas dalam kegelapan... akhirnya berhasil dengan sukses deh....

Wajah udah berantakan make-upnya... jadi aku nyari mas Nain untuk minta kunci mobil... buat naroh barang, sekalian buat retouch make-up. Jadilah aku nangkring di belakang mobil untuk re-touch make-up. Pas selesai dandan, pas mantennya nyampe di gedung.

Aku sama Santi pun berburu foto... macamnya paparazi, nyelap-nyelip sana-sini... sayangnya blitz-nya kamera yang kubawa kurang tokcer... jadi banyak yang hasilnya gelap. Kalo pakek double blitz, gak boleh getar sama sekali kameranya... wah, padahal dengan posisi seperti itu, susah ngambil dengan keadaan diem.

Longtorso Pencegah Lapar
Acara panggihnya baru selesai jam 2 kurang 15.... padahal jam 2 udah harus cabski, berhubung Irva harus kejar pesawat jam 6. Dedy udah ngasih kode, macamnya stage manager... Aku cuman mengangguk dengan pandangan retorik “Can we stay longer?!”. Kita langsung antre salaman, terus foto-foto, abis itu pamitan... Jam 2 teng, sudah meninggalkan tempat resepsi, tapi aku dan Irva belum sempat makan... secara tadi sibuk nyari tempat ganti pakaian dan nonton acara Panggih. Dedy ngusulin supaya nanti beli tahu sumedang saja waktu keluar dari Samarinda. Ada tahu sumedang enak.

Aku dan Irva gak sempat ganti baju dulu, langsung saja duduk di mobil... masih berkebaya, kain jarik, dan... longtorso ketat itu. Segera setelah meninggalkan gedung Korpri, aku menelpon Hayat yang lagi di asrama haji Solo. Malamnya dia mau berangkat haji. Berhaha-hihi dulu... setelah itu ngantuk berat mulai melanda... aku pun meminjam salah satu baju yang digantung untuk dijadikan korden, dan bluk!! Tertidur dengan sukses sambil senderan ke sanggulku yang empuk...

Waktu berhenti beli tahu sumedang, aku sudah PW banget, jadi males mau turun... katanya tahu sumedangnya belum mateng, jadi hanya beli tahu isi dan pisang goreng. Waktu ditawarin tahu/pisang, aku tiba-tiba jadi gak laper, entah karena ngantuk, entah karena lagi berlongtorso... Longtorso itu saking ketatnya bisa bikin kita gak jadi lapar deh... Dan aku pun meneruskan tidur dengan enaknya... hmm...hmm... baru fully terbangun setelah lewat taman nasional something itu... (aku lupa namanya)

WC Airport Gak Kalah Jijay
Sampai di airport, Irva langsung tukar pakaian. Sementara aku masih mondar-mandir di dekat mobil dengan berkebaya, jarik, dan sanggul… Tiba-tiba: “Apa kabar mbak?? Abis ada acara ya?”. Aku berputar mencari sumber suara. WAAATTAAA… Pak Salam!?! Itu kan bapak yang kutemani naik ke candi Borobudur dengan penjelasan guide yang sesat!! Heee… aduu bookk.. ketangkep dengan dandanan gini… mending kalo masih rapi dandanannya, lha ini sanggulnya udah lepas-lepas sana-sini…

Kemudian ada yang ngusulin mau ke kepiting kenari setelah dari airport. Aku buru-buru minta ganti baju, gilingan deh… masa’ mau ke kepiting kenari pakek longtorso?? Bisa-bisa kepitingnya dianggurin ajah… dan si kepiting bersorak-sorai: “Dia tak memakanku!! Dia tak memakanku!!”

Pas masuk WC Sepinggan, jreng…. Jreng… ada pemandangan yang lebih horor dari WC Jijay yang tadi pagi: airnya warna HITAM-TAM-TAM-tam-tam-mmm… (saking hitamnya tuh) Hiii…. Untung gak pas lagi kebelet…

Kepiting Kenari
Setelah Irva masuk ke tempat check-in, kita pun ke kepiting kenari. Nah… ternyata kepiting yang enak itu (enak menurut versiku) adalah yang digoreng. Baik itu goreng kering maupun goreng mentega. Yummy....

Habis dari kenari, aku menemukan indomie tadi pagi dalam keadaan kering di dapur. Umm... mungkin ceritaku ttg kunjungan ke Balikpapan sampai di sini sajah... setelah itu masuk ke fase dinas (bukan jalan-jalan lagi). Mungkin yang pengen kuceritakan cuman ttg kedodolan tepi kolam renang hotel Blue Sky sajah... tapi itu nanti sajah... pokoknya melibatkan kolam renang, kacamata biasa, kacamata renang, rok jins, wastafel, dan pool side dinner.

No comments: