Wednesday, August 09, 2006

World Class - Maunya Apa Seeh?

Pilih yang mana?

Berkantor di gedung yang terletak di pusat kota, di antara kantor-kantor Pemerintah, tapi liftnya menyeramkan kriek-kriek, AC-nya gak dingin, tempat parkir susah, dan jauh ke tempat gaul?

Atau di gedung yang terletak di daerah perkantoran elite-nya Jakarta, gedungnya baru, AC dingin, lift insya allah gak menyeramkan, tempat parkir banyak, dan dekat ke mall, tapiii... berada di atas gedung parkir?

Nah... yang pertama adalah kantorku sekarang, yang kedua adalah kantorku beberapa bulan lagi.

Tapi aku heran sama orang-orang di kantor, entahlah siapa yang mulai menyebarkan isu, yang jelas... sekarang ini beredar isu bahwa "gak pantas sebuah perusahaan yang pengen jadi World Class Company berkantor di gedung parkir".

Hmm... does it matter? Gedung parkir? Apakah kalo kantor kita berada satu gedung dengan gedung parkir... lantas jadi jelek? Jadi gak enak? Jadi... hina? Yang lebih penting lagi, apakah dengan berkantor di atas gedung parkir, lantas kita gak pantas disebut World Class Company?

Sekarang, tergantung definisi "World Class" itu sendiri. Apakah World Class artinya kantor lux, di lokasi yang paling ideal sedunia...? Itu mah urusannya bukan World Class, tapi "gengsi"...

Kalo menurut bayanganku... World Class itu.. artinya orang-orangnya berkualitas World Class... seperti SDM-SDM dari perusahaan yang sudah mendunia... trus... perusahaan World Class juga melayani client-nya secara World Class... Kalo soal kantor, gak mesti di tempat bergengsi, yang penting... kantor itu bisa membuat karyawan betah, nyaman, dan produktif dalam bekerja, juga nyaman buat para tamu/client.

Lihatlah BP...meskipun terletak di pinggir kota (TB Simatupang), tapi mereka tetep World Class kan? Mereka gak jadi perusahaan kacangan kan?

Jadi... siapapun yang menyebarkan isu "pantas/gak pantas gedung parkir" itu... mungkin bapak atau ibu harus mengingat mall-mall... let's say... Plaza Senayan... jadi satu sama gedung parkir juga kan? Meskipun begitu... Plaza Senayan tetep aja nyaman, dan jadi salah satu mall paling bergengsi di Jakarta. Terus.. buat direksi yang sudah berniat dan menyetujui kepindahan ke tempat yang lebih beradab: jangan khawatir bapak-bapak!! saya mendukung bapak-bapak sekalian!! YEAAAAHHH.... :-D