Wednesday, August 15, 2007

20 Tahun Star Trek: TNG - Yang Berubah Buat Aku

Wwuuuiii... 20 tahun!! Betah banget yak?

Ya, tahun ini adalah perayaan 20th Anniversary-nya Star Trek: The Next Generation (TNG). Sudah 5 tahun berlalu sejak terakhir kali nonton movie-nya (yang mengecewakan banyak pihak ityuuu). 10 tahun berlalu sejak menonton final episode "All Good Things...". Surprisingly, sampai hari ini aku masih belum bosen juga... yeah, itu adalah salah satu hal yang tidak berubah sejak 1991.

Tapi berkaitan sama TNG tadi... gak semua hal gak berubah, ada juga yang berubah. Misalnya:

1) Dulu aku lebih senang menonton episode yang action-oriented, tapi akhir-akhir ini ketika aku me-"rerun" episode2 TNG di Dell-Takodel-Kodel, aku malah lebih enjoy nonton yang banyak ngomongnya. Karena ternyata, aku baru nyadar kalo dialognya tuh dalem banget, dan ternyata (lagi) banyak pelajaran-pelajaran yang dulu gak begitu aku pedulikan (atau mungkin dulu aku gak ngerti kali ya?) tapi sekarang ternyata baru ketangkep maknanya.

2) Dulu aku sebel banget kalo episodenya tuh melibatkan "Wesley Crusher Saves The Day", tapi ternyata sekarang aku adalah pembaca setia blognya Wil Wheaton dan juga column Geek In Review-nya Wil Wheaton. (Wil Wheaton adalah aktor yang berperan jadi Wesley Crusher)

3) Data. Dulu aku sebel banget Data dimatikan di Star Trek: Nemesis. Sekarang, aku setuju dengan alasannya Brent Spiner pengen mematikan Data. Meskipun aku tetap lebih senang kalo misalnya Data gak usah dibunuh, tapi gak usah muncul lagi di movie ataupun series yang dibuat setelah Nemesis. Kenapa? Karena Spiner benar tentang dia sudah sama sekali gak keliatan muda. Di Insurrection, meskipun sudah 49, dia masih bisa jadi Data yang innocent. Tapi di Nemesis enggak. Setiap kali dia memasang muka "Data-with-his-curiosity-face", dia sama sekali gak keliatan "curious" seperti halnya di series ataupun di movies 7-8-dan-9. Garis-garis wajah Spiner yang emang menunjukkan umurnya itu (53 pada saat Nemesis) membuat Data jadi keliatan "thoughtful", kayak si Data tuh punya beban hidup gitu loh. Padahal kan salah satu hal yang bikin Data jadi so lovable adalah tampang curious dan innocent-nya yang menggemaskan itu.

Jadi, itu tadi beberapa hal yang berubah ttg TNG. Nanti aku teruskan lagi dengan cerita lain. Happy 20th Anniversary TNG!!

No comments: