Wednesday, April 26, 2006

Long Weekend II: Yogya

Perjalanan ke Yogya kali ini bukan untuk liburan, tapi karena banyak hal menarik, jadi aku tulis juga di sini.

First Adam Air Experience
Ini adalah pengalaman pertamaku naik Adam Air. Pertama kali dapat info dari bapak kalo sudah dapat tiket, aku diberitahu kalo flight-nya jam 12.30 hari Sabtu.
Beberapa hari kemudian, dapat info lagi kalo diundur jadi jam 17.30.

Hari Sabtu, meninggalkan rumah jam 3 lebih. Ternyata ada barang yang ketinggalan, jadi puter balik deh... ambil barang dulu, baru berangkat lagi. Karena hari libur, jalanan lumayan kosong, kecuali di jalan tol bandara. Jalan tol bandara akhir-akhir ini gak bisa bebas dari kemacetan. Kayaknya memang sudah gak mampu menampung arus kendaraan yang semakin tinggi. Antrian di setiap pintu tol itu panjangnya minimal 1 km. Memang sudah saatnya dibikin jalur kereta express ke bandara. Gak usah bagus-bagus kayak Maglev-nya Shanghai deh (huehehehe... mimpi kali yee), cukup sebagus kereta express Jakarta-Bogor. Yang penting aman, selamat, nyaman, dan cepat.

Lagi macet-macet gitu, waktu aku liat jam, sudah menunjukkan jam 17.00. Loh? Kok pada tenang-tenang aja ya? Gak ada yang panik. Setauk aku Adam Air itu menutup loket check-in-nya lebih cepat dibandingkan airline lain. Ternyata... jam 18.00 terbangnya... (ha? Mundur lagi?) Pantesan ajah yang lain santai-santai... info terakhir itu aku memang gak tauk.

Sampe di Terminal C, dikasih tauk sama petugas darat, kalo pesawatnya delay sampe jam 19.00. GUBRAK... tambah delay lagi neh... padahal di terminal C gak ada Executive Lounge gratisan seperti di terminal F. Hehehe... kalo ada kan lumayan. Terminal C ini agak dianaktirikan kayaknya. Fasilitasnya kurang lengkap, WC-nya juga hiiiyyy... berbeda dengan terminal F (yang sama-sama domestik gitu loh) yang kinclong itu.

Ruang tunggunya juga remang-remang, lampunya sangat minim. Karena delay, kita dikasih kotak makanan berisi roti coklat dan kue bolu (setidaknya rasanya sih seperti kue bolu, karena agak-agak remang-remang gitu loh...jadi kurang jelas).

Untungnya jam 7 beneran boarding. Untuk jalan menuju pesawat, jauh juga ternyata... pake acara lari-lari pula, karena kita harus cepet, supaya kebagian tempat naroh barang di atas tempat duduk. Kita dapat kursi paling belakang. Begitu masuk... jreng... jarak kakinya pendek banget, pantesan nomor kursinya bisa sampe 30. Duh, untung flightnya hanya sejam.

River Castle
Sampe di Yogya, makan malam di resto Padang dulu, terus naik taksi ke hotel River Castle. Hotel yang sangat unik... Aku pikir namanya aja yang ”castle”, ternyata emang castle beneran. Kamarnya unik, lantainya marmer semua, ruangannya gede banget, langit-langitnya tinggi, apalagi kamar mandinya. WC, Wastafel, dan Pancuran dipisahkan. Yang agak rese’: ada jendela besar di kamar mandi, menghadap ke luar gedung pula. Di sisi lain dari jendela itu adalah balkon kecil. Gak ada yang lewat di balkon itu sih, tapi tetep aja rasanya kebuka banget. Hihi... eksebisionis ya. Tapi ya sudahlah… daripada gak jadi mandi, mendingan pake prinsip gini aja: Kalo kita lagi mandi, terus tiba-tiba ada yang lewat, nah… yang malu kan yang ngeliat. Misalkan ternyata orang itu gak tauk malu… hmm… sepertinya harus bikin plan B…hihihihi… Untungnya memang balkon itu gak diperuntukkan bagi orang lewat.

Nah, untuk kamar tipe junior suite, kamar mandinya lebih gede lagi, ada bath tub-nya juga... WC-nya terletak persis di sebelah jendela, jadi sambil nongkrong di WC bisa memandang keluar jendela. Kebetulan pemandangannya adalah sungai yang terletak di sebelah hotel dan jalan raya. Terus ada juga ”lemari pakaian” yang lebih besar dari kamar mandiku di rumah.

Hampir semua ruangan di hotel itu dipasangi dengan karya-karya seni keluarga Affandi. Ada yang dijual, ada juga yang koleksi pribadi. Rupanya memang hotel itu milik keluarga Affandi.

Oya, ternyata di hotel itu ada 2 ekor anjing Dalmatian gendut-gendut. Waktu baru datang gak keliatan (karena malam), tapi waktu pagi-pagi menengok ke jendela (kita di lantai 2), di bawah ada 2 ekor anjing Dalmatian. Karena kita seneng ngeliat mereka, lama-lama mereka ge-er diliatin, jadi membalas memandang ke arah jendela kita. Hihihi... lucu... sayangnya terlalu jauh untuk difoto dan lagi gak bawa kamera gede.

Selain anjing Dalmatian, di deket kolam renang ada botanical garden gitu, hutan mini kali yaa… di situ ada sekelompok soang yang bunyinya mengiringi makan pagi yang dilakukan di pinggir kolam renang. Berisik banget…

Hari Minggu seharian dihabiskan di Bethesda, siangnya makan gudeg di Adem Ayem, habis itu ke Malioboro bertiga plus bu Nia. Karena pasar Beringharjo penuhnya bukan main (lain kali aja deh, kalo gak lagi long wiken), jadi kita ke Mirota yang terletak di seberangnya. Sama aja sih penuhnya, tapi paling enggak di Mirota ada bonus AC.

Dari Malioboro balik ke Bethesda lagi, terus makan malam di Adem Ayem lagi (ayam kremesnya lumayan enak ternyata). Terus balik ke hotel. Hari Senin ke Bethesda lagi, terus balik ke hotel ambil barang, dan langsung ke airport. Kali ini delay lagi, tapi hanya ½ jam. Kata ibu sih, kalo pesawat yang pagi kemungkinan delay lebih kecil, kalo pesawat sore seperti waktu berangkat ke Yogya, nah itu die biangnya delay.

No comments: