Monday, February 05, 2007

Cirebon dan Banjir

Ngrumpi-Tidur-Ngrumpi-Tidur-Ngrumpi Lagi-Tidur Lagi...

Itulah kerjaanku dan Sapi selama di atas kereta selama 12 jam. Oya, kita bukannya mau pergi ke Surabaya loh, tapi mau ke Cirebon!!

Aku dan Sapi berniat pergi ke Cirebon untuk menengok rumah dinas Hayat yang baru. Kami sudah memesan tiket Cirex hari Jumat jam 5 sore, juga tiket baliknya untuk hari Minggu jam 2 siang.

Pulang kantor, masih berbatik dan bersepatu kantor, aku nyebrang ke Gambir. Ternyata... ketika jam 5 kita naik ke peron, keretanya belum ada. Malahan kereta Argo Gede/Parahyangan yang seharusnya berangkat jam 13.40, baru saja meninggalkan stasiun.

Kata pengumuman di halo-halo (yang dari dulu gak pernah terdengar dengan jelas itu), keretanya masih di stasiun Tambun. Aahaa... Tambun kan deket, palingan 1/2 jam lebih dikit.

Terus... orang-orang pulang kantor mulai berdatangan, dan tiba-tiba kami bertiga berhadapan dengan.... doooeeeennnggg.... pak asisten manajer / bos-ku... Huehehehehe... Ketauan deh... Ketauan aku berlibur tanpa SIJ, ketauan si Bi hari ini gak masuk karena banjir tapi nongol di stasiun Gambir sore-sore....hehehe... tapi untung si pak bos cengar-cengir doang.

Pak Bos nunggu Depok Express, lumayan lama juga, gak seperti biasanya yang jadwalnya sudah jelas. Setelah pak Bos naik kereta, Cirex masih juga di Tambun, karena pegel dan kelaparan, kami pun memutuskan untuk nunggu sambil snacking di Baso Malang Oasis (yang untungnya kali ini gak pake lama).

Waktu di Baso Malang Oasis, ternyata keretanya sudah di Bekasi. Tapi lama juga... beberapa kali diumumkan tetep di Bekasi terus, gak maju-maju. Selesai makan, kita nongkrong di tangga stasiun. Mayan lama sih... Setelah kelamaan, pindah ke peron lagi, duduk di lantai.

Beberapa kali ditelpon sama Bapak, terus juga sama mama-nya Sapi. Dua-duanya nanya: Yakin mau berangkat? Gak mendingan dibatalkan aja?

Eh... ternyata jam 8 keretanya datang. Hoooreeeee.... kita pun naik. Terus Bi pulang. Tapi... kok sampe jam 9 gak jalan-jalan ya? Keretanya hanya nongkrong saja di jalur 4. Nah jam 9 kurang itu, Bapak ngasih ide: kalo memang memutuskan untuk ga jadi, nginep aja di Utan Kayu, kan gak terlalu jauh dari Gambir, dah gitu jalan yang menuju ke Utan Kayu juga gak macet. Gak kayak Buncit yang butuh waktu 5 jam untuk ditembus.

Terus aku dan Sapi pun berdiskusi. Kita harus ngasih time limit. Kalo jam sekian gak berangkat juga, kita berencana turun, terus naik taksi ke Utan Kayu. Tapi... baru aja kita diskusi... tiba-tiba... TTUUUUUTTTT....!!!! Keretanya jalan!!

Aahh... lumayan lah, palingan jam 1 atau jam 2 bisa sampe Cirebon. Aku juga biasa kan naik Parahyangan yang berangkatnya delay, dari jadwal yang 3 jam, setelat-telatnya 4-5 jam di jalan. Tapi... sampe di deket Tugu Proklamasi, menjelang stasiun Manggarai, tiba-tiba KA-nya berhenti. Dan gak jalan-jalan sampe lama banget.

Kita mencoba untuk tidur, tapi gak bisa, gak enak lah tidur di kereta yang lagi berhenti, akhirnya ngerumpi dari A sampe Z. Waktu akhirnya keretanya jalan, ternyata gak jauh... dia berhenti di stasiun Manggarai. Lamaaaa.... banget. Sampe jam 1/2 1 malam masih di Manggarai. Tapi jam 1/2 1 itu kita juga masih gak bisa bobok.

Mas-mas yang duduk di depan kita tuh tidurnya enak banget, sampe mengeluarkan suara-suara pesawat yang udah mau take-off. Dah gitu, yang bikin pengen ketawa sekaligus annoyed: ringtone-nya mas-mas itu tuh lagu yang liriknya gini nih: "Jaauuuhh sssuuudddaaahhh...". Walah, apanya yang jauh, wong masih di Jakarta kok dibilang jauh sudah.

Akhirnya kita bisa tidur juga dengan posisi masing-masing, si Sapi mlungker gak karuan, sedangkan aku yang dapet kursi un-recline-able, memilih tidur dalam posisi seperti bersandar di monitor Simpruk.

Jam 1/2 3 aku agak-agak sadar penuh, waktu itu sudah lewat Jatinegara, dalam keadaan berhenti, tapi belum nyampai Bekasi. Akhirnya memilih wadul sama beberapa orang teman (tentunya lewat SMS dunk, sadis banget masa' nelpon jam 1/2 3 malem). Haha... sekalian ngetest, siapa diantara teman-temanku itu yang bangunnya paling pagi. <= kurang kerjaan.

Abis itu tidur lagi. Baru bangun setelah jam 5 aku kepengen ke toilet. Dengan membulatkan segenap tekad dan membawa senjata berupa tissue basah, aku pun pergi ke toilet. Rupanya lagi ada orang di dalam toilet. Jadi aku ngobrol sama bapak-bapak yang ada di bordes. Kita berdiskusi, sudah sampai manakah kereta kita ini? Bapak itu menebak-nebak: Karawang. Tapi terus kita lewat sederet pertokoan yang ada tulisan "Bekasi"-nya, setelah itu keretanya jadi ngebut. Hmm... ya gak segitu ngebutnya sih, tapi dengan kecepatan selayaknya serangkaian kereta gitu loh, gak lelet kayak tadi lagi. Hooreeee.... akhirnya!!! Bapak tadi memprediksi bahwa kita akan sampai di Cirebon sekitar jam 8.

Setelah itu aku gak terlalu banyak tidur lagi. Di Dawuan dan di Cikampek sempet berhenti, sempet was-was juga, tapi ternyata hanya sebentar. Dan kereta pun nyampai dengan sukses di Cirebon jam 8 pagi.

"Akhirnya sampai juga di Surabayaa.... mana ya si Pince kok gak jemput??" Jeng....jeng... ternyata adanya Hayat, berarti kita bukan di Surabaya dunk!! Tapi lama dan capeknya kayak abis naik kereta ke Surabaya bok.

Dari stasiun kita langsung dibawa ke Bubur M.Toha yang jualan aneka bubur, termasuk bubur ayam ala Cirebonan. Gak ngerti juga apa bedanya sama bubur ayam dari daerah lain. Enak dan Murah sih, tapi rasanya sih modelnya sama aja kayak bubur dari daerah lain deh. Mungkin yang dimaksud Hayat "beda" adalah beda dengan bubur ayam di Jawa Tengah yang penuh dengan kuah. Kalo aku sih lebih senang yang keringan seperti Cirebon itu. Yummy...

Dari bubur M.Toha, kita ke tempat tujuan utama: Rumah Dinas si Hayat. Rumahnya guede, keren banget. Jam 10 si Hayat dan Jati (teman serumah Hayat) pergi belanja. Kita ditinggal, sambil memberi kesempatan untuk tidur siang.

Bangun tidur, mereka sudah datang, terus kita makan pakek Empal Gentong. Makanan yang cukup aneh... Kayak gule daging, tapi penuh dengan jeroan. Abis itu kita pesta es krim Vienetta, yummy…. Terus tidur-tiduran lagi. <= pemalas.

Sorenya jalan ke Seafood Mang Moel, makan udang bakar, kepiting saus tiram, dan krapu bakar. Terus ke Grage Mall. Terus pulang dan tidur.

Keesokan harinya, kita bangun kesiangan, terpaksa bangun karena disodorin tahu goreng bumbu kobe sama si Hayat. Hehehe...

Acara pertama hari Minggu adalah makan nasi Jamblang di depan kompleks Pertamina, terus pergi ke Pasar Pagi, beli ol-ol teri balado gepeng. Abis itu nganter Hayat beli gantungan korden, terus masuk resto Ampera.

Nasi Jamblang itu nasi yang dibungkus dengan daun jati. Porsinya keeeccciiilll.... banget. Lauknya seperti halnya nasi rames ajah. Kalo di Ampera aku makan pepes jamur, dan ikan mas bakar.

Dari Ampera kita pulang, niatnya mau packing, tapi terus si Jati telepon ke stasiun. Ternyata oh ternyata... hari Minggu itu, semua Cirex di-cancel kecuali yang jam 18, tapi yang jam 18 pun masih ada kemungkinan cancel. Penyebabnya adalah ada rel yang geser karena terkena banjir. WWWHHHAAAATTTT??

Gile aja bouw, aku kan ngantor hari Senin. Tapi terus teringat angelic face-nya pak bos, udah gitu kan ada Bi dan Dudut yang emang tauk jalan ceritanya. Tapi tetep aja... aku harus pulang, gak bisa stay di Cirebon terus lah yaw... mana berita di TV tentang banjir di Jakarta semakin mengkhawatirkan pula. Yang kalibata udah 2-3 meter, terus Pejaten Timur juga, bahkan ada gambarnya jembatan Condet yang legendaris itu sudah porak-poranda. Jadi sereeemmm...

Kita mesen mobil pool, abis itu pergi nukerin tiket Cirex dengan 75000 di stasiun. Abis itu karena gak ada ide lagi mau kemana, aku mengusulkan ngeliat2 batik Trusmi.Hihihi… padahal sebelum berangkat aku yang bilang gak pengen belanja. Tapi untunglah… ternyata aku belanjanya paling dikit. Pulang dari Trusmi, beli gado-gado Cirebonan yang ternyata uwenak. Abis itu aku bobok siang.

Sorenya kita delivery Pizza Hut, karena malas keluar. 4 pizza personal pan, plus chicken wings. Hehe… ngamuk apa laper tuh? Kita makan pizza sembari nonton Oprah yang topiknya tentang Obesitas dan Gaya Hidup Gak Sehat. Huhuy… jadi curiga kalo beli makanan kemasan. Abis itu ngrumpi ttg kantor sampe malem.

Malemnya… agak-agak kesulitan tidur, gara-gara siangnya dah tidur. Jam ½ 3 aku sudah bangun, mandi-mandi… terus finalisasi packing. Sebelum dijemput mobil pool jam 4, sempet terjadi kepanikan, karena dompetku tiba-tiba menghilang. Untunglah ternyata ditemukan di bagian bawah ranselku, rupanya semalam sehabis bayar pizza aku lemparkan ke dalam ransel, terus paginya tertumpuk baju-baju kotor.

Berkat tumpangan Jati, aku nyampe juga di Jakarta, setelah berjuang di tengah macetnya Jakarta yang lagi kebanjiran, akhirnya nyampe di Kwarnas jam ½ 9.

Kapan-kapan pengen maen ke Cirebon lagi ah, tapi jangan pas keretanya ngadat.

No comments: