Saturday, December 15, 2007

Mabuk-mabukan Yuukk...

Sekarang (waktu nulis posting ini di Hotel Quality Yogya), aku lagi pusing. Gak tauk penyebabnya apaan: A, B, atau C... (tiga-tiganya dirahasiakan, tapi pokoknya ada 3 itu yang mungkin jadi penyebabnya).

Daripada pusing… akhirnya aku memutuskan untuk mabuk-mabukan… pakek apaan?? Yeaayy… kalo minuman keras kan hukumnya haram, jadi mari kita mabuk-mabukan pakek... TAPE KETAN!!!

Tadi siang aku beli tape ketan di Muntilan. Ini udah abis 2 gelas... enak rasanya, gak berasa alkohol, manis pula. Tapi kalo makannya 2 ember, ya bisa bikin mabok.

Gimana bisa sampe Muntilan?? Tadi siang aku Wisata Merapi. Naik ke Ketep Pass, liat film Merapi, terus liat Musium Merapi, dan makan jagung bakar. Lumayan juga sih... jadi ada sedikit gambaran tentang gunung Merapi. Selama ini aku gak pernah nyambung sama yang diomongin sama pembaca berita di tipi... sebenernya apa sih Wedhus Gembel itu, terus kubah lava itu apa. Tapi... kayaknya sih... mungkin sebagian besar pembaca berita itu juga sama gak nyambungnya sama aku... hmm... buktinya mereka selalu salah spelling Geger Buaya... Mereka mengejanya jadi Geger seperti pada Keributan, bukan Geger seperti pada Punggung.

Jadi... menurut yang aku tangkap dari pengamatan di Musium, ternyata lava yang keluar di Merapi itu menumpuk di pinggiran kawah, membentuk kubah... nah kemudian kubah itu semakin besar, sampe ukurannya sudah gak memungkinkan lagi untuk ditahan oleh lereng gunung, akhirnya kubah itu runtuh. Nah, pada saat runtuh itu lah... terbentuk awan panas yang biasa dikenal dengan Wedhus Gembel... awan itu gak hanya panas, tapi juga membawa material hasil runtuhan kubah lava tadi... Awan itu disebut Wedhus Gembel karena bentuknya seperti bulu domba.

Dari Ketep, mampir Muntilan dulu beli Tape Ketan tadi, terus makan di tengah jalan, ayam goreng Sari Nikmat gitu... Biasa aja sih rasanya, tapi berhubung laper... tandas juga akhirnya. Kemudian kita melanjutkan perjalanan ke Kali Adem.

Di Kali Adem, obyek yang dilihat adalah sisa-sisa awan panas yang pernah melanda daerah tersebut pada tahun 2006. Areal tersebut tertutup oleh material guguran lava berupa pasir dan bebatuan, dari yang kecil sampai yang cukup besar. Dapat dilihat dengan jelas jalur dari pergerakan awan panas, karena areal yang tertutup pasir dan batu seperti membentuk jalur.

Dari Kali Adem, kami mampir ke Hotel Quality, kemudian melanjutkan perjalanan ke Malioboro. Aku mau ke toko batik Terang Bulan, mau beli titipannya Ndoro: sajadah batik. Wah... ternyata pilihannya banyak, bagus-bagus pula. Ada yang printing, ada yang batik cap. Tadinya aku mau beli 1 saja... tapi terus tertarik juga... jadi beli 2... abis itu aku sempet keluar mau nyari mini market, tapi gak nemu, akhirnya masuk lagi ke Terang Bulan... terus liat sajadah lagi, beli lagi... hihihi...

Ternyata Terang Bulan itu meskipun gaya jadul gitu, tapi asik juga buat belanja kain Batik. Kalo baju Batik-nya mungkin desain-nya kurang ”terkini”, tapi kalo buat belanja kain panjang (jarik, sarung), enak banget, kainnya tersusun rapi, harganya reasonable pula... (aku gak bilang murah sih, karena kalo yang namanya batik tulis, ya susah nyari yang murah).

Dari Terang Bulan, aku mampir ke Alfa dulu... terus jalan kaki ke Hotel Quality. Besok pulang, tapi aku masih males mau beres-beres...

No comments: