Wednesday, May 09, 2007

Balikpapan: 4 Mei 2007

SMS Dini Hari
Jam 2 pagi aku bangun dan merogoh HP yang kuletakkan di "selokan" antar tempat tidur. Ha? Ada SMS? Ternyata SMS dari AirAsia, memberitahukan bahwa flight-ku diundur dari jam 11.15 menjadi 13.30. Paginya ditelpon lagi, ngasih tauk hal yang sama.

Leyeh-Leyeh
Enak juga... pagi-pagi di hari biasa gak ngantor. Bisa nonton TV, main piano, sarapan dengan baik dan benar (bubur oat, abon dengan banyak bawang goreng, dan kecap, hmm... baunya lebih sedap dari bubur ayam, rasanya? silakan dinilai sendiri saja...). Gak kerasa tauk-tauk udah jam 10.30.

Proses Ke Airport - Yang Ribet
Segera siap-siap, jam 11 kurang 10 sudah siap berangkat. Bapak nyuruh berangkat jam 10.30 sebenarnya, tapi menurut aku jam 11 juga cukup, aku males kelamaan ngegaring di airport, apalagi sekarang udah gak ada fasilitas gretongan dari Citibank. Biasanya ambil jalan tengah, hehehe... 10.45. Nah itu sudah 10.50 sebenarnya, harusnya langsung berangkat. Tapi ditawari makan siang, teringat bahwa gak dapet makanan gretong, aku memutuskan untuk makan dulu, tapi hi-speed lunch kali yee... Baru ambil nasi dan mau ambil kornet, HP-ku bunyi. Dedy?

Kemudian terjadilah... kedogolan akibat kurang konsentrasi, setelan volume HP-ku yang terlalu keras, juga sinyal telkomselnya Dedy yang naik turun. Ini versi yang aku dengar sambil makan:
"Git... bu Darso mau bicara.."
[Ha? Siapa pula bu Darso ini... apa urusannya dengan aku...di Region KTI ada ya yang namanya bu Darso??].
Dan "bu Darso" pun menawari aku untuk menginap di rumahnya. Aku bingung mau jawab apa, karena aku baru kali ini dengar ada yang namanya bu Darso, dan kenapa tau-tau dia menawari diriku menginap di rumahnya. Ya aku jawab sekenanya, intinya: liat nanti deh Bu. Aku mau mengenal bu Darso lebih jauh dulu sebelum memutuskan untuk nginep di rumahnya atau di mess.

Aku menyelesaikan my hi-speed lunch kira-kira bersamaan dengan menutup telepon dari bu Darso. Terus ke toilet dulu, karena mungkin perjalanan ke airport bakal macet, dan ketika kembali ke meja makan, HP-ku bunyi lagi. Gubrak... kapan berangkatnya nih... Setelah menunda pembicaraan dengan Ivan, baru aku berangkat.

Ternyata di jalan memang lumayan macet. Setelah menyelesaikan pembicaraan dengan Ivan, aku mikir-mikir tentang kedogolan-ku tadi. Bu Darso tadi sepertinya sudah tahu aku... siapakah itu? Terus aku teringat salah satu kalimatnya Dedy sebelumnya, katanya si Sugeng dan Diani mengundang untuk dateng ke selametan. Hmm... jangan-jangan bukan Darso tadi ya? Tapi Diani kali ya? Wuuuaaa... huhuhu... aku jadi gak enak... abis tadi aku bersikap gak kenal gitu.

Setelah melewati perjalanan yang rese' (di terusan mampang itu, berapa kali dibikin kriting sama sepeda motor), sampailah aku di terminal 1A. Setelah lapor diri, aku keluar lagi, maksudnya mau ambil uang di ATM Mandiri. Dompet mulai tiris. Kalo nanti gak ada yang jemput dan gak ada ATM di Sepinggan, aku gak punya uang untuk naik taksi. Namun... rupanya ATM-nya lagi kosong. Arrrgghhh... capek deh....

Ya wis, pasrah wae lah... semoga di Sepinggan ada ATM. Kemudian masuk ke ruang tunggu. Saatnya nelpon Dedy lagi... confirm tentang bu Darso tadi, karena mode-nya udah mode nunggu, bukan mode on-the-move lagi, setidaknya aku bisa lebih konsentrasi. Tapi alamaaakkk... si telkomsel Dedy gak bisa ditelpon lagi. Walah... piye iki... Jadi sempet nelpon Ivan dulu, minta tolong nyari Dedy, trus ngomongin soal 310 impiannya itu sebentar. Baru gak lama kemudian, si Dedy telepon balik.

Ternyata... emang betul, tadi itu Diani... aku langsung memohon-mohon maap gitu... sudah menyangkanya sebagai bu Darso. Hahaha... dan aku pun menerima tawaran untuk menginap di rumah Sugeng dan Diani.

My First AirAsia Experience
Jam 13.30 aku boarding, lumayan tepat waktu deh. Sedikit cemas, karena kursinya kan rebutan, gak pake nomor tempat duduk. Tapi untung deh, kalo orang lain kepengen duduk di deket jendela, aku lebih milih duduk di dekat gank. Karena penerbangannya lebih dari 1 jam, biasanya aku suka pengen ke toilet, untuk itu duduk di dekat gank lebih strategis.

Jarak antar seat cukup nyaman, gak kayak waktu naik Merpati atau Adam Air, yang mana kakiku aja gak bisa bergerak, apalagi orang-orang yang lebih tinggi dari aku. Trus AC-nya juga dingin. Meskipun tempat duduk tanpa nomor, ternyata loading penumpangnya gak lama, begitu penumpang dah komplit, langsung tutup pintu. Pesawatnya langsung mundur. Wuuaaa... berangkat deh aku...

Penerbangan hari itu lumayan kosong, aku aja dapat 3 seat untuk sendiri. Jadi bisa pindah-pindah, semula aku duduk di dekat gank, maunya sih tidur, tapi gak bisa tidur karena kedinginan, akhirnya aku pindah ke dekat jendela, biar kena matahari. Sepanjang jalan, aku baca novelisasi D'Bijis. Haha... ancur banget ternyata... agak-agak jijay bajay... Udah deket Balikpapan, melewati sekumpulan awan hujan yang tebel banget, agak tergojlak-gojlak heboh. Waduh... jangan-jangan di Balikpapan hujan nih. Hmm... mayan juga, misalkan gak dijemput, ATM-nya gak berfungsi, gak cukup uang buat naik taksi, HP-nya Dedy gak bisa di-call... ditambah hujan, aku harus gimana ya?

Jam 5 kurang 15 pesawat mendarat. Ternyata... di Sepinggan matahari bersinar cerah. Sampai-sampai aku harus melindungi mukaku dengan buku D'Bijis karena silaunya. Dalam waktu relatif singkat, koper-koper sudah tersedia di conveyor. Dan aku pun keluar, mulai celingak-celinguk kebingungan. Hehe... boong ding, gak ada acara kebingungan kok, begitu keluar dari hall kedatangan, langsung ada yang cengar-cengir di deket pagar pembatas.

Aku langsung dibawa ke rumah Sugeng, yang tetanggaan sama Ivan. Setelah berhaha-hehe, Dedy pulang. Terus aku bantu Diani dan Sugeng ngelap-ngelap perangkat makan sebentar, abis itu mandi. Sore itu acaranya selametan keluarga Sugeng. Untung saja aku pas bawa baju yang cukup appropriate untuk acara semacam itu (ini kan ceritanya liburan, biasanya aku hanya bawa t-shirt, t-shirt, dan t-shirt saja, paling resmi ya kaos polo).

Waktu orang-orang ngeliat ke piringku, mereka mengira aku malu-malu, makannya dikit. Hihi... padahal...sebenernya gak malu, dan makanannya pun yummy, aku juga gak lagi diet, tapi: "Aku nyisain tempat buat kepiting Kenari...hehehehe....". Ya, ini adalah kunjungan keduaku ke Balikpapan, di kunjungan pertama aku banyak menghabiskan waktu keluar masuk RSPB, karena gusiku bengkak, dan akupun gak makan kepiting. Terus terang saja... selama ini aku kurang lihai makan kepiting, mungkin karena kurang pengalaman. Aku sering kagum ngeliat Bi makan kepiting, keliatannya expert banget, dengan menggunakan tang segala. Sedangkan aku amatiran banget, gak pernah bisa mengambil banyak dagingnya. Makanya pengen latihan di kepiting Kenari, katanya kepitingnya gede-gede.

Anak Asuhku
Sebelum acara selesai, aku, Ivan, dan Dedy pamitan ke rumah Dedy. Nah ini diiaaaa.... yang kutunggu-tunggu: ketemu dengan anak asuhku. Hi my dear, how are you? Are you having a good time here? Miss you, miss our late night piano playings. Tapi ngomong-ngomong, yang duduk di depanmu ini... gak terus masuk angin ya? Bok, si Privia diletakkan tepat di bawah AC... kasian yang main dunk. Aku gak begitu peduli tadinya (maklum deh, dah biasa maen di tempat yang dingin, sumuk, berangin, bekas banjir, atau bahkan bau sekalipun), tapi terus si Dedy bilang: Kalo kedinginan matiin aja. Ha? Apanya yang dimatiin... tuing... aku melirik ke atas, doeng... oo... iya ya... tepat di bawah AC... :-P Kalo gini sih kemungkinan cedera akibat maen piano-nya bukan Carpal Tunnel Syndrome, melainkan Enter Wind...

Jam 10 aku dan Ivan pulang. Besok kan harus pagi-pagi. Waktu nyampe di rumah Sugeng, Diani udah setengah tidur. Tapi masih sempet ngobrol sebentar, gak lama Diani sudah pindah alam. Aku? Menurut teori seharusnya aku sudah ngantuk sekarang... tadi kan habis melakukan perjalanan dari Jakarta. Tapi aku malah nonton sinetron Wulan. Haha... padahal di Jakarta gak pernah blas nonton sinetron. Baru jam 1-an aku akhirnya pindah alam...

No comments: